Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

11 Rekomendasi Aplikasi Vektor PC Terbaik untuk Desain Grafis!

4 min read

11 Rekomendasi Aplikasi Vektor PC Terbaik untuk Desain Grafis!

Sekarang ini terdapat banyak aplikasi vektor PC untuk keperluan desain grafis. Di sisi lain, mulai banyak perusahaan yang juga butuh seorang Desainer Grafis handal. Nah, Bagi Anda yang ingin menggeluti profesi sebagai desainer grafis, skill dalam bidang software desain gambar vektor adalah hal yang wajib Anda kembangkan.

Karena itu, dalam artikel ini akan membahas secara lengkap rekomendasi software terbaik untuk keperluan desain gambar vektor. Simak artikel berikut sampai habis!

11 Aplikasi Pengolah Gambar Vektor di PC

Langsung saja, ini dia deretan software vektor terbaik untuk keperluan desain grafis. Simak penjelasan lengkapnya:

1. CorelDraw

CorelDraw adalah aplikasi desain terbaik untuk editing bitmap dan vektor. Software yang dikembangkan oleh perusahaan asal Kanada ini merupakan software desain terpopuler dan paling sering digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat berbagai keperluan desain. Mulai dari editing foto, poster, dan juga logo illustrator. 

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai sebuah fitur canggih yakni fitur Live Sketch™ tool. Melalui fitur tersebut, Anda dapat menggambar sebuah sketsa secara langsung tanpa perlu melakukan tracing manual maupun scan kertas. 

Nantinya, secara otomatis CorelDraw akan mengonversi gambar sketsa yang Anda buat menjadi gambar vector curve. Dalam hal ini, CorelDraw menggunakan suatu teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning. Sehingga, seluruh desain yang terbuat secara manual akan terkonversi dalam bentuk vector maupun 3D images.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan sebuah aplikasi yang sudah cukup populer di kalangan para pekerja desain profesional. Bahkan, banyak sekali karya-karya desain terbaik dengan nilai seni tinggi lahir melalui software desain satu ini.

Tampilan antarmuka dalam aplikasi ini sangatlah simpel Sehingga, mudah untuk dipahami bagi para desainer pemula. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai tools yang user friendly dengan fungsi yang beragam dan penggunaannya mudah.

Biasanya, para desainer grafis menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain logo, vektor, bitmap, dan juga ilustrasi desain. Namun, terdapat perbedaan vektor dan bitmap yang cukup mencolok jika Anda mendesainnya melalui aplikasi Adobe Illustrator. Perbedaan tersebut sangat terlihat pada bagian detail desainnya.

3. Adobe Photoshop

Aplikasi vektor PC terbaik selanjutnya adalah Adobe Photoshop. Seperti aplikasi desain besutan Adobe pada umumnya, Photoshop juga punya tampilan antarmuka yang sangat simpel.

Selain itu, toolbar yang terdapat dalam Adobe Photoshop sangat terperinci dengan tata letak yang user friendly. Sehingga, Anda dapat menggunakan seluruh fungsi toolbar pada aplikasi ini dengan mudah dan cepat.

Kemudian, tools desain dalam aplikasi Adobe Photoshop juga cukup lengkap. Mulai dari tools editing, blur, mosaic, hingga crop objek. Semuanya dapat Anda gunakan dengan mudah dalam aplikasi ini. 

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah software desain besutan Adobe dan pertama kali meluncur pada bulan Agustus 1999. Aplikasi ini biasa digunakan oleh para desainer grafis profesional untuk membuat karya seperti poster, majalah, vektor, brosur, dan logo 

Melalui berbagai fitur canggih dan kemampuan pengolahan teks yang user friendly, Adobe InDesign merupakan pilihan terbaik. Khususnya bagi Anda yang menyukai desain mendetail dengan hasil berkualitas tinggi.

Selain itu, terdapat juga fitur bantuan desain layout yang akan membantu Anda dalam mengerjakan proyek desain berskala besar. Melalui fitur ini, Anda akan mendapat rekomendasi tools desain untuk mempercepat penyelesaian proyek Anda.

5. InkScape

Inkscape merupakan aplikasi desain besutan Raph Levien yang rilis pada tahun 2003. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini sendiri, yaitu untuk menjadi software editor gambar handal. Di mana, seluruh aspek inti dan alatnya memenuhi standar dari sistem XML, SVG, serta CSS.

Inkscape tak hanya dapat beroperasi pada sistem operasi Windows saja. Namun,  aplikasi ini juga telah support untuk sistem operasi lain, seperti Mac OS X dan Linux. Bahkan, banyak fitur canggih yang tersedia dalam aplikasi ini. Mulai dari membuat objek, manipulasi objek, pembuatan vektor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga fitur yang menarik dalam aplikasi ini, yaitu backup otomatis. Jadi, saat Anda sedang membuat desain dan tiba-tiba terjadi not responding. Maka file Anda tersebut akan secara otomatis terbackup. Sehingga, Anda tidak harus membuatnya dari awal lagi.

