Alexandromeo “If I had six hours to chop down a tree, I'd spend the first four hours sharpening the axe.”, - Abraham Lincoln

Apa itu CPA Marketing? Kelebihan, Cara Kerja dan Tips Memulainya

4 min read

Apa itu CPA Marketing Kelebihan, Cara Kerja dan Tips Memulainya

Jika Anda sudah memiliki sebuah website bisnis dengan jumlah kunjungan yang cukup tinggi, maka Anda dapat memanfaatkan strategi selanjutnya untuk meningkatkan keuntungan dari website bisnis Anda. Strategi tersebut bernama CPA marketing. 

CPA atau Cost per Action adalah strategi marketing yang hampir serupa dengan affiliate marketing. Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan strategi tersebut maka Anda akan mendapatkan imbalan apabila ada suatu action yang dilakukan oleh pengunjung website Anda.

Untuk lebih mengenal mengenai strategi tersebut, simaklah beberapa informasinya berikut ini, mulai dari pengertian, kelebihan, cara kerja, sampai dengan tips memulai CPA