Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

SEO Lokal: Pengertian, Kelebihan, dan Tips Optimasinya

7 min read

SEO Lokal Pengertian, Kelebihan, dan Tips Optimasinya

Apakah Anda punya bisnis offline seperti warung makan, tempat les, coffee shop, atau lini bisnis lainnya dan ingin mendapatkan banyak pelanggan? Mungkin Anda bisa menggunakan SEO lokal untuk membantu meningkatkan bisnis offline secara online.

Jika Anda pernah menggunakan kata pencarian “Coffee Shop Near Me” di mesin pencarian Google, Anda pasti akan mendapat daftar coffee shop yang ada disekitar Anda secara lengkap seperti gambar di bawah ini.

contoh google my business

Coba Anda bayangkan, jika Anda memiliki lokal bisnis seperti coffee shop yang berada di daerah kawasan wisata yang tentunya ramai dengan wisatawan lokal maupun asing, mereka pasti akan mencari tempat ngopi melalui Google.

Nah, jika coffee shop Anda ada di dalam daftar pencarian tersebut, kemungkinan wisatawan-wisatawan yang sedang mencari coffee shop akan datang mengunjungi tempat Anda.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu SEO Lokal?

Jika melihat dari penjelasan singkat sebelumnya, kita bisa bilang bahwa SEO lokal adalah salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal secara online dengan menampilkan lokal bisnis Anda dalam Google snack pack.

Google snack pack atau dikenal sebagai local pack ini adalah kotak yang muncul pada bagian pencarian Google lokal yang berisi tiga atau lebih bisnis lokal teratas yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Jadi, jika Anda memiliki bisnis lokal seperti warung makan, coffee shop, tempat les, tempat gunting rambut, dan lain-lainnya dan ingin website bisnis berada di daftar penelusuran pencarian, maka local SEO adalah kunci utamanya.

Dengan menggunakan local SEO ini Anda bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dengan cara menemukan bisnis offline secara online. Maka jangan kaget jika Anda menemukan warteg di daftar pencarian ini. Karena mereka yakin strategi ini efektif untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Cara Kerja SEO Lokal

Sebenarnya, cara kerja SEO lokal ini sama seperti pencarian normal pada umumnya. Seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu dan Google akan memindai dan memberikan hasil terbaik untuk kata pencarian tersebut.

Hal yang membuat SEO lokal unik dan berbeda dari pencarian normal pada umumnya adalah dengan menggunakan banyak sekali faktor yang berbeda untuk menentukan peringkat hasil pencarian lokal.

Berikut rangkaian peringkat yang dimaksud:

  • Lokasi yang dicari.
  • Kutipan NAP (Name, Address, Phone Number).
  • Sekumpulan data Google My Business.
  • Kata kunci yang digunakan pada profil Google My Business.
  • Ulasan online dari pelanggan.
  • Jumlah “check-in” yang berada di lokasi itu.
  • Peringkat bintang Google Maps untuk bisnis itu.

Mengapa Harus Menerapkan SEO Lokal?

Berdasarkan dari laman Social Media Today, sebanyak  46% dari semua pencarian di Google mencari informasi lokal, sedangkan 97% pengguna mesin pencari melakukan pencarian secara online untuk menemukan bisnis lokal.

Melihat dari jumlah persentase pencarian yang dilakukan oleh orang-orang tentunya membuat Anda yakin bahwa dengan menggunakan local SEO ini sangat menguntungkan bukan? Selain meningkatkan kesadaran merek dan bisnis, local SEO ini juga membantu meningkatkan penjualan pada bisnis lokal Anda.

5 Alasan Mengapa Local SEO Penting

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menerapkan local SEO pada bisnis Anda:

1. Membuat Bisnis Lebih Kompetitif

Mungkin alasan pertama kenapa Anda masih belum berinvestasi dalam local SEO karena Anda melihat bisnis yang sama seperti yang Anda miliki belum menggunakan local SEO.

