Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

6 Pengaruh Kecepatan Website Terhadap SEO

3 min read

6 Pengaruh Kecepatan Website Terhadap SEO

Di kalangan para praktisi SEO, bukan rahasia lagi bahwa optimasi kecepatan muat halaman website adalah salah satu checklist wajib dalam proses optimalisasi. Pasalnya, kecepatan website ini memang memberikan dampak terhadap kualitas SEO sebuah website. Pertanyaannya, apa pengaruh kecepatan website terhadap SEO ini?

Pada ulasan kali ini, kami akan mengupas tuntas perihal pengaruh kecepatan situs web terhadap SEO ini. Langsung saja, simak pembahasan selengkapnya yang telah tersaji di bawah ini!

Apa Pengaruh Kecepatan Website terhadap SEO?

Kecepatan website dan SEO dapat dikatakan sebagai dua sisi yang tidak dapat terpisahkan. Pasalnya, Google sendiri menjadikan kecepatan website (page loading) sebagai salah satu faktor peringkatnya. Selain itu, terdapat 5 alasan lain yang membuat kecepatan website ini menjadi isu penting dalam SEO. Di bawah ini penjelasannya!

1. Peringkat di SERP Google

Seperti yang kami jelaskan di awal, pengaruh kecepatan website terhadap peringkat di mesin pencari sangatlah besar. Bahkan, Google menyebutkan bahwa halaman website ideal adalah yang memiliki page loading kurang dari 3 detik, saat diakses melalui perangkat mobile maupun desktop.

Google sendiri menjadikan kecepatan website sebagai salah satu faktor ranking dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang optimal kepada para penggunanya.

2. Mengurangi Bounce Rate

Pengaruh kecepatan website terhadap SEO lainnya dapat Anda lihat dari sisi bounce rate. Sebagian besar perilaku pengguna internet saat ini adalah mereka tidak akan betah berlama-lama berada di website yang page loading yang lambat.

Hal inilah yang membuat website dengan masalah kecepatan loading biasanya juga memiliki nilai bounce rate yang tinggi. Jadi, dengan kata lain, salah satu cara mengurangi nilai bounce rate ini adalah dengan mengoptimalkan kecepatan page loading website Anda.

Baca Juga: Apa Itu Bounce Rate? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Menurunkannya

3. Impression atau Kesan yang Baik

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar digital marketer meyakini bahwa first impression adalah hal yang amat penting bagi sebuah brand dan website. Inilah yang membuat kecepatan website dan SEO menjadi hal yang sangat critical. 

Pasalnya, website dengan kecepatan page loading yang baik akan cenderung memberikan kesan yang lebih profesional, ketimbang website yang lemot. 

Bahkan, salah satu SEO Specialist, Neil Patel, mengungkap bahwa 79% pengguna online shop menyatakan bahwa mereka tidak akan kembali ke website online shop dengan kecepatan loading yang buruk.

4. Meningkatkan Conversion Rate

Pengaruh kecepatan website terhadap SEO lainnya juga terkait dengan masalah conversion rate. Sebuah fakta menarik, bahwa penurunan kecepatan website sebesar 1 detik saja dapat menyebabkan penurunan conversion rate hingga 7%.  

Bayangkan, jika pengunjung website Anda harus menunggu 3 detik lebih lama dari waktu loading ideal, yaitu 2%. Tentunya, dapat dipastikan conversion rate halaman website Anda akan sangat rendah. Fakta tersebutlah yang menjadikan isu kecepatan website ini termasuk adalah isu yang penanganannya bersifat urgent. 

5. Kemudahan Akses untuk Pengguna

Masih membahas mengenai keterkaitan SEO dan kecepatan website. Dengan memiliki website berkecepatan page loading optimal, maka Anda akan dapat memberikan kemudahan akses bagi para pengguna website Anda. 

Dalam hal ini, pengguna akan dapat mengunjungi website Anda dengan cepat melalui smartphone maupun perangkat desktop nya. Hal ini juga akan meningkatkan user experience pengguna, khususnya pengguna atau pengunjung baru.

6. Menghindari Dampak Jangka Panjang

Jika suatu website memiliki masalah SEO dan kecepatan website dalam jangka waktu lama, tanpa upaya perbaikan, maka hal tersebut akan memberikan dampak pada brand Anda.

