Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Lead Magnet: Pengertian, Jenis, dan Cara Menampilkan Lead Magnet

5 min read

Lead Magnet Pengertian, Jenis, dan Cara Menampilkan Lead Magnet

Penggunaan lead magnet adalah salah satu strategi email marketing dan digital marketing yang cukup efektif dan akan sering Anda jumpai. Bagi seorang marketer, hal ini merupakan hal biasa. Yang dilakukan adalah menarik pengunjung yang membaca dengan strategi ini. Ketahui disini yuk apa itu lead magnet, seperti apa fungsinya dan contoh – contohnya.

Apa Itu Lead Magnet?

Lead magnet adalah strategi untuk memberikan layanan atau produk gratis yang diberikan oleh pelaku marketing. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan email atau benefit lainnya bagi orang – orang.

Para marketer biasanya menggunakan timbal balik sebagai penawaran kepada audiens untuk memberikan sesuatu yang mereka miliki seperti data pribadi, email dan masih banyak lagi. 

Hal ini dilakukan karena melihat sekitar 70% dari pengunjung yang datang ke sebuah website tidak akan kembali lagi. Strategi ini adalah cara para marketer memaksimalkan tiap orang yang datang ke dalam website untuk berpikir dua kali untuk kembali lagi. Karena mendapatkan benefit dari Anda.

Para marketer menggunakan hal ini untuk membuat prospek penjualan. Marketer akan berusaha mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar produk atau layanannya, atau mereka mungkin memasarkan penawaran yang tidak terkait dengan prospek penjualan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lead magnet adalah strategi yang paling efektif ketika Anda hendak melakukan kegiatan marketing. Apa saja manfaatnya?

1. Untuk Mendapatkan Leads Lebih Banyak

Lead magnet adalah strategi yang memiliki manfaat bagi Anda yang merupakan seorang lead generation. Sebelum itu ketahui apa itu leads, leads adalah orang – orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa Anda. Mereka akan secara sukarela memberikan data diri mereka demi mendapatkan update info dan juga menunggu konten – konten Anda.

Untuk menarik leads, lead magnet adalah strategi yang tidak bisa dibuat asal – asalan. Anda harus membuatnya menjadi semenarik mungkin yang akan membuat orang – orang melihatnya dan berfikiran bahwa hal ini memiliki value

Dengan merencanakan dengan matang, apa yang Anda harapkan bisa tercapai dengan sempurna. Carilah referensi sebanyak – banyaknya untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari lead magnet.

2. Untuk Membangun Daftar Email 

Manfaat utama dari lead magnet adalah memudahkan Anda untuk membangun daftar email list Anda. Data tersebut akan berharga bagi sebuah perusahaan. Email list merupakan hal penting dan harus Anda miliki. Karena disanalah keajaiban akan terjadi. Anda akan nurture para leads menjadi klien atau subscriber Anda.

Setelah Anda memiliki hal tersebut, Anda bisa memulai mengirimkan pesan melalui email. Pesan yang dikirimkan ini akan terkirim kepada email list yang Anda dapatkan tadi. Pesan yang dikirimkan juga adalah pesan yang strategis dan dipikirkan dengan baik yang membangun dan menjalin hubungan dan mendapatkan kepercayaan dengan audiens Anda.

Semua orang yang sudah menjadi email list Anda pasti akan tertarik untuk mengikuti konten Anda. Lead magnet adalah awal dari segalanya. Jika mereka sudah melihat lead magnet yang Anda berikan, mereka akan percaya kepada apapun yang Anda bahas di dalam konten Anda.

Dalam nurturing user ini Anda perlu berhati-hati dan tahu akan timing. Teruslah mengirimkan email berisi informasi dan edukasi yang bernilai bagi penerimanya sebelum Anda melakukan penjualan produk atau jasa Anda.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda mencari cara untuk membangun kepercayaan dari para audiens, lead magnet adalah jawabannya. Ketika Anda belum memiliki kepercayaan sama sekali untuk menjual produk atau jasa, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menyusun lead magnet.

Dengan adanya lead magnet, audiens akan memulai memperhatikan Anda. Cara berpikir mereka berubah, melihat Anda memberikan benefit bagi mereka.