Tapi coba Anda bayangkan, jika Anda menggunakan local SEO ini, bisnis Anda selangkah lebih maju dari mereka dan kesempatan Anda untuk mendapatkan semua pelanggan potensial dapat Anda raih.

Tidak masalah jika bisnis yang Anda miliki tidak inovatif ataupun unik. Hal yang menjadi masalah adalah ketika tidak ada seorang pun yang mengetahui dan menemukan bisnis yang Anda jalankan. Ketika kompetitor menggunakan strategi ini dan berhasil muncul pada halaman pertama, maka mereka lah yang akan menguasai pasar Anda.

Cobalah sekali-kali melakukan pencarian niche bisnis pada mesin pencarian Google di lokasi bisnis Anda. Apa yang Anda lihat pertama? Google snack packs, bukan? Apakah bisnis Anda masuk dalam daftar tersebut? Jika tidak, maka Anda harus menggunakan seo lokal untuk bersaing dengan bisnis lokal lainnya.

2. Menarik Pengunjung dan Potensial Pelanggan

Menggunakan SEO lokal ini berarti menarik pengunjung dan potensial pelanggan untuk mengunjungi bisnis lokal yang Anda miliki. Tapi, ini hanya berlaku jika Anda sudah berinvestasi dalam SEO lokal.

Sangat mustahil untuk mengharapkan pelanggan atau potensial pelanggan mengunjungi bisnis Anda dengan tiba-tiba. Sebenarnya mungkin saja jika mereka kebetulan melewati toko Anda, tapi, apakah kejadian seperti itu sering terjadi? Mungkin tidak.

Pengunjung belum mengetahui jenis bisnis apa yang ada di kota Anda. Bahkan jika Anda memiliki reputasi yang hebat dan basis pelanggan yang kuat, mereka tidak akan mengunjungi Anda hanya berdasarkan hal-hal itu.

Coba bayangkan jika ada penduduk baru di lokasi Anda dan mereka belum mengenal daerah tersebut. Mereka pasti akan mencari berbagai informasi seperti fasilitas umum dan bisnis lokal melalui mesin pencarian.

Momen inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memamerkan lokal bisnis Anda.

3. Membeli Barang Secara Langsung

Memang saat ini di Indonesia sudah banyak sekali marketplace online terpercaya, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lainnya. Harga dan produk yang mereka tawarkan sangat beragam. Bahkan, mereka sering sekali mengadakan promo dengan harga yang tidak wajar.

Meskipun mereka menawarkan produk yang beragam dengan harga yang sangat-sangat terjangkau, mereka tidak bisa menawarkan pengalaman kontak fisik dengan customer secara langsung.

Memang mereka memberikan fitur pesan supaya pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung dengan penjual. Namun, pelanggan tidak dapat mencoba dan menyentuh barang yang akan mereka beli.

Pengalaman tersebutlah yang sering dicari oleh orang-orang. Dengan begitu, mereka pasti akan lebih memiliki toko offline dibandingkan toko online. Selain itu, mereka yang sering berbelanja offline juga peduli dengan perekonomian lokal dan ingin berkontribusi untuk membantu UMKM lokal.

4. Pencarian Online Mendorong Penjualan

Apakah Anda pernah sedang berjalan-jalan dengan keluarga atau teman-teman dekat dan tiba-tiba ingin membeli makanan, atau membeli secangkir kopi, atau membeli papan seluncur? Jika ya, apa hal pertama yang Anda lakukan?

Pasti bertanya dengan teman dekat Anda atau mengeluarkan smartphone Anda untuk mencari toko lokal yang menyediakan kebutuhan Anda, bukan?

Ya, orang-orang pada umumnya sekarang akan selalu bertanya dengan Google. Google selalu bisa menjawab pertanyaan kita dengan cepat dan tepat. Bahkan, Google dapat menampilkan jarak toko tersebut dari posisi kita mencarinya.

Jadi itulah kenapa berinvestasi SEO lokal yang kuat dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda kepada calon pelanggan Anda.

5. Strategi Pemasaran Online yang Murah

Jika melihat dari sisi dananya, mengiklankan bisnis dengan SEO lokal terbilang sangat murah.