Selain menyebabkan bounce rate tinggi dan konversi rate rendah, masalah ini juga akan membuat para pengguna (pelanggan) Anda akan berhenti menyukai brand Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena user experience yang buruk, akibat page loading time yang lama.

Cara Memeriksa Kecepatan Website

Setelah membahas mengenai pengaruh kecepatan website terhadap SEO, kami juga akan membahas mengenai cara untuk mengecek kecepatan website dengan mudah. Pasalnya, seiring dengan berkembangnya dunia blogging, saat ini terdapat banyak cara yang dapat Anda coba. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan PageSpeed Insight

Pagespeed Insight adalah salah satu tool cek kecepatan website gratis besutan Google. Tool ini memungkinkan Anda untuk mengetahui performa kecepatan website terhadap SEO, yang bisa Anda akses melalui desktop ataupun mobile.

Penilaian performa kecepatan websitenya sendiri akan tampil dalam bentuk skor. Dari skor ini, Anda akan dapat menilai apakah website Anda telah termasuk cepat atau lemot.

2. Menggunakan GT Metrix

Cara memeriksa kecepatan website lainnya adalah dengan menggunakan GT Metrix. Sama dengan PageSpeed Insight sebelumnya, tool ini juga menawarkan penggunaan yang mudah dan juga gratis.

Jika ingin menggunakan tool ini, Anda hanya perlu memasukkan tautan website Anda ke kolom analisis yang tersedia dan mengklik tombol Test your site. Selanjutnya, tool ini akan langsung menganalisa kecepatan website Anda dan menampilkan hasil penilaian dalam bentuk persentase dan juga grade.

Tips Mempercepat Loading Website

Jika Anda ingin kecepatan website terhadap peringkat di mesin pencari meningkat, terdapat beberapa langkah optimasi yang dapat Anda lakukan. Adapun beberapa langkah optimasi tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Mempercepat Loading Web dengan Mudah yang Perlu Anda Tahu

1. Menggunakan Hosting Berkualitas

Menggunakan hosting berkualitas adalah salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website. Dalam hal ini, kami menyarankan agar Anda memilih layanan hosting terpercaya yang telah memiliki nama besar. Selain itu, pilihlah server yang lokasinya paling dekat. 

2. Mengoptimalkan Ukuran Gambar

Ukuran gambar adalah salah satu beban utama dalam proses muat halaman website. Maka dari itu, sebaiknya Anda memperkecil ukuran gambar yang Anda gunakan di website Anda, untuk membuat beban loading menjadi lebih ringan.

Khusus bagian ini, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan sejumlah tool online seperti Ezgif untuk memperkecil ukuran file gambar Anda. Meskipun, kualitas gambarnya nanti akan sedikit berkurang.

Selain melakukan kompres ukuran file gambar, Anda juga dapat meminimalkan ukuran file gambar di website Anda dengan mengkonversinya ke format webp. Salah satunya melalui situs Convertio.

3. Menerapkan Clean Code

Selain ukuran file gambar yang besar, penggunaan kode yang penuh dengan bloatware juga dapat menjadi penyebab lambatnya page loading. Maka dari itu, Anda harus mencoba menerapkan clean code dalam pembangunan halaman website Anda.

4. Menggunakan Plugin Cache

Tips mengoptimalkan kecepatan website yang terakhir adalah dengan menggunakan plugin cache. Jika Anda menggunakan WordPress, pertimbangkan untuk menggunakan plugin cache di website Anda. Plugin ini akan dapat mengatur urutan file yang dapat dimuat oleh pengguna. 

Sekarang ini, terdapat banyak pilihan plugin cache yang dapat Anda pilih. Beberapa yang paling populer adalah Autoptimize, W3 Total Cache, dan juga WP Rocket.

Telah Paham tentang Pengaruh Kecepatan Website terhadap SEO?

Jadi, pengaruh kecepatan website terhadap SEO terbilang sangat significant. Pasalnya, website dengan page loading time yang baik, akan dapat berpotensi mendapatkan peringkat tinggi di SERP dan juga memiliki bounce rate yang rendah. Selain itu, website dengan kecepatan baik akan dapat meningkatkan conversion rate nya.

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan website Anda, sejumlah cara yang kami jelaskan di atas, seperti menggunakan hosting berkualitas, mengoptimalkan gambar, hingga penggunaan plugin cache dapat menjadi solusi optimasi Anda. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development