8 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik

3 min read

8 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik

Membahas plugin LMS WordPress terbaik, memang tidak akan ada habisnya. Hal ini karena banyak sekali fungsi yang akan Anda dapatkan dari penggunaan plugin ini. Bahkan, berkat fitur tersebut, platform ini menjadi salah CMS dengan jumlah pengguna terbesar dan terbanyak di dunia.

Pemanfaatan pada beberapa plugin ini juga sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang saat ini sedang mengelola situs web, dan berkeinginan untuk mengembangkannya. Jadi, apa saja sih plugin LMS WordPress terbaik di tahun 2022 ini? Mari bahas bersama dalam artikel ini.

Plugin LMS WordPress Terbaik 

Langsung saja, ini dia deretan plugin WordPress terbaik untuk jenis LMS tools. Simak penjelasan lengkapnya!

1. LearnPress

Rekomendasi pertama untuk jenis plugin LMS adalah LearnPress. Plugin LMS WordPress gratis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengelola dan membuat sebuah website LMS dengan dengan struktur yang luas dan tanpa batas.

Sampai saat ini, telah ada sekitar 100.000 orang lebih yang menggunakan plugin ini. Jadi soal kualitas, Anda tidak perlu ragu lagi. Selain itu, walau LearnPress ini gratis, Anda dapat menjual kursus dan materi yang terdapat di website LMS yang Anda miliki untuk dibagikan kepada para pengguna lain.

LearnPress juga bisa Anda kombinasikan dengan themes WordPress yang Anda gunakan karena telah mendukung sistem website multisite. Bahkan, jika Anda merasa fiturnya kurang lengkap, plugin LearnPress ini juga menyediakan add on terpisah yang dapat Anda install sebagai inovasi tambahan.

2. Lifter

Rekomendasi plugin LMS WordPress gratis yang kedua adalah Lifter. Walaupun gratis, fitur dalam Lifter bisa Anda bandingkan dengan versi LMS WordPress terbaik premium lainnya. Lifter juga mampu bersaing dengan fitur yang sangat canggih dan tidak kalah dengan versi berbayar.

Terdapat beberapa fitur utama dari Lifter yang bisa Anda nikmati, antara lain:

  • Lifter, berisi keseluruhan dari sistem LMS.
  • Course, berisi fitur untuk pelatihan dan pembelajaran bagi para penggunanya.
  • Memberships, fitur yang berfungsi mengelola semua member yang terdaftar pada situs website yang Anda buat.
  • Engagement, dalam fitur ini Anda dapat melihat statistik pengunjung, berapa member yang telah mengambil kelas, serta seluruh statistik terkait situs pembelajaran yang Anda buat.
  • Orders, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap data banyaknya pengguna baru yang telah join dalam website yang Anda buat.

Selain itu, jika Anda merasa fiturnya masih kurang lengkap, Anda bisa menambahkan add ons secara berbayar sesuai dengan jenis fitur yang Anda cari. Jadi, Lifter ini mempunyai versi berbayar dan gratis dengan tipikal fitur yang relatif hampir sama.

3. Tutor LMS

Rekomendasi ketiga untuk Anda yang sedang mencari plugin LMS WordPress yaitu Tutor LMS. Tutor LMS sebagai plugin gratis sukses terunduh lebih dari 40.000 pengguna di dunia yang menggunakan WordPress.

Walaupun bersifat gratis, dari segi fitur Tutor LMS sudah sangat lengkap, serta tersedia berbagai add ons premium yang memiliki kualitas tinggi. Jadi, Anda hanya perlu membuat, me-manage, kustomisasi, dan menjual membership Anda kepada para pengguna atau pelanggan.

4. Good LMS

Plugin LMS WordPress terbaik selanjutnya ini tersedia hanya dalam versi berbayar saja. Selain itu, harga lisensinya jika Anda berlangganan adalah $32 untuk satu plugin penuh. 