Memang Anda tetap akan mengeluarkan segelintir uang untuk berinvestasi dalam layanan SEO dan pemasaran digital. Namun, dengan strategi pemasaran digital yang baik, biaya yang Anda keluarkan akan memberikan hasil jangka panjang.

Jika website bisnis Anda memiliki SEO yang bagus, website Anda tidak akan hilang. Anda cuma perlu memperpanjang domain dan hosting website Anda, dan mempertahankan peringkat SEO website untuk terus berada di posisi teratas.

Jika kita membandingkannya dengan metode pemasaran lain seperti memasang baliho, menaruh iklan di koran atau radio, tentunya biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih besar. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan PPC atau pay per click, Anda juga harus mengeluarkan uang untuk berada di halaman depan.

Dengan SEO, biaya yang Anda keluarkan jauh lebih rendah daripada opsi pemasaran lainnya. Selain itu, hasil pemasaran yang Anda lakukan dengan SEO merupakan hasil organik.

Tips Optimasi SEO Lokal

Ada beberapa tips untuk mengoptimasi SEO lokal. Apa saja? Yuk, simak poin-poin di bawah ini:

1. Buat dan Optimasi Akun Google My Business

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat Google My Business. Akun Google My Business ini dapat meningkatkan visibilitas bisnis lokal Anda dengan membuatnya muncul di Google snack pack

Cara membuatnya sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi laman ini untuk membuat akun baru dan melengkapi data-data informasi bisnis Anda yang mereka minta. Namun, ada hal-hal penting lainnya yang harus Anda pastikan:

  • Kata Kunci

Saat menulis deskripsi bisnis jangan lupa menyertakan kata kunci utama bisnis Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis rumah makan padang, maka kata kunci utama bisnis Anda adalah “Rumah Makan Padang” atau “Rumah Makan Padang Terdekat.” 

Anda bisa menemukan kata kunci ini melalui alat SEO seperti Ahrefs, SEMRush, atau Ubersuggest. Ketiga tools SEO ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan waktu terbatas.

  • Pilih Kategori Bisnis

Kemudian, pilihlah kategori terbaik yang bisa Anda cantumkan untuk Google My Business atau sub-kategori.

  • Verifikasi Profil Bisnis

Terakhir, verifikasi profil bisnis Anda dengan memastikan bahwa nama, alamat, dan detail kontak bisnis Google My Business sudah sama seperti yang ada di website bisnis Anda.

2. Riset Kata Kunci

Sekarang, saatnya Anda melakukan riset kata kunci dengan menggunakan SEO Tools seperti SEMRush, Ahrefs, dan Ubersuggest. Alat ini dapat menunjukkan seberapa besar pencarian kata kunci lokal secara rinci.

Cobalah mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis yang Anda jalani dengan menggunakan alat ini. Kemudian, alat tersebut akan memberikan kata kunci yang relevan, perkiraan nilainya, dan persaingan kata kunci tersebut.

proses riset keyword untuk mencari seo lokal

Baca Juga: Cara Riset Keyword untuk Mendapatkan Pengunjung Banyak dan Tertarget

3. Kirim ke Direktori Bisnis Online

Setelah membuat akun Google My Business dan memilih kata kunci yang tepat untuk GMB Anda, sekarang Anda sudah masuk dalam langkah penting untuk optimasi SEO lokal, yaitu mengirimkan informasi GMB Anda yang sama ke direktori seperti TripAdvisor, IndoNetwork, Bisnis UKM, Bizfold, dan lain-lain.

4. Periksa Kesehatan Situs Bisnis

Memeriksa Kesehatan Situs Bisnis

Mungkin beberapa dari Anda sering mengabaikan hal-hal sepele seperti halaman yang rusak, tag judul yang hilang, dan tautan internal yang membingungkan. Meskipun terlihat sepele, ternyata kesehatan situs ini sangat penting untuk kita perhatikan karena dapat mempengaruhi penilaian Google terhadap website.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui kesehatan website? Anda bisa menggunakan alat audit website yang bisa Anda temukan di mesin pencarian dan menyalin link domain website Anda di sana untuk mendapatkan daftar kesalahan dan masalah yang ada pada situs bisnis Anda.

