Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang Orang Banyak Tidak Tahu

4 min read

perbedaan tiktok dan tiktok lite

Sebagai salah satu aplikasi media sosial yang banyak sekali orang gunakan, TikTok tidak hanya tersedia dalam versi aplikasi biasa melainkan juga versi Lite. Sebagai pengguna Anda mungkin bingung apa perbedaan TikTok dan TikTok Lite dan jenis aplikasi mana yang terbaik untuk Anda. Baca artikel ini agar paham lebih lanjut!

Sekilas Mengenai TikTok

Tentu semua orang sudah tidak asing lagi dengan TikTok, bahkan jika Anda tidak tahu perbedaan Tiktok Lite dan Tiktok biasa sekalipun. TikTok sendiri adalah sebuah aplikasi kepemilikan Bytedance di mana Anda bisa menyebarkan video dengan durasi beragam.

Jika dulu Anda hanya bisa mengunggah video dengan durasi hingga 15 detik, sekarang Anda bisa mengunggah video yang memiliki durasi sampai 3 menit sekalipun. Bahkan, TikTok sekarang juga menerima fitur unggah foto yang akan membuat kontennya semakin menarik.

8 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Ternyata, TikTok juga memiliki versi aplikasi lain yang mereka namakan “Tiktok Lite”. Apa saja yang menjadi perbedaan di antara kedua aplikasi? Beberapa penjabaran berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk memutuskan versi mana yang lebih cocok untuk Anda:

1. Ukuran File

Jika Anda gemar menggeluti dunia media sosial atau setidaknya gemar bermain ponsel, tentu Anda tahu akan adanya beberapa aplikasi lain yang mengusung konsep Lite. Semua aplikasi tersebut memang sengaja memiliki ukuran file yang lebih kecil dari versi biasa. Tidak terkecuali pada aplikasi TikTok.

Alasan utama Bytedance membuat TikTok versi Lite adalah agar ponsel dengan penyimpanan terbatas tetap dapat menikmati pengalaman menggunakan aplikasi yang maksimal. Meski dengan ukuran file yang kecil, Anda tidak usah takut untuk kehilangan fitur-fitur esensial yang TikTok selalu berikan untuk penggunanya.

Lalu, untuk perbandingan, ukuran file TikTok di Playstore adalah sekitar 86 MB. Sedangkan TikTok Lite hanya sekitar 8 MB. Ketika terpasang di perangkat, TikTok memiliki ukuran sekitar 300 MB sedangkan Tiktok Lite hanya 64 MB. Jadi, jelas perbedaan TikTok dan TikTok Lite tidak bisa terelakkan lagi dari segi ukuran aplikasi.

2. Penggunaan Data

Salah satu hal yang sering para pengguna TikTok keluhkan adalah penggunaan data yang sangat besar, bahkan hingga memakan banyak penyimpanan data. Nampaknya Bytedance mendengar keluhan ini dan menjawabnya dengan kehadiran TikTok Lite.

Penggunaan data pada TikTok Lite memiliki tingkatan yang lebih rendah, terutama dari segi memuat video dan penyimpanan cache. Perbedaan yang satu ini bisa Anda gunakan lewat fitur Data Saver yang ada di TikTok Lite.

Ketika menyalakan fitur Data Saver, Anda digadang bisa menghemat hingga 50% data dengan kualitas video yang sedikit lebih rendah. Agar dapat mengaktifkan fitur ini di TikTok biasa, tahan layar ketika halaman awal muncul dan akan ada opsi Data Saver untuk Anda pilih.

3. Spesifikasi Ponsel

Tidak hanya penyimpanan data, Tiktok Lite juga memiliki kelebihan dari segi penggunaan memori. Banyak orang mengeluhkan kalau ponsel mereka mengalami lagging ketika menggunakan TikTok biasa. Nah, saat menggunakan versi ringannya, Anda dapat merasakan perbedaan TikTok dan TikTok Lite dari segi performa.

Ketika TikTok lebih demanding karena membutuhkan ponsel dengan kapasitas RAM besar, yakni sekitar 3 GB ke atas. Maka, TikTok Lite tetap bisa jalan dengan lancar meski dengan ponsel RAM 2 GB. Melalui TikTok Lite, Anda yang memiliki ponsel “spek kentang” pun tetap bisa mengikuti tren lewat aplikasi populer ini.

4. Interface Halaman Awal

Hal yang bisa Anda perhatikan antara Tiktok dan Tiktok Lite selanjutnya terletak pada antarmuka (interface) halaman awal.

Sekilas, jika Anda membuka halaman “For You” tidak ada yang jauh berbeda. Anda tetap akan melihat video-video yang sedang trending pada saat Anda membuka aplikasi. Namun, ada sedikit perbedaan dari segi layout ikon search.

