Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

15 Website Ilustrasi Gratis Paling Recommended, Wajib Dicoba!

5 min read

15 Website Ilustrasi Gratis Paling Recommended, Wajib Dicoba!

Sekarang ini banyak sekali konten kreator yang menggunakan berbagai elemen untuk mempermudah dan memperjelas konten yang akan dibuat. Salah satunya dengan memberikan gambar ilustrasi ke dalam konten yang berbentuk seperti artikel. Nah berikut ini beberapa rekomendasi website ilustrasi gratis. 

15 Website Penyedia Ilustrasi Gratis

Terdapat beberapa website ilustrasi gratis yang bisa Anda pilih, antara lain: 

1. Pixabay

Website yang pertama adalah bernama Pixabay. Mungkin Anda pernah mendengar salah satu website ilustrasi yang satu ini. Pixabay merupakan website yang menyediakan lebih dari 2,5 juta gambar, vektor, ilustrasi, dan bahkan video atau musik bebas royalti sehingga tak heran jika banyak yang menggunakan website ini.

Kemudian website ilustrasi gratis ini menyediakan berbagai macam gambar dari situs yang berbeda. Dengan begitu, Anda bisa mencari gambar atau ilustrasi apa saja karena stoknya cukup banyak. Untuk mencari gambar atau ilustrasi yang diinginkan tentunya mudah karena layout atau tampilan websitenya simpel.

Selain itu, ada fitur yang mempermudah Anda dalam pencarian sehingga Anda tinggal memasukkan jenis atau kategori gambar yang diinginkan dan mencarinya. Bahkan bisa memfilter berdasarkan resolusinya hingga warna. Lalu ada fitur Safe Search yang menjaga hasil pencarian untuk segala umur.

Adapun kelebihan dari Pixabay ini adalah terdapat fitur Editor’s Choice. Fitur ini memudahkan Anda mendapatkan gambar pilihan terbaik tanpa mencarinya secara manual. 

2. Pexels

Pexels merupakan sebuah website ilustrasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk memilih objek tambahan konten. Tentunya Anda bisa mendapatkan berbagai macam ilustrasi atau gambar dengan banyak pilihan yang bagus dan menarik. 

Selain banyaknya gambar atau ilustrasi yang tersedia, ada juga fitur yang mempermudah penggunanya. Salah satu fitur unggulan dari Pexels ini adalah Advanced Search. Nantinya akan tersedia rekomendasi keyword, warna gambar, hingga opsi orientasi sehingga bisa menyesuaikan keinginan. 

Kemudian ada juga fitur menguntungkan lainnya dimana Pexels terintegrasi dengan search engine seperti Chrome. Jadi, Anda bisa mendapatkan yang sesuai tanpa keluar aplikasi Pexels. 

Adapun fitur yang bisa membantu pengguna dalam menemukan gambar dari pencarian terbanyak yaitu Photographer Leaderboard. Anda pun bisa menggunakan menu Discovery yang memungkinkan pencarian ilustrasi/gambar berdasarkan tingkat kepopuleran, kategori, dan lainnya. 

3. Unsplash 

Website ilustrasi gratis selanjutnya adalah Unsplash. Tentunya Anda bisa menggunakan Unsplash ini untuk mendapatkan berbagai macam ilustrasi dan gambar yang dibutuhkan. 

Stoknya pun selalu bertambah setiap hari sehingga tidak heran banyak orang terutama content creator yang menggunakan situs ilustrasi gratis ini. 

Jika mencari ilustrasi di Unsplash, Anda tidak hanya menemukan gambar alam, hewan, fashion, maupun teknologi. Anda juga akan menemukan double exposure, tekstur atau pola, dan spiritual. 

Kemudian dalam mendukung penggunaan, sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi terkenal, seperti Google Slides, Zoom, dan bahkan Trello. 

Keunggulan lainnya dari situs ini yaitu bisa mencari gambar atau ilustrasi berdasarkan topik. Kemudian dapat memilih resolusinya sesuai keinginan mulai dari small, medium, dan large

4. Shutterstock

Berikutnya untuk website ilustrasi atau gambar secara gratis adalah Shutterstock. Dengan menggunakan website ini nantinya Anda dapat menemukan lebih dari 50 juta ilustrasi dengan berbagai desain unik dan menarik. Semua gambar yang tersedia tersebut merupakan hasil desain orang-orang kreatif di luar sana. 

Dari banyaknya gambar dan ilustrasi yang tersedia ini bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Pencarian ilustrasinya pun mudah, Anda cukup mencantumkan keyword berdasarkan topik yang dibahas dan akan muncul beberapa pilihan. 