5. Website Mobile Friendly

Sekarang, hanya bermodal smartphone saja semua orang dapat menemukan informasi dan berita terkini dengan cepat. Begitu pula dengan pencarian bisnis lokal.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Uberall dengan lebih dari 1.000 pengguna smartphone di seluruh Amerika Serikat, terdapat 82% responden menggunakan smartphone untuk melakukan pencarian “Near Me.” Data ini membuktikan seberapa banyak pengguna yang mengandalkan smartphone untuk melakukan pencarian lokal.

Karena itu, pastikan website bisnis Anda sudah ramah pengguna mobile. Jika tampilan situs bisnis Anda terlihat berantakan oleh pengguna smartphone, mereka akan mengalami kesulitan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Lakukan test mobile-friendly situ Anda disini.

6. Optimalisasi On-Page SEO

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengoptimalisasi on-page SEO supaya memudahkan mesin pencari memahami isi konten website bisnis Anda. Semakin mudah dipahami, maka semakin mudah pula konten-konten yang Anda unggah muncul di laman pencarian.

Anda hanya perlu membuat konten dan mengoptimalisasikannya dengan menggunakan keyword ke meta tags, URL, Heading, Title, dan Meta description. Semakin lengkap, maka kemungkinan website Anda muncul dalam pencarian pertama dengan keyword yang relevan.

Domain authority adalah penilaian peringkat website pada mesin pencari. Sedangkan untuk Page Authority adalah penilaian yang memprediksi seberapa tinggi peringkat website pada mesin pencari.

Kedua hal ini sangat penting, karena selain relevansi kata kunci, authority  dan popularitas website memiliki dampak untuk menampilkan website pada hasil pencarian pertama dan teratas.

Cara mendapatkan link building:

  1. Kerjasama dengan Partner Bisnis

Biasanya, para marketers kerap menawarkan kerjasama ke berbagai website lokal atau industri terkait untuk menampilkan link website mereka pada link website partner bisnis mereka seperti “Bekerjasama dengan.”

  1. Online Publikasi

Cara kedua adalah publikasi. Cara ini biasanya sering dilakukan oleh PR (public relations) untuk mempromosikan produk baru atau berita terbaru dari perusahaan mereka. 

Biasanya, para PR ini sering bekerja sama dengan media-media besar seperti Kompas, Detikcom, CNBC Indonesia, dan lain-lain supaya perusahaan atau bisnis mereka dapat dimuat disana.

  1. Membuat Events atau Campaign

Cara kedua adalah membuat events atau campaign seperti membagikan hadiah untuk para bloggers yang menuliskan pengalaman berbelanja dengan mereka dengan syarat menautkan link website pada setiap artikel.

8. Ajak Pelanggan Menulis Ulasan

Ulasan menjadi peran penting dalam pencarian lokal dan peringkat Google Snack Packs Anda. Supaya bisnis Anda bisa berada di peringkat teratas, setidaknya Anda harus memiliki ulasan yang banyak dan positif.

Ulasan ini dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda. Semakin banyak pelanggan yang meninggalkan ulasan yang baik kepada bisnis Anda, maka semakin banyak pula calon pelanggan yang percaya dengan bisnis Anda dan menggunakan jasa atau membeli barang dari bisnis Anda.

Jadi, ajaklah pelanggan setia Anda untuk menuliskan ulasan positif untuk bisnis Anda. Anda bisa juga memberikan hadiah berupa diskon atau promosi khusus untuk mereka yang sudah menuliskan ulasan pada Google My Business Anda.

Terapkan Local SEO Sekarang Juga

Jadi itulah cara kerja SEO lokal dan tips optimasi local SEO untuk Anda. Jika Anda masih kurang paham dengan dunia SEO, Anda bisa mencoba belajar SEO lebih dalam. Semoga artikel ini membantu Anda, ya!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development