Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Perbedaan Logo dan Lambang? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

2 min read

Apa Perbedaan Logo dan Lambang? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Kamu pasti tidak asing dengan logo dan lambang. Ternyata, logo dan lambang memiliki perbedaan cukup signifikan. Meskipun memang keduanya memiliki definisi yang sama, namun untuk fungsi, bentuk, dan ciri-cirinya berbeda. 

Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaannya, silahkan Anda simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

4 Perbedaan Logo, Simbol, dan Lambang

Menurut KBBI, kata logo memiliki tiga pengertian dasar. Nah, dari pengertian ini, Anda bisa mendapatkan beda dari logo dan lambang. Berikut ini adalah beberapa perbedaan simbol, lambang, dan logo yang perlu Anda ketahui: 

1. Pengertian

Perbedaan logo dan lambang yang pertama adalah dari pengertiannya. Simbol atau lambang merupakan sebuah gambar yang disederhanakan serta mengandung asosiasi terhadap suatu objek yang tidak harus saling berhubungan secara langsung. 

Menurut KBBI, lambang juga memiliki tiga pengertian dasar. Namun, yang mendekati adalah sesuatu yang tampak seperti tanda, baik berupa lukisan, lencana yang menunjukkan sesuatu atau memiliki maksud tertentu. 

Logo merupakan kependekan dari logotype. Kata ini diadaptasi dari bahasa Yunani, logos yang artinya adalah kata dan typos artinya kesan. 

Selain itu, logo juga merupakan huruf atau lambang yang memiliki arti. Logo terdiri dari satu kata atau bahkan lebih yang melambangkan suatu instansi, brand, event, maupun perusahaan. 

Jadi, filosofi logo yang utama adalah sebagai pengertian dasar, sementara lambang secara sederhana bisa Anda sebut juga dengan simbol. 

Selain itu, bisa juga Anda menyimpulkan bahwa logo masuk ke dalam bagian dari sebuah lambang. 

2. Fungsi

Perbedaan logo dan lambang selanjutnya adalah fungsinya. Perlu Anda ketahui, bahwa simbol bersifat operator dan memiliki nilai fungsional. Kata-kata pun sering digunakan sebagai simbol. Sehingga, jika Anda melihat simbol, akan dengan mudah memahami konteksnya. 

Bahkan, Anda bisa memahami suatu konsep, tanpa perlu melihat secara langsung dan mengalaminya. Jadi, lambang atau simbol ini pada umumnya mewakili suatu gagasan atau maksud tertentu. 

Kemudian, lambang atau simbol juga memiliki fungsi yang lebih menekankan dan memperjelas arti atau maksud dari istilah yang termasuk bagian dari lambang itu sendiri. 

Sementara untuk fungsi dari logo sendiri adalah untuk menimbulkan kesan, mengenalkan merek atau brand

Logo lebih menunjukkan identitas dari sebuah instansi atau perusahaan dengan tujuan untuk membedakannya dari instansi lain. Hal ini yang sering disebut bagian dari personal branding. Logo sudah ada ribuan tahun dan digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno. 

Penggunaan logo sebagai nama atau kata penanda bertujuan agar mudah dikenali. Bahkan, hal ini terus berkembang hingga menyentuh aspek bisnis dan politik untuk kepentingan lokal maupun internasional. Logo sendiri berkesan mewakili suatu badan, industri maupun perusahaan. 

3. Bentuk

Perbedaan logo dan simbol selanjutnya bisa Anda lihat dari bentuknya. Menurut bentuknya, logo terbagi menjadi 3 macam bentuk, yakni bentuk tulisan atau teks, bentuk gambar, dan gabungan antara tulisan maupun gambar. 

Sementara lambang memiliki bentuk yang lebih universal, karena kesatuan dari beberapa istilah tanda yang ada. 

Jadi, baik perbedaan logo dan lambang ini sendiri berfungsi sebagai tanda dari sebuah produk, perusahaan, maupun merek dengan fokus tujuan yang berbeda-beda. 

Dalam dunia desain grafis khususnya, Anda akan sering menemui istilah-istilah tersebut. Jadi, agar Anda bisa membuat atau menciptakan logo dan lambang, maka Anda harus paham apa yang menjadi perbedaan dari keduanya, baik dari tujuannya, cirinya, maupun fungsinya. 

4. Ciri

Beda antara logo dan lambang yang terakhir bisa Anda lihat dari ciri ciri logo. Perlu Anda ketahui, bahwa pengertian dari simbol atau lambang ini adalah sesuatu yang sama. Keduanya merupakan tanda antara sesuatu yang menandai dan sesuatu yang ditandai tidak memiliki kaitan. 

Namun, karena telah ada kesepakatan yang menyatakan bahwa tanda mewakili suatu objek, maka keduanya bisa saling berkaitan. Misalnya adalah lambang Burung Garuda yang mewakili Negara Indonesia. 

Sebenarnya, Burung Garuda tidak memiliki hubungan dengan Negara Indonesia. Namun, karena para pendahulu sudah sepakat bahwa Burung Garuda ini mewakili Negara Indonesia, maka sekarang Anda bisa memahami bahwa Burung Garuda menandai Negara Indonesia. 

Nah, ciri dari simbol sendiri adalah adanya kesepakatan sebelumnya, sehingga simbol tidak bisa langsung dipahami oleh pikiran. Kecuali orang tersebut sudah mengetahui kesepakatan sebelumnya. 

Jadi, orang yang tidak mengetahui kesepakatan tersebut, tidak akan memahami makna dari simbol tersebut. 

Sudah Paham Perbedaan Logo dan Lambang?

Inilah 4 perbedaan logo dan lambang yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya, maka Anda pun tidak akan bingung lagi ketika akan menggunakannya. 

Semoga dengan penjelasan ini bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi, apakah tanda sekedar simbol atau lambang saja? Atau justru tanda ini merupakan sebuah perwakilan dari produk, merek atau perusahaan. Makinrajin menyediakan jasa desain logo dengan kualitas terbaik dan dapat menyesuaikan dengan brand Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development