Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

12 Contoh Profil Perusahaan yang Bisa Dijadikan Inspirasi

4 min read

Pengertian dan 12 Contoh Profil Perusahaan yang Menarik

Company profile merupakan informasi dasar lengkap yang menjelaskan suatu perusahaan. Informasi perusahaan ini dikemas dengan menarik agar mendapatkan perhatian dari konsumen dan investor. Agar lebih memahami apa itu company profile, maka silahkan simak contoh profil perusahaan berikut ini!

Apa Itu Profil Perusahaan?

Company profile merupakan uraian lengkap dari beberapa komponen yang menjelaskan tentang sebuah perusahaan. Isi dari company profile ini mulai dari visi misi, ruang lingkup perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, hingga sejarah berdirinya perusahaan tersebut.

Beberapa komponen tersebut memiliki peranan yang penting untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, adanya profil perusahaan yang lengkap juga bisa meningkatkan brand awareness. Karena itu, bagi Anda yang memiliki perusahaan sangatlah penting untuk menyertakan company profile pada website resmi.

Contoh profil perusahaan yang baik adalah yang memiliki penjelasan visi misi. Selain itu, adanya penjelasan mengenai keunggulan juga sangat penting. Karena hal tersebut menjadi aspek untuk menarik perhatian para investor. Sehingga mereka bersedia menanamkan modalnya untuk perusahaan Anda.

Mengapa Perusahaan Perlu Memiliki Profil?

Selain menggambarkan bisnis dengan tepat, company profile juga memiliki beberapa manfaat. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengapa membuat company profile sangat penting:

1. Menciptakan Brand Story

Dalam company profile, Anda bisa menceritakan sejarah berdirinya perusahaan, hingga pencapaian apa saja yang sudah berhasil diraih. Cara ini sangat penting dilakukan untuk menjalin koneksi dengan banyak klien.

Lewat gambaran umum mengenai perusahaan Anda melalui profil perusahaan. Maka, Anda bisa membuka peluang agar perusahaan lebih menonjol dan berkembang menjadi usaha berskala besar di masa mendatang.

2. Membangun Reputasi Perusahaan

Company profile tidak hanya bisa Anda gunakan untuk menciptakan brand story saja, melainkan juga bisa membangun reputasi perusahaan menjadi lebih positif. 

Reputasi ini tentunya akan sangat penting untuk meyakinkan investor agar mau menanamkan modalnya pada perusahaan Anda. Selain itu, reputasi ini juga bermanfaat untuk membuat konsumen percaya dan bersedia menggunakan produk maupun jasa yang perusahaan Anda tawarkan.

3. Mempromosikan Brand

Umumnya, pebisnis akan menggunakan contoh profil perusahaan untuk mempromosikan brand kepada konsumen. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang aware pada brand perusahaan. 

Tentu saja, hal ini akan membantu calon pelanggan untuk bisa mengenal perusahaan Anda dengan lebih baik. Jadi, dengan adanya company profile, konsumen lebih mudah mengingat brand dan Anda bisa menjangkau konsumen yang sesuai.

4. Memberikan Gambaran Produk

Adanya company profile ini tentunya bisa menguntungkan perusahaan Anda. Sebab, company profile memungkinkan perusahaan untuk memberikan dan menawarkan produk atau jasa pada konsumen dengan cara yang lebih mudah. Sehingga mereka akan bisa memahami perusahaan lebih baik.

Baca Juga: Contoh Website Company Profile untuk Inspirasi

12 Contoh Profil Perusahaan Singkat

Jika Anda sudah mengetahui apa pentingnya company profile untuk sebuah perusahaan. Maka, Anda perlu mengetahui juga beberapa contoh profil perusahaan singkat berikut ini untuk mendapat gambaran lebih jelas:

1. Tokopedia

Contoh pertama adalah dari Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan besar Indonesia yang memiliki company profile paling unik. 

Ketika Anda mengunjungi website resminya dan memilih menu “about” atau “Tentang Kami”. Maka, Anda akan menemukan tampilan situs yang sangat lengkap. Karena akan muncul kisah dan perjalanan Tokopedia mulai dari tulisan hingga video.

2. Unilever

Contoh profil perusahaan PT yang bisa menjadi inspirasi berasal dari Unilever. Jika mengakses website resmi milik Unilever Indonesia, maka Anda akan menemukan company profile yang disampaikan secara storytelling. Di mana mereka mengombinasikan kombinasi tulisan, infografis, dan ilustrasi.

3. Nike

Nike berusaha untuk menekankan bahwa perusahaannya merupakan brand inklusif. Ini dijelaskan melalui company profile yang ada pada website resminya. Di mana mereka menampilkan misi perusahaan dalam kalimat yang singkat. 

