Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Perbedaan Logo dan Brand Produk yang Harus Anda Ketahui

2 min read

Perbedaan Logo dan Brand Produk yang Harus Anda Ketahui

Dalam urusan promosi usaha, brand dan logo merupakan hal yang tak boleh Anda lupakan. Masalahnya adalah orang-orang banyak yang belum mengetahui perbedaan logo dan brand produk. Untuk memahami definisi kedua istilah tersebut dan hal-hal yang membedakan mereka, bacalah artikel ini hingga tuntas.

Pengertian Brand dan Logo Produk

Sebelum Anda membaca tentang apa perbedaan logo dan brand, pertama Anda harus tahu dulu apa itu logo serta apa itu brand. Berikut ini ialah sedikit penjelasan mengenai kedua istilah pemasaran tersebut.

Brand ialah suatu identitas barang, jasa, atau perusahaan yang dipengaruhi oleh pengalaman konsumen yang menggunakannya. Pelayanan, ketepatan waktu, kualitas produk, dan kepuasan konsumen sangat penting untuk brand. Oleh sebab itu, brand berfungsi sebagai reputasi atau citra perusahaan di mata konsumen.

Sementara itu, logo ialah gambar, tulisan, atau sketsa yang berfungsi mewakili sebuah lembaga, perusahaan, atau produk. Ada jutaan jenis-jenis logo di seluruh dunia dalam segala macam ukuran, warna, dan huruf. 

Logo sendiri memiliki tujuan sebagai bentuk promosi yang membangkitkan rasa penasaran dan emosi di mata konsumen.

Apakah ini artinya kedua istilah itu sebetulnya sama saja? Belum tentu, sebab ada beberapa aspek yang membedakan keduanya. Artikel ini akan membahas sedikitnya lima perbedaan logo dan brand yang terbilang paling mencolok.

Macam-Macam Perbedaan Logo dan Brand

Anda telah membaca tentang pengertian dua istilah pemasaran tersebut di bagian sebelumnya. Sekarang waktunya Anda memahami macam-macam perbedaan antara logo dan brand sebagaimana tertera di bawah ini:

1. Wujud

Perbedaan logo dan brand yang pertama adalah bentuk yang mereka miliki. Logo pada dasarnya hanyalah lambang atau model yang mewakili produk atau perusahaan pembuatnya. 

Dalam membuat logo, ada beberapa filosofi logo yang patut diperhatikan, misalnya tujuan utama berdirinya perusahaan atau suatu bentuk motivasi untuk konsumen.

Di lain pihak, brand merupakan wujud keseluruhan dari logo yang perusahaan miliki. Selain lambang logo, brand juga mencakup nama, kualitas, dan citra dari sebuah produk barang maupun jasa. Misalnya, apabila Anda menyebutkan kata “Converse”, maka orang-orang akan langsung mengenalinya sebagai suatu merek busana.

2. Dasar Pembuatan

Perbedaan antara logo dan brand selanjutnya adalah hal-hal yang mendasari pembuatan keduanya. 

Dalam membuat logo, aspek utama yang wajib Anda perhatikan antara lain bentuk, warna, orientasi, serta penulisan atau tipografi. Aspek-aspek tersebut penting sebab mereka harus bisa mempromosikan usaha dengan efektif.

Sementara itu, pembuatan brand melibatkan hal-hal seperti kemasan produk, slogan, presentasi, pencahayaan, dan nada yang bisa menarik perhatian konsumen. Ingat, brand ialah citra dan reputasi yang perusahaan tampilkan kepada konsumen mereka, sehingga desainnya tidak boleh dibuat dengan sembarangan.

3. Fungsi dan Tujuan

Adapun perbedaan logo dan brand yang ketiga yaitu fungsi dan tujuan dari alat promosi tersebut. Untuk logo, dia mempunyai fungsi untuk mengenalkan sebuah produk atau kumpulan produk yang bisnis Anda hasilkan. Tujuan utamanya ialah untuk membuat konsumen sadar dan penasaran akan keberadaan produk tersebut.

Brand mempunyai fungsi membedakan identitas suatu badan usaha dengan badan usaha lainnya. Dari identitas yang unik dan berbeda itu, perusahaan akan mampu menumbuhkan keyakinan kepada konsumen. Caranya ialah memberikan pelayanan, jaminan kualitas, dan etos kerja yang tinggi dan terbaik pada setiap kesempatan.

4. Manfaat Penggunaannya

Logo merupakan identitas sebuah produk atau kumpulan produk yang bisnis Anda kenalkan kepada konsumen. Oleh sebab itu, konsumen akan mudah mengingat suatu produk yang memiliki lambang tertentu. 

Hanya saja, logo tidak lebih daripada identitas barang atau jasa yang perusahaan hasilkan, dan bukan identitas perusahaan itu sendiri.

Sedangkan, manfaat paling penting dari adanya brand adalah dia mampu menyebarkan promosi tentang perusahaan dan produk yang Anda jajakan kepada konsumen. 

Inilah konsep yang masyarakat kenali sebagai “Brand Awareness”, yaitu suatu keadaan dimana masyarakat menjadi sadar akan keberadaan suatu badan usaha dan reputasinya.

5. Hak Cipta

Di nomor lima, perbedaan logo dan brand yang selanjutnya ialah hak cipta dalam pembuatan dan presentasinya. Logo hanya bisa Anda ciptakan apabila produk hasil bisnis Anda sudah siap untuk dipasarkan. Idenya adalah logo lebih baik Anda desain sebelum melakukan pemasaran produk demi mencegah aksi plagiarisme.

Brand tidak mungkin Anda buat sendiri, sebab prosesnya memakan waktu yang lama karena dia membutuhkan keyakinan dari konsumen. Bisnis Anda harus sudah menumbuhkan reputasi yang bagus di hadapan konsumen, baru brand dapat Anda bentuk sebagai identitas perusahaan yang unik.

Sudahkan Anda Paham Perbedaan Logo dan Brand?

Dan itulah penjelasan singkat mengenai definisi kedua istilah tersebut beserta contoh-contoh perbedaannya. 

Apakah Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan desain logo untuk bisnis Anda? Silakan berkunjung ke situs Makinrajin.com, dimana Anda bisa membeli jasa pembuatan logo yang harganya pasti terjangkau!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development