6. Vectr

Aplikasi pengolah gambar vektor selanjutnya adalah Vect. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yang berbeda. Versi pertama adalah versi basic, lalu versi kedua yaitu versi premium berbayar.

Antara kedua versi tersebut, tentu saja terdapat perbedaan tools. Pada versi premium, Anda bisa menikmati berbagai tools mulai dari Mulai dari tools editing, blur, mosaic, hingga crop objek. 

Namun, bagi Anda yang belum memiliki budget cukup untuk berlangganan premium, versi basic dari aplikasi ini sudah cukup mumpuni untuk keperluan desain dan vektor. Menariknya, aplikasi ini dapat Anda akses melalui aplikasi browser Chrome dan dapat terhubung langsung ke berbagai platform stok foto di internet.

7. Clip Studio Paint

Clip Studio Paint merupakan aplikasi desain digital dan ilustrasi yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari, pembuatan logo, vektor, brosur, konsep art bahkan komik. 

Aplikasi ini sendiri merupakan software desain besutan perusahaan asal Jepang, Celsys. Serta tersedia untuk berbagai macam sistem operasi populer. Mulai dari Windows, Mac OS, Linux, dan iOS. 

Fitur yang tersedia dalam Clip Studio Paint juga cukup banyak dengan berbagai fungsi menarik untuk keperluan desain. Hal yang membuat aplikasi ini sangat populer, yaitu karena tampilan antarmuka nya yang user friendly. Sehingga, Anda dapat dengan mudah menggunakannya meskipun masih awam dalam dunia editing.

8. Bloom

Bloom merupakan software editor grafis yang punya ukuran cukup ringan dan akses yang cepat. Aplikasi ini juga telah mendukung untuk berbagai jenis platform. Setiap filter, efek, kuas, dan berbagai pengeditan vektor yang Anda terapkan dalam aplikasi ini akan tersimpan secara terpisah. 

Sehingga, ketika Anda ingin kembali ke proyek desain Anda sebelumnya dan ingin menyesuaikannya kembali, maka Anda tidak perlu mengulang dari awal pembuatan proyek desain tersebut.

Bloom juga mengadaptasi sistem murni 16-bit per satu aplikasi saluran. Sehingga, seluruh gambar, warna bentuk, tool, dan juga data lainnya akan tersimpan dengan hasil yang maksimal.

9. sK1

Berikutnya, hadir sK1 sebagai rekomendasi aplikasi vektor PC terbaik di tahun 2023. sK1 merupakan software desain yang bersifat open source dengan berbagai tools dan hasil desain berkualitas.

Salah satu keunggulan utama dari sK1, yaitu memiliki tools manajemen warna yang profesional serta memiliki kompatibilitas tinggi. Sehingga, akan memberikan Anda akurasi warna dan juga fleksibilitas gambar sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, aplikasi ini juga merupakan pesaing terberat Corel dan Adobe.

10. Boxy SVG

Boxy SVG merupakan software editor grafis yang hampir mirip dengan aplikasi Adobe Illustrator. Namun, Boxy SVG dirancang khusus untuk pembuatan vektor pada platform yang modern.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat ikon, spanduk, logo ilustrasi, vektor, dan berbagai keperluan desain lainnya. Selain itu, terdapat banyak fitur menarik dalam aplikasi ini. Mulai dari fitur transforms, symbols, paths, groups, bahkan shapes. 

Aplikasi ini telah mendukung untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, bahkan Chrome OS. Tak hanya itu, Boxy SVG juga tersedia dalam versi gratis dengan berbagai fitur keren di dalamnya.

11. Affinity Designer

Terakhir, hadir aplikasi pengolah gambar vektor bersifat open source, yakni Affinity Designer. Affinity Designer merupakan software desain yang memiliki akses cepat dan halus. Meskipun masih baru, namun tools dan fitur dalam aplikasi ini terbilang sangat lengkap. 

Mulai dari fitur shapes, transforms, hingga fitur auto fill. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki warna yang sangat eye popping dan mampu menghasilkan desain vektor yang sangat menakjubkan. Bahkan, Affinity Designer juga tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS.

Aplikasi Vektor Mana yang Pernah Anda Gunakan?

Itu dia pembahasan lengkap tentang rekomendasi aplikasi vektor terbaik di tahun 2023. Dalam dunia desain grafis, pemilihan aplikasi sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil desain. Karena itu, pilihlah aplikasi yang mempunyai tools user friendly dengan tampilan antarmuka yang simpel. Semoga bermanfaat!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development