Dengan menggunakan Good LMS ini, Anda dapat membuat sebuah on site course, online course, instructor profile, dan juga online quiz. Bahkan, Anda juga bisa membuat sertifikat keahlian dari kursus daring ini yang nantinya bisa Anda jual dalam course online tersebut dengan cara membership.

Untuk pemilihan metode pembayaran, Good LMS ini sudah mendukung sistem payment gateway serta sistem transfer antar bank. Selain itu, kelebihan LMS ini sangat terlihat dari segi supportnya. Kemudian, Good LMS juga mempunyai user interface yang sangat intuitif, unik, dan menarik.

5. Learn Dash

Rekomendasi plugin LMS WordPress selanjutnya adalah LearnDash. LMS ini memang hanya ada versi berbayar saja. Selain itu, harganya juga terbilang mahal, akan tetapi fitur yang nantinya Anda dapatkan sangatlah lengkap.

Untuk Paket basic seharga $199, dan paket termahalnya adalah paket pro dengan harga $329. Saat ini, telah banyak perusahaan serta kampus terkenal di dunia yang memakai layanan dan fitur dari LearnDash ini seperti University of Florida, Yoast, DigitalMarketer, Social Media Examiner, University of Michigan, dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih paket basic, maka fitur yang akan Anda dapatkan antara lain unlimited user, unlimited course, course content protection, advanced quizzing, drip-feed lessons, course forum, free integrations, email notification, certificate, badges, dan juga 1 tahun support serta update penuh. Sangat lengkap, bukan?

6. Sensei 

Sensei adalah sebuah kata dalam bahasa Jepang yang memiliki arti dan makna “Guru”. Mengambil nama tersebut, plugin buatan developer WordPress yang sudah sangat terkenal, yaitu Automattic, merupakan salah satu plugin LMS WordPress terbaik di dunia.

Selain itu, Sensei juga telah terintegrasi dengan fitur WooCommerce. Jadi Anda dapat membuat kursus daring sesuai dengan skill yang saat ini Anda kuasai.

Anda juga tidak perlu menguasai skill bahasa pemrograman dan coding website untuk membuat situs web dengan menggunakan LMS ini. Sensei dapat bekerja dengan themes WordPress, jadi Anda hanya perlu menyesuaikan penggunaan tema saja agar sesuai dengan kursus daring yang akan Anda buat.

7. Teachable

Teachable mempunyai metode serta mekanisme kerja yang sedikit berbeda. Dengan  plugin LMS WordPress gratis ini, Anda dapat membuat situs website berbasis LMS sendiri dengan cara mengisi konten yang sesuai dengan materi yang Anda kuasai.

Kemudian, Anda juga dapat mempromosikannya serta mendapatkan penghasilan tambahan dari audiens yang tertarik dengan situs kursus daring yang Anda buat ini. Selain itu, Anda juga bisa memberikan penawaran paket promo dan kupon diskon agar pelanggan Anda semakin tertarik.

Sistem untuk fitur membershipnya juga sangat enak. Anda bisa menjual dengan sistem cut, once payment, berlangganan atau membeli satu paket khusus pelatihan, dan berbagai pilihan penawaran lainnya.

8. WP Courseware

Plugin LMS WordPress ini menyediakan sebuah fitur drag and drop yang sangat membantu Anda untuk mendesain tampilan situs kursus daring. Selain itu, Anda bisa mengupload berbagai jenis media serta konten dan materi pembelajaran secara tidak terbatas.

WP Courseware ini juga telah terintegrasi dengan banyak sekali platform penyedia email marketing yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk promosi dan pemasaran situs yang Anda buat.

Sudah Pernah Menggunakan Salah Satu Plugin-nya?

Nah, itu dia penjelasan tentang rekomendasi plugin LMS WordPress terbaik untuk Anda. Pada dasarnya, untuk membuat sebuah situs pembelajaran dan situs kursus daring, Anda harus menggunakan plugin berbayar agar fiturnya lebih lengkap. Selain itu, materi pembelajaran juga harus berupa konten yang menarik bagi para audiens.