Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Pengertian dan Cara Membuat Tag Hreflang pada WordPress

2 min read

Pengertian dan Cara Membuat Tag Hreflang pada WordPress

Bagaimana cara membuat Tag Hreflang? Saat ini memiliki konten dengan beragam bahasa untuk wilayah atau negara berbeda mulai banyak digunakan. Akan tetapi, Anda memerlukan Hreflang yang akan berperan meningkatkan SEO sesuai wilayah maupun bahasa tersebut.

Maka dari itu, pembahasan pada artikel ini fokus pada peran Tag Hreflang dan bagaimana cara memasangnya. Anda bisa memasang Tag Hreflang tersebut tanpa harus memasukkan kode yang rumit.

Apa itu Tag Hreflang?

Tag Hreflang merupakan kode HTML yang berfungsi untuk memberitahu bot search engine bahasa maupun target geografi dari sebuah halaman. Hal ini bertujuan agar nanti halaman tersebut bisa ditampilkan berdasarkan bahasa maupun lokasi geografis para target audiens.

Kode ini memiliki peran yang sangat penting, terutama bagi website multi-bahasa yang memang targetnya para audiens internasional. Website tersebut umumnya hanya menyediakan satu halaman yang akan mempunyai dua atau bahkan lebih bahasa yang berbeda.

Kode tersebut memudahkan mesin pencari bahwa ada konten yang mempunyai beberapa opsi bahasa. Dengan begitu, mesin pencari dapat memberikan versi bahasa yang lebih tepat sesuai target audiens.

Fungsi Tag Hreflang

Sebelum membahas cara membuat Tag Hreflang, Anda perlu tahu bahwa penggunaan Tag Hreflang juga punya fungsi penting. Beberapa fungsinya antara lain:

1. Meningkatkan User Experience

Para audiens cenderung lebih nyaman saat mereka mencari sebuah konten pada website yang memakai bahasa familiar serta mudah dimengerti. 

Jika Anda memiliki website dan sudah menggunakan Tag Hreflang serta menyediakan beberapa varian bahasa, mesin pencari akan menghadirkan konten sesuai dengan bahasa maupun lokasi audiens.

Cara tersebut bukan hanya efektif menurunkan bounce rate. Adanya Tag tersebut juga mampu meningkatkan time on page serta meningkatkan traffic website Anda. Jadi, akan lebih banyak audiens yang berasal dari berbagai negara.

2. Menghindari Isu Duplikat

Terkadang ada situs yang hanya fokus pada satu bahasa akan tetapi targetnya ke beberapa negara. Kondisi ini berpotensi meningkatkan munculnya berbagai konten duplikat. 

Misalnya Anda punya dua halaman produk dengan menyediakan konten serta produk yang sama. Akan tetapi, di halaman pertama untuk audiens dari Australia. Kemudian halaman kedua untuk audiens dari Singapura yang Anda berikan harga khusus. 

Dengan menggunakan Hreflang, mesin pencari akan lebih memahami jika kedua halaman tersebut memang ditujukan kepada audiens berdasarkan geografi yang berbeda. Dengan begitu, website Anda akan terhindar isu konten duplikat.

Baca Juga: SEO Lokal: Pengertian, Kelebihan, dan Tips Optimasinya

Cara Membuat Tag Hreflang

Bagaimana cara memasang Tag Hreflang? Sebenarnya memasangnya tidak terlalu sulit. Selengkapnya simak pembahasan berikut ini.

1. Menggunakan Plugin Multilingual 

Salah satu pendekatan terbaik saat ingin menghadirkan website multi-bahasa yaitu dengan memanfaatkan plugin multilingual. Plugin ini memungkinkan Anda untuk dapat membuat serta mengelola konten dengan beragam bahasa secara mudah.

Plugin tersebut telah banyak memberikan manfaat bagi para pengelola website SEO. Dengan begitu, Anda hanya perlu fokus terhadap konten yang Anda buat. 

Salah satu plugin recommended yang dapat Anda gunakan yaitu Polylang. Plugin tersebut mempunyai tampilan yang mudah dipahami sehingga pengguna baru tidak mengalami banyak kendala. Cara memasang Tag Hreflang menggunakan plugin tersebut juga terbilang cepat. 

Selain Polylang, Anda juga dapat memanfaatkan plugin premium bernama WPML yang cara kerjanya tidak jauh berbeda dari Polylang.

2. Cara Membuat Tag Hreflang Tanpa Plugin Multilingual 

Anda juga bisa menghadirkan Hreflang tanpa perlu memanfaatkan plugin multilingual. Namun ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan sehingga proses pemasangannya berhasil. 

Misalnya Anda perlu menginstal serta mengaktifkan plugin HREFLANG Tag Lite. Setelah proses instalasi nanti, Anda juga harus melakukan aktivasi terlebih dahulu sehingga plugin benar-benar bisa digunakan. 

Selanjutnya, plugin tersebut mulai menambahkan item baru pada menu admin WordPress. Jika Anda mengkliknya, otomatis Anda masuk ke pengaturan plugin.

Selanjutnya Anda tentukan tempat di mana plugin tersebut akan aktif. Jangan lupa klik simpan agar perubahan mampu tersimpan pada sistem. 

Edit halaman atau postingan tempat Anda ingin memasang Hreflang. Tambahkan URL postingan yang Anda edit kemudian tentukan bahasanya. Lalu klik tanda plus agar bisa menambahkan URL variasi lain baik dari postingan maupun bahasanya, misalnya dengan menambahkan canonical URL.

Sudah Paham Cara Membuat Tag Hreflang?

Jadi, peran Hreflang ini sangat penting bagi website Anda yang memiliki target audiens dari berbagai negara. Silakan memasang tag tersebut berdasarkan penjelasan yang telah diberikan. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development