Lead magnet adalah sesuatu yang akan mempermudah kegiatan marketing Anda. Menunjukkan kepada calon pelanggan Anda bahwa Anda tidak hanya berusaha melakukan penjualan yang sulit. Ini mengkomunikasikan bahwa Anda tertarik untuk memberi mereka value, dan tidak hanya mengambil uang mereka. 

Ini adalah cara yang bagus bagi Anda untuk memberikan keahlian Anda, membuktikan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dan bahwa Anda benar-benar tahu bagaimana cara membantu mereka. Ini juga mengkomunikasikan bahwa Anda adalah figur otoritas di industri Anda.

Selain manfaat yang jelas dari menghasilkan prospek, manfaat besar lainnya dari lead magnet adalah mereka memungkinkan Anda mengirim komunikasi email ke opt-in. Mungkin perlu beberapa kerja keras untuk memulai, tetapi itu sepadan untuk keuntungan jangka panjang.

Lead magnet adalah strategi yang akan memberikan banyak keuntungan dan dampak baik. Lalu setelah mengetahui manfaatnya, Anda akan penasaran tentang jenis – jenisnya. Jangan khawatir, kita akan membahasnya disini. Jadi, apa saja sih jenis – jenis lead magnet?

Jenis – Jenis Lead Magnet

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa kunci dari berhasilnya lead magnet adalah memberikan konten atau benefit yang menguntungkan bagi orang yang melihatnya. Berikut ini adalah jenis – jenisnya.

1. Ebook

Anda bisa memberikan Ebook sebagai benefit ketika seseorang ingin memberikan sesuatu kepada Anda. Kembali lagi pada titik awal bahwa lead magnet adalah memberikan sesuatu yang menguntungkan bagi audiens.

Ebook ini sedikit tricky karena Anda harus meyakinkan banyak audiens jika ebook tersebut mampu memberikan sebuah value atau memecahkan masalah dari pembacanya. Jenis ini masih efektif dan juga masih dipakai hingga saat ini. Terlepas dari itu kamu harus berhati – hati dalam memilih topik dalam ebook ini.

2. Voucher Diskon

Siapa yang tidak bergejolak ketika mendengar kata diskon? Mungkin Anda menjadi orang yang merugi ketika ada kesempatan mendapatkan diskon namun Anda enggan mengambilnya. 

Ketika Anda memberikan voucher diskon, psikologi manusia akan memberikan apa saja untuk mendapatkan voucher diskon tersebut. Anda bisa menempelkan voucher diskon ini di dalam website Anda atau di dalam email yang Anda kirimkan kepada audiens.

3. Webinar

Salah satu jenis yang paling berpengaruh dari lead magnet adalah webinar. Webinar memungkinkan Anda membangun hubungan dengan pelanggan, dan mereka menawarkan banyak value. Mampu menonton presentasi dari seorang ahli secara real time dan bahkan berpotensi mengajukan pertanyaan kepada mereka sangat besar, dan biasanya membangun hubungan baik. 

Anda bahkan dapat meminta pakar lain datang ke webinar Anda untuk paparan lebih lanjut. Semua ini hanya dengan mengharuskan pengguna mendaftar dengan alamat email dan nama mereka agar dapat berpartisipasi.

Pastikan webinar Anda lebih bermanfaat daripada promosi. Tidak ada yang suka mengikuti webinar untuk belajar, hanya untuk dijual selama satu jam.

Dari webinar tersebut Anda dapat memiliki konten turunan yang bisa Anda gunakan kembali. Anda dapat berinteraksi langsung dengan audiens Anda dan menjawab pertanyaan secara langsung, menunjukkan otoritas Anda. Anda juga akan tau preferensi dari audiens Anda.

Setelah webinar selesai, Anda dapat menyimpan rekaman dan menggunakannya sebagai lead magnet atau membagikannya di media sosial untuk brand awareness.

Itulah beberapa jenis dari lead magnet. Ketika sudah mengetahui apa itu lead magnet dan juga jenisnya mungkin pertanyaan di kepala Anda akan berkembang menjadi, bagaimana caranya?

