Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu PSD? Arti, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membukanya!

3 min read

Apa Itu PSD Arti, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membukanya!

Tahukah Anda? File PSD adalah jenis ekstensi file yang hanya dapat dibuka oleh aplikasi tertentu saja. Ekstensi ini biasanya digunakan untuk keperluan editor foto yang berhubungan dengan desain grafis. Selain itu, jenis format PSD adalah ekstensi yang mempunyai karakteristik unik dan berbeda dari jenis ekstensi foto lain.

Meskipun ekstensi ini penggunaannya untuk membuka file dengan jenis foto, akan tetapi, ekstensi ini juga dapat membaca jenis file lain, seperti teks, objek, filter, dan masih banyak lagi. Bahkan, ekstensi ini juga bisa Anda gabungkan dengan path dan vektor dalam satu layer. Lantas apa itu PSD? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu PSD?

PSD (Photoshop Document) adalah file atau ekstensi format asli dokumen yang dihasilkan oleh aplikasi Adobe Photoshop. Sedangkan menurut bahasa, ini adalah salah satu jenis file yang sepenuhnya dapat mendukung semua fitur yang terdapat pada Photoshop. 

Kemudian, file ini akan memberi pelindung, penyesuaian, serta layer tambahan pada sebuah foto. Ketika Anda membuka gambar di Photoshop, jenis file gambar dalam bentuk apapun nantinya akan terkonversi menjadi format PSD. 

Fungsinya adalah untuk memudahkan proses editing foto pada aplikasi Photoshop, karena file tersebut akan terhubung dan dapat terakses dengan fitur-fitur canggih yang terdapat dalam aplikasi ini.

Kelebihan File PSD

Nah, agar Anda lebih jelas terkait jenis ekstensi khusus ini, berikut adalah kelebihan format Photoshop Document yang wajib Anda ketahui:

1. Format Master File Terbaik Untuk Jenis Foto

File PSD adalah format ekstensi file terbaik yang berfungsi sebagai file master. Jadi, dengan kata lain, ketika Anda hendak mentransfer file ini ke dalam CD atau Harddisk, pengamanan file dari ekstensi ini jauh lebih aman daripada jenis ekstensi foto lainnya.

2. Mempermudah Proses Editing 

Kelebihan kedua dari format Photoshop Document ini adalah dapat mempermudah proses editing, khususnya untuk ekstensi foto. Dengan format ini, Anda dapat melakukan edit foto secara langsung dalam aplikasi Adobe Photoshop tanpa perlu melakukan konversi file atau merubah jenis ekstensi itu sendiri.

Selain itu, format PSD adalah ekstensi file khusus dari Adobe Photoshop yang memungkinkan Anda untuk dapat mengakses seluruh fitur canggih saat proses editing. Tak hanya itu, format file ini juga bisa Anda ubah dalam bentuk ekstensi lain ketika proses editing selesai, misalnya .jpg, .gif, .png, dan lain sebagainya.

3. Kualitas File Memiliki Resolusi Tinggi

Selanjutnya, kelebihan PSD adalah kualitas hasil editing-nya yang memiliki resolusi tinggi. Ekstensi ini akan menghasilkan file multimedia dalam bentuk foto dan video dengan kualitas tajam, tanpa adanya kecacatan frame sama sekali.

Bahkan, file yang dihasilkan Photoshop Document ini juga tidak akan berubah kualitas resolusinya, meskipun Anda mengkonversi file ini dalam bentuk ekstensi lain. Hal ini juga tentunya sangat bermanfaat untuk keperluan konten multimedia yang menuntut Anda untuk membuat konten dengan kualitas terbaik.

4. Fitur Cetak Langsung

Selain dapat Anda konversi dalam bentuk ekstensi lain, file PSD adalah format ekstensi yang memungkinkan Anda untuk dapat melakukan cetak foto langsung dalam aplikasi Adobe Photoshop.

Jadi, ketika Anda telah selesai melakukan proses editing, Anda dapat langsung mencetak hasil file ini dalam Photoshop. Bahkan, Anda juga bisa menyesuaikan file dengan berbagai jenis serta ukuran resolusi foto sesuai kebutuhan Anda.