Selain itu, misi perusahaan ini juga ditampilkan dengan latar belakang video yang menggambarkan pelanggan yang menggunakan produknya. Pada halaman tersebut tertulis bahwa Nike ingin menginspirasi dan memberikan inovasi kepada semua atlet dunia. 

Atlet tersebut tidak hanya terbatas pada olahragawan saja, melainkan semua orang yang memiliki kesadaran terhadap tubuhnya. Nike juga ingin membuat para pelanggannya merasa menjadi bagian dari komunitasnya ketika sedang menggunakan salah satu produk Nike. 

4. LGS Law Firm

Contoh profil perusahaan selanjutnya adalah milik LGS Law Film. Website ini berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang hukum. LGS Law Film sendiri merupakan sebuah badan hukum yang berlokasi di Jakarta. 

Company profile milik perusahaan ini memiliki kesan yang sederhana, sekaligus profesional. Mereka memberikan penjelasan mengenai pencapaian hingga ruang lingkup perusahaan secara lengkap untuk setiap pengunjung web.

5. Google

Contoh profil selanjutnya adalah Google. Google memiliki company profile yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai referensi. Meskipun termasuk salah satu bagian dari lima perusahaan raksasa dalam bidang teknologi dunia. Namun, Google justru menampilkan company profile yang sederhana dan bermakna dalam.

6. BCA

Jika ingin melihat contoh profil perusahaan PT dengan kesan profesional, Anda bisa mengunjungi website BCA. Lewat tampilan situs yang modern, BCA memberikan informasi lengkap mengenai perusahaan. Informasi tersebut meliputi visi misi, sejarah, penghargaan, hingga CSR.

7. Starbucks

Contoh company profile yang bisa Anda jadikan sebagai referensi lainnya adalah Starbucks. Company profile milik Starbucks ini sangatlah lengkap. Mulai dari misi perusahaan, latar belakang, produk yang ditawarkan, hingga cerita rakyat mengenai nama Starbucks itu sendiri.

Pihak pengembang berhasil membuat nama brand tersebut terdengar megah dan otentik. Starbucks juga sudah berhasil menonjolkan brand dari persaingan dagang. Hal tersebut bisa dilihat dari misi dan nilai-nilai yang terkandung dalam profil perusahaannya. 

8. Tesla

Company profile milik Tesla juga terlihat sangat sederhana. Jika tidak memperhatikan situs resminya, mungkin Anda tidak akan percaya bahwa company profile tersebut adalah milik brand besar dan ternama.

Meski begitu, misi zero emission yang diceritakan dalam company profile tersebut cukup mendalam. Ini juga sangat sesuai dengan tujuan besar dari produksi Tesla itu sendiri.

9. Gojek

Contoh profil perusahaan selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah Gojek. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bentuk dari company profile tidak hanya bisa dilihat dari tulisannya saja, melainkan juga bisa berbentuk video.

Nah, contoh company profile populer yang berbentuk video berasal dari Gojek. Dalam profil perusahaan PT Karya Anak Bangsa ini, Gojek ingin memberikan solusi atas masalah yang sering dialami para pengendara mobil dan motor, yakni kemacetan.

10. Nestle

Ternyata, perusahaan Nestle juga memiliki company profile yang sangat menarik. Karena korporasi multi internasional asal Swiss ini tidak pernah menonjolkan aspek visual pada company profilenya. Ini terlihat dari rincian informasi yang ditampilkan pada halaman menu “About Us”.

11. Philips

Contoh profil perusahaan dari Philips merupakan salah satu yang paling mencolok secara visual. Meskipun situsnya terlihat sederhana dengan dominan warna putih, foto dan font besar yang Philips gunakan membuat profil perusahaan terlihat menonjol. Philips juga menggunakan video sebagai background yang menarik.

12. Makinrajin

Profil perusahaan yang tak kalah menarik dan bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah milik Makinrajin. Makinrajin merupakan sebuah website layanan digital marketing yang terpercaya. Tampilan dari websitenya sendiri akan membuat pengunjung mudah menemukan informasi yang diinginkan. 

Website Makinrajin juga mampu menunjukkan bahwa mereka ini merupakan digital marketing agency yang sangat profesional. Karena meskipun simpel, informasinya yang mereka cantumkan sangat lengkap dan terstruktur.

Sudahkah Anda Memiliki Profil Perusahaan yang Menarik?

Itulah pengertian dan contoh profil perusahaan yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Intinya, company profile sebaiknya dapat mewakili nilai-nilai dari perusahaan Anda. Semakin bagus dan menarik profil perusahaan, maka semakin tinggi pula value perusahaan Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development