Ini adalah sesuatu yang bisa Anda pasangkan dimana saja. Berikut ini adalah cara dan tempat dimana Anda bisa menampilkan lead magnet untuk menarik lebih banyak audiens, leads dan subscriber.

Cara Menampilkan Lead Magnet

Ada beberapa cara untuk menampilkan lead magnet supaya bisa mendapatkan banyak kontak leads Anda. Berikut beberapa cara menampilkannya:

1. Pop Up Form

Hal yang paling penting dari lead magnet adalah konten. Meskipun konten adalah hal penting, Anda juga harus mempertimbangkan cara membuatnya semenarik mungkin, sehingga dapat dikonversi. 

Pasar sudah jenuh dengan format yang serupa. Untuk menonjol, penting untuk merancang cara – cara inovatif untuk melihat sebuah peluang. Ini membantu dalam meningkatkan user experience juga.

Anda bisa menggunakan pop up form, yang mana akan muncul ketika audiens membuka sebuah website. Form tersebut akan meminta data – data audiens seperti nama, email dan lainnya. Namun hal ini harus dilakukan dengan hal yang menarik, seperti menambahkan visual yang unik atau diskon sehingga audiens mau mengisi form tersebut.

2. Form dalam Artikel

Seperti yang sudah kita bahas, faktor paling penting dari lead magnet adalah konten. Konten yang menarik yang akan menggugah seseorang untuk memberikan data – datanya secara cuma – cuma. Salah satu yang cara yang bisa menjadi lead magnet adalah artikel. 

Dengan artikel yang menarik dan tentu saja memberikan value bagi audiens Anda bisa menaruh form disana. Apa tujuannya? Ketika audiens membaca sebuah artikel yang menarik, biasanya mereka ingin mengikuti update dari Anda. 

Saat ketertarikan sudah Anda ambil maka Anda dapat memasangkan form pada artikel Anda. Hal ini dilakukan untuk collect data dari audiens Anda. Yang mana pastinya bisa Anda menjadi berharga di kemudian hari.

3. Landing Page

Lead magnet adalah strategi yang berguna untuk meningkatkan konversi dan sales juga. Ujung tombak untuk mengubah audiens menjadi orang yang akan berlangganan ada di landing page. 

Landing page berbeda dari halaman web lain karena melayani satu tujuan yang sangat spesifik. Untuk mengubah pengunjung menjadi prospek atau penjualan. Setiap halaman biasanya berisi formulir yang meminta informasi kontak pengunjung seperti alamat email sebagai imbalan untuk sesuatu yang berharga misalnya ada penawaran – penawaran menarik dalam landing page.

Buat Lead Magnet Sekarang Juga!

Jika Anda melihat perjalanan pelanggan Anda, Anda akan menemukan bahwa kebanyakan orang tidak melakukan pembelian saat pertama kali mengunjungi situs Anda. Terutama di B2B. Sebaliknya, Anda harus membuat banyak titik kontak dan membangun hubungan dengan orang-orang sebelum mereka menjadi pelanggan.

Kesulitannya adalah, begitu seseorang meninggalkan situs web Anda, Anda tidak dapat menghubungi mereka kecuali Anda memiliki alamat email mereka. Inilah sebabnya mengapa pemasaran email sangat berguna, tetapi ada masalah. 

Dengan begitu banyak spam di luar sana, orang-orang benar-benar berhati-hati dalam memberikan detail kontak mereka, jadi Anda harus bekerja keras untuk meyakinkan mereka bahwa ada nilai dalam memberikan alamat email mereka kepada Anda. Lead magnet adalah cara yang bagus untuk melakukan ini dan untuk mulai membangun kepercayaan.

Konten berkualitas tinggi adalah cara yang bagus untuk melakukan ini, tetapi terkadang Anda harus melangkah lebih jauh. Itu berarti mendapatkan detail kontak orang dan memanfaatkan strategi marketing sebaik-baiknya.Itulah yang harus Anda cari tahu.

Dengan menawarkan audiens target Anda sesuatu yang benar-benar mereka inginkan. Lead magnet adalah hal yang akan menjadi imbalan atas alamat email mereka, ada kemungkinan besar Anda akan membuat daftar Anda lebih cepat dan meningkatkan tingkat konversi Anda lebih cepat dari yang Anda kira.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development