Jika pada TikTok Lite Anda akan menemukan ikon pencarian di bagian bawah layar, maka TikTok biasa justru berada di kanan atas. Tepatnya di sebelah tulisan “For You” dan “Following” jika Anda sedang login.

Sebagai pengganti perbedaan ini, di TikTok biasa Anda akan melihat ikon Shopping tepat di sebelah Home. Tidak hanya itu, di TikTok biasa juga ada bagian Live yang kadang muncul jika akun yang Anda follow sedang mengadakan live streaming.

5. Fitur Shopping

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite selanjutnya terdapat pada fitur-fitur tambahannya. Seperti yang sudah Anda baca di sub bab sebelumnya, Tiktok biasa memiliki fitur seperti Shopping. Lantas, apa sebenarnya fitur ini dan fungsinya?

Shopping adalah fitur yang memperbolehkan Anda berbelanja di Tiktok. Ekspansi Bytedance ke ranah e-commerce memang bukan sesuatu yang baru. Maka dari itu, fitur ini sangat berguna untuk mendorong percepatan hal itu.

Sama seperti e-commerce lainnya, Anda dapat mencari barang yang Anda inginkan di Tiktok Shopping. Namun, yang lebih spesialnya adalah Anda juga bisa membeli barang yang sedang ada di live stream.

Sayangnya, di TikTok Lite belum ada fitur yang mendukung bisnis ini. Jadi, berjualan di TikTok Shop bukanlah cara mendapatkan uang dari Tiktok Lite. Jika masih ingin berjualan, Anda hanya bisa melakukannya dengan cara promosi lewat video biasa saja.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa maksimal durasi video di TikTok Lite adalah 15 detik. Sedangkan untuk TikTok biasa bisa mencapai 180 detik. Ini menjadi salah satu kekurangan yang harus Anda pertimbangkan juga.

6. Fitur TikTok Photo Mode

Salah satu perbedaan dua aplikasi TikTok yang baru-baru ini bisa Anda perhatikan hadir dari sebuah fitur baru.

TikTok Photo merupakan sebuah tambahan baru dari banyaknya fitur TikTok. Ketika Instagram mengadaptasi fitur video layaknya TikTok dengan reels, TikTok justru melakukan yang sebaliknya. Sekarang ini, di aplikasi Tiktok biasa, Anda bisa mengunggah foto saja dengan kuantitas maksimal 35 buah.

Sampai saat artikel ini tertulis, TikTok Lite belum mendukung adanya Photo Mode. Sehingga, mau tidak mau Anda harus mengunduh TikTok biasa demi bisa melihat jajaran foto dari content creator favorit Anda.

7. Pengaturan yang Terbatas

TikTok Lite tidak lepas dari beberapa pengurangan yang harus pengembang aplikasi lakukan demi performa yang lebih optimal. Selain dari segi fitur-fitur tambahan yang mungkin kurang esensial, perbedaan TikTok dan TikTok Lite kali ini justru cukup mendasar, yakni dari segi pengaturan.

Pada bagian Privacy & Safety (Privasi & Keamanan), baik TikTok biasa dan TikTok Lite akan menampilkan opsi untuk mengunci akun dari publik atau yang biasa memiliki sebutan private account. Namun, kesamaan mereka hanya sampai sebatas itu.

TikTok Lite tidak akan menampilkan opsi yang lebih detail seperti siapa saja yang bisa memberi react pada video Anda, membalas komentar Anda, dan siapa yang bisa melakukan duet dengan Anda. Tidak hanya itu, TikTok Lite juga kehilangan fitur untuk membolehkan pengunduhan video Tiktok atau tidak.

Perbedaan ini mungkin tidak begitu berpengaruh bagi Anda, namun ada beberapa orang yang membutuhkan opsi yang sayangnya tidak ada di TikTok Lite ini. Meski begitu, cara daftar TikTok Lite tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang biasa.

8. Fitur Share

Salah satu daya tarik dari Tiktok adalah Anda dapat membalas sebuah video dengan cara duet, stitch, dan react.

Sayangnya, TikTok Lite hanya menyediakan share sebatas link ataupun ke platform lain tanpa adanya kostumisasi video. Jadi, sebagai content creator yang hobi mereaksi konten orang, ini akan menjadi salah satu kendala besar ketika Anda menggunakan TikTok Lite.

Sudah Paham Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite?

Berikut tadi adalah beberapa perbedaan TikTok Lite dan TikTok biasa yang bisa Anda rasakan. Tentunya, perbedaan dua aplikasi tersebut akan selalu berubah-ubah tiap waktunya. Jadi, pastikan untuk terus memperbarui aplikasi Tiktok Anda, ya!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development