Kelemahan File PSD

Setelah mengetahui kelebihannya, berikut adalah 2 kelemahan jenis ekstensi Photoshop Document yang wajib Anda ketahui:

1. Ukuran File yang Relatif Besar

Karena hasil foto yang Anda buat dengan ekstensi ini memiliki resolusi tinggi, maka tentu saja ukuran file-nya pun relatif besar. Biasanya, sebuah foto hasil format PSD adalah memiliki ukuran sekitar 10 sampai 20 mb. Hal ini tentu saja akan menghambat proses uploading file, ketika Anda hendak mengunggahnya di internet.

Akan tetapi, Anda bisa mengatasi masalah ukuran file tersebut dengan cara mengkonversi file dalam bentuk ekstensi lain. Selain itu, Anda juga dapat memperkecil resolusi pada saat proses convert, agar hasil file memiliki resolusi lebih kecil.

2. Penumpukan Layer dalam Satu File

Kekurangan terakhir masih terletak pada ukuran file yang besar. Akibat ukurannya yang besar, ekstensi ini akan mengalami kendala, yaitu penumpukan lapisan atau layer dalam hasil multimedianya tersebut. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan metode mixing file pada saat proses editing.

Mixing file ini akan mengakomodasi file-file Photoshop Document dan memperbaiki penumpukan lapisan yang terjadi akibat proses editing

Meskipun tidak sepenuhnya mengurangi penumpukan layer, namun metode ini terbukti ampuh untuk meminimalisir penumpukan layer yang tidak terpakai serta menggabungkannya menjadi satu lapisan utuh.

Cara Membuka File Format PSD

Berikut adalah 3 langkah mudah untuk membuka jenis ekstensi file Photoshop Document:

1. Menggunakan Aplikasi Desktop

Pada dasarnya, PSD adalah ekstensi file yang terbentuk dari hasil editing di aplikasi Adobe Photoshop. Akan tetapi, Anda juga dapat membuka file ini dengan berbagai aplikasi desain dan editing multimedia lain, seperti Corel Draw, Adobe Photoshop Element, Paint Shop Pro Tools, dan lain sejenisnya.

Untuk dapat membukanya, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk membuka ekstensi PSD.
  • Klik File.
  • Pilih Open.
  • Kemudian, cari ekstensi file yang ingin Anda buka.
  • Selesai.

2. Melalui Situs Aplikasi Online

Kedua, Anda juga bisa membuka jenis ekstensi PSD dengan menggunakan aplikasi atau situs web pihak ketiga secara online. Banyak situs yang menyediakan fitur untuk membuka serta mengedit ekstensi ini secara online, salah satunya dengan situs Photopea. Berikut ini tutorialnya:

  • Masuk ke situs Photopea.
  • Pilih menu File, lalu klik Open.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan menu Open file from computer, pada bagian tengah halaman utama situs untuk membuka file PSD.
  • Setelah itu, silahkan cari ekstensi yang ingin Anda buka.
  • Kemudian, setelah file terbuka, Anda bisa melihat dan mengedit file tersebut dalam situs web ini.
  • Selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Android 

Cara ketiga untuk membuka PSD adalah dengan menggunakan aplikasi Android. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka ekstensi ini melalui ponsel Android. Namun, biasanya yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah aplikasi PSD Viewer. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Download dan install aplikasi PSD Viewer di ponsel Android Anda.
  • Setelah menginstalnya, buka aplikasi dan beri izin akses ponsel terhadap aplikasi.
  • Kemudian, pilih menu File, lalu pilih Open.
  • Setelah itu, cari ekstensi yang ingin Anda buka di ponsel Android Anda. Pastikan terlebih dahulu Anda telah mentransfer file ke dalam ponsel.
  • Selesai.

Sudah Paham Apa Itu PSD?

Intinya, PSD adalah sebuah ekstensi file dari aplikasi Adobe Photoshop yang sangat bermanfaat dalam proses editing multimedia. Selain itu, format ini juga memiliki kualitas hasil yang berkualitas dengan resolusi tinggi. Anda bisa membuka file ini menggunakan aplikasi desktop, situs aplikasi editing online, atau aplikasi Android.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development