Selain itu terdapat fitur yang bisa Anda gunakan seperti image resize, editor, dan converter file. Dengan begitu akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda nantinya.

Baca juga: Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Konten Anda

5. Freepik

Ketika Anda ingin mencari website ilustrasi gratis dan juga populer, bisa memilih Freepik. Salah satu situs ilustrasi ini pastinya tidak kalah dengan situs lainnya. 

Dalam Freepik tersedia berbagai macam ilustrasi yang bisa Anda unduh secara gratis dan bebas hak cipta. Kemudian kualitas gambar unduhan sangat bagus dan tidak pecah.

Dari Freepik ini, Anda bisa memanfaatkan template di dalamnya untuk keperluan seperti membuat brosur, gambar vektor, pamflet, dan lainnya. Anda pun tidak perlu bingung menggunakannya karena tampilannya sangat simpel. 

Adapun berbagai format gambar atau ilustrasi yang bisa Anda unduh seperti SVG, EPS, dan vektor sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan konten. 

6. Stockvault

Rekomendasi website ilustrasi gratis yang wajib Anda coba lainnya adalah Stockvault. Website ilustrasi ini muncul pertama kali pada tahun 2004 dan sudah memiliki 130 ribu lebih gambar gratis dan bebas hak cipta. 

Tentunya Anda bisa mendapatkan berbagai macam gambar, ilustrasi, ikon, dan hingga tekstur yang mudah untuk diunduh. Kemudian menu di dalamnya sangatlah mudah digunakan dan lengkap sehingga dalam mencari gambar atau ilustrasi yang diinginkan pun juga mudah. 

Jika Anda mencari gambar atau ilustrasi yang sesuai bisa melihat keterangannya. Nantinya setiap gambar atau ilustrasi akan memiliki informasi seperti ukuran, dimensi, dan lisensinya sehingga dapat membantu Anda dalam memutuskan penggunaan gambar itu. 

7. Depositphotos

Website penyedia ilustrasi gratis yang bagus berikutnya adalah Depositphotos. Nantinya Anda bisa mencari berbagai macam gambar dengan jumlah stok mencapai 200 juta lebih. 

Kemudian pengguna dari Depositphotos ini sudah mencapai angka lebih dari 25 juta. Jika Anda sedang membutuhkan tambahan lainnya selain gambar atau ilustrasi, bisa juga mencari file video atau musik secara gratis di situs ini sehingga lebih bervariasi dalam membuat konten Anda lebih bagus. 

Mengenai kualitas gambar yang tersedia tidak perlu diragukan lagi karena berasal dari kontributor profesional. Semua itu pastinya bisa Anda unduh secara gratis dan bebas memilihnya sesuai keinginan. 

8. UnDraw

Pilihan lainnya yang dapat Anda jadikan pandangan jatuh kepada website ilustrasi gratis bernama UnDraw. Bagi yang belum tahu, situs ini sudah ada sejak tahun 2017 dan pertama kali muncul sudah termasuk situs open source. Kemudian terdapat 500 lebih rancangan ilustrasi dari pengelolanya yaitu Katerina Limpitsouni. 

Anda pun bisa memanfaatkan situs ini untuk mengedit, menyesuaikan, dan menyatukan gambar. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mengatur warna dari gambar atau ilustrasi yang akan diunduh. Kemudian sudah pasti bahwa semua gambar atau ilustrasi tersebut bisa didapatkan secara cuma-cuma.

9. Get Illustrations

Website yang menyediakan gambar dan ilustrasi gratis lainnya adalah Get Illustrations. Nantinya Anda bisa menemukan beberapa macam gambar dan ilustrasi dengan berbagai bentuk menarik. Untuk mencarinya cukup dengan memasukkan keyword pada kolom pencarian. 

Namun perlu Anda pahami bahwa untuk mencantumkan keyword harus memakai bahasa Inggris. Kemudian setiap format file gambar atau ilustrasi yang diunduh bisa Anda sesuaikan kebutuhan aplikasi. Misalnya saja format SVG, PNG, Adobe Illustrator, dan lainnya.

10. ManyPixels

Salah satu website penyedia ilustrasi gratis yang bisa Anda pilih adalah ManyPixels. Tersedia banyak sekali stok gambar dan ilustrasi menarik dengan jumlah mencapai 2.000 lebih sehingga bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Bagi kebanyakan orang, gambar atau ilustrasi dari ManyPixels biasanya untuk kebutuhan landing page, media sosial, infografis, dan lainnya. 

Dengan stok gambar dan ilustrasi yang banyak tersebut pastinya tidak pusing lagi dalam membuat konten Anda lebih menarik. Kemudian untuk gambar atau ilustrasi tersebut selalu mengalami pembaruan dan jumlahnya semakin bertambah. 

11. Pikwizard

Selain situs ilustrasi gratis di atas, ada juga website lainnya yang bernama Pikwizard. Nantinya Anda dapat memilih kategori gambar ilustrasi bebas yang bisa diunduh secara gratis. Dengan begitu akan mempermudah dan menghemat waktu Anda mendapatkan gambar yang diinginkan tanpa beralih halaman.

Kemudian untuk kategori gambar di Pikwizard ini pun bermacam-macam, mulai dari yang umum hingga unik. Misalnya saja gambar ekspresi seseorang dan bahkan selembar kertas kusut. 

Selain itu, terdapat fitur unggulan seperti mengedit hingga menambahkan teks atau filter pada gambar yang akan diunduh. Kemudian Anda bisa memakai gambar tanpa mengunduhnya dahulu dengan mencantumkan link gambar.

12. Gratisography

Mungkin bagi Anda yang baru terjun ke dunia konten kreator jarang mendengar website ilustrasi gratis bernama Gratisography. Namun jika Anda telusuri, situs ilustrasi gratis ini menyediakan berbagai macam gambar dengan penuh warna dan eksentrik. Misalnya saja gambar kucing tersenyum dan wajah-wajah unik lainnya. 

Tidak hanya gambarnya saja yang menarik, tapi juga pemberian warna dan teksnya cukup unik. Untuk menggunakannya pun tidak sulit karena memiliki menu navigasi yang simpel dan mudah dipahami. 

Keunggulan yang ada di Gratisography ini salah satunya adalah gambar yang tersedia memiliki resolusi tinggi. Lalu ada juga informasi ketika terdapat gambar atau ilustrasi baru yang muncul. 

13. Picjumbo

Picjumbo merupakan website yang menyediakan gambar ilustrasi bebas atau gratis. Tentunya koleksi gambar atau pun ilustrasi di website ini terbilang lengkap. Kemudian setiap gambar atau ilustrasi pada situ Picjumbo akan terlihat lebih unik jika dibandingkan dengan situs lainnya. 

Selain gambar dan ilustrasi, Picjumbo juga menyediakan berbagai macam template, mockup, dan icon yang dapat Anda pilih. Kemudian dalam pemakaiannya tidaklah sulit karena navigasi menunya terlihat sederhana. Nantinya Anda bisa menemukan kategori gambar terbaru dan lainnya. 

Jika dilihat lebih dalam lagi, terdapat keunggulan dalam memakainya seperti banyak koleksi unik dari variatif. Kemudian terdapat blog informatif mengenai gambar terbaik. 

14. Burst

Rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari website ilustrasi gratis untuk kebutuhan konten bisa mengunjungi situs Burst. Situs Burst ini perlu Anda ketahui bahwa merupakan bagian dari Shopify yang merupakan tempat pembuatan toko online terbaik saat ini.

Jika Anda pikir Burst hanya untuk kebutuhan konten bagi pemilik toko online, itu salah besar. Anda atau pengunjung lain bisa menggunakan gambar dan ilustrasi dari situs ini untuk keperluan media sosial, blog, dan lainnya.  

Adapun keunggulan dari situs ini adalah Anda dapat menyesuaikan gambar beresolusi rendah atau tinggi. Kemudian terdapat penanda jika ada update gambar yaitu dengan email subscription

15. Reshot

Untuk rekomendasi website ilustrasi gratis yang terakhir adalah Reshot. Terdapat ribuan gambar, vektor, dan ikon SVG yang bisa Anda gunakan demi menunjang kebutuhan konten. Lalu gambar dan ilustrasinya pun unik sehingga membuat konten Anda terlihat menonjol dan menarik. 

Kemudian user interface Reshot terbilang simple sehingga mempermudah pencarian kategori gambar yang diinginkan. Dalam melakukannya, Anda pun bisa memanfaatkan kolom pencarian dan pilihan menu navigasi yang ada. 

Baca juga: Apa itu Color Pallete?

Manakah Website Penyedia Ilustrasi Gratis Pilihan Anda?

Itulah beberapa rekomendasi website ilustrasi gratis yang bisa Anda pilih. Tentunya semua situs tersebut menyediakan berbagai macam gambar ilustrasi bebas hak cipta yang unik dan menarik.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development