Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Prinsip Dasar dalam Mendesain Sebuah Website, Bantu Naik Level!

2 min read

7 Prinsip Dasar dalam Mendesain Sebuah Website, Bantu Naik Level!

Prinsip dasar dalam mendesain sebuah website cukup penting Anda perhatikan untuk membuat web lebih nyaman secara estetika maupun penggunaan. Sayangnya, masih banyak yang asal buat berdasarkan preferensi pribadi dan membuatnya terlihat kurang maksimal. Agar tidak salah langkah, simak artikel ini!

7 Prinsip-Prinsip Dasar Desain Website

Sebenarnya website adalah sarana penyampaian informasi, sehingga penting untuk membuat desain yang menarik dan mudah audiens pahami dalam penyampaian informasi tersebut. Karena itu, ada beberapa konsep dasar dan tahapan desain website yang baik dan benar, seperti halnya:

1. Precedence (Prioritas)

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah precedence atau prioritas yang mengacu pada penciptaan hirarki visual pada desain web. Prinsipnya adalah menonjolkan elemen yang Anda anggap penting untuk audiens perhatikan. Dalam menonjolkan elemen tertentu, Anda bisa memanfaatkan beberapa elemen seperti:

  • Size and Positioning (Ukuran dan Tata Letak): Ini berguna untuk memberikan efek pembeda, perbedaan ukuran bisa jadi pilihan terbaik. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan mengatur tata letak pada posisi dan urutan yang tepat.
  • Coloring (Pewarnaan): Pemberian pewarnaan yang kontras atau lebih tebal akan merubah sudut pandang dan fokus dari pembaca. 
  • Contrast and Brightness (Kontras dan Pencahayaan): Penambahan kesan kontras dan pencahayaan juga bisa menggiring fokus dari pembaca.

2. Spacing (Ruang Kosong)

Dalam prinsip dasar dalam mendesain sebuah website juga penting untuk menambahkan ruang kosong tau sekat transparan. Ini dapat memberikan ruang dan membuat website lebih hidup. Walaupun membuat website tampak hidup, namun Anda perlu memperhitungkannya terlebih dahulu.

Spacing yang terlalu besar akan membuat gap (jurang atau kekosongan) yang membuat web nampak kurang profesional. Namun, jika terlalu padat bisa jadi kurang nyaman di pandang. 

Pemberian spacing ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai jenis spacing. Mulai dari line spacing (konsepnya mirip boarding), padding (jarak antar text), dan juga white spacing (elemen ruang kosong untuk background putih).

3. Navigation (Navigasi)

Demi memudahkan para pengguna website, Anda harus memfasilitasinya dengan fitur navigasi yang memadai. Navigasi dalam dasar-dasar desain website yang memegang peranan yang cukup besar. Bahkan akan berpengaruh pada kepuasan dan pengalaman audiens.

Elemen ini mengacu pada penunjuk arah atau penunjuk lokasi yang memudahkan audiens menjelajah seluruh konten dalam website yang Anda kelola. Anda bisa memanfaatkan teks maupun element design seperti, panah atau bentuk rumah yang bisa Anda tautkan pada halaman bersangkutan.

4. Design to Build

Untuk membuat kesan unik, para programmer lama memanfaatkan skill desain grafisnya untuk membuat antarmuka yang unik dan menarik. Walaupun hal ini sedikit rancu, karena desain yang terlalu kompleks akan sulit diimplementasikan sesuai harapan.

Oleh karena itu, prinsip-prinsip dasar desain website harus menekankan apakah desain tersebut dapat Anda buat atau bangun. Walaupun kini lebih banyak yang menggunakan CSS yang memudahkan pembuatan desain menarik, namun untuk menciptakan keunikan prinsip desain to build jadi cukup menjanjikan!

Bagi perusahaan besar, hal ini cukup mudah teratasi dengan banyaknya divisi yang bekerja khusus. Sehingga dalam pembangunan website, kolaborasi dan kerjasama akan menjadi interaksi yang baik dalam membangun website!

5. Typography

Dalam prinsip-prinsip dasar desain website, tipografi juga menjadi poin penting. Sebab, tipografi menjadi sarana penyampaian informasi pada audiens. Dalam hal ini, Anda harus paham betul bagaimana memainkan manfaatnya. Mulai dari penekanan kosa kata, teknik penulisan, serta peletakannya.

Tak hanya itu, konsistensi, kontras, opacity, serta warna juga jadi point penting dalam dasar-dasar desain website untuk mengalihkan perhatian audiens. Tipografi juga akan berpengaruh pada SEO, sehingga penting untuk membuat konten yang menarik, relevan, dan menjadi solusi untuk para audiens.

 6. Usability (Mudah Digunakan)

Tak hanya menarik secara estetika dengan konten yang bermanfaat, website yang Anda buat wajib memberikan kemudahan pada penggunanya. Ini sangat berkaitan dengan bidang UX (User Experience) yang berfokus pada pengalaman jelajah dalam sudut pandang audiens.

Prinsip ini mengarah pada upaya menciptakan pengalaman pengguna yang lancar, intuitif, dan efisien. Sehingga, user bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan lebih mudah. Dalam hal ini, Anda butuh pemahaman dari sisi pengguna, sehingga Anda harus mengubah mindset sementara.

Anda juga perlu mempertimbangkan hierarki informasi atau susunan informasi yang tersaji, perbaikan navigasi, serta penambahan fitur pendukung (search, responsif, help, dan lain sebagainya). Prinsip dasar dalam mendesain sebuah website ini berfokus pada kepuasan dan kenyamanan jelajah para pengguna.

7. Alignment (Penyelarasan)

Pada konsep dasar dan tahapan desain website ini, penyelarasan yang dimaksud mengacu pada cara Anda memvisualisasikan masing-masing elemen, secara satu tatanan garis yang selaras. Selaras bukan berarti desain harus sejajar, lurus dan monoton. Namun, harus seimbang serta terlihat nyaman audiens pandang.

Dalam hal ini, Anda berhubungan dengan UI (User Interface) dan responsibility yang mengacu pada tata letak dan sinkronisasi tampilan website pada berbagai perangkat. Dengan kata lain, antara satu elemen dengan lainnya memiliki keterhubungan tersendiri.

Anda bisa memanfaatkan berbagai konsep alignment, mulai dari vertikal, horizontal, dan grid. Di mana hal tersebut akan mengombinasikan dengan konsistensi, space, dan berbagai elemen visual lainnya. 

Sudah Tahu Prinsip Dasar dalam Mendesain Sebuah Website?

Dari penjelasan di atas dapat Anda simpulkan bahwa, seluruh aspek pembuatan web sangat penting dan saling berhubungan. Dalam mewujudkan hal tersebut Anda bisa melihat berbagai website inspirasi desain sebagai referensi. Anda juga bisa menggunakan jasa bikin website seperti Makinrajin.

Lewat layanan profesional, mendapat website impian akan lebih mudah. Anda juga bisa melakukan konsultasi untuk mendapatkan pengarahan mengenai website yang paling sesuai untuk bisnis. Yuk, hubungi Makinrajin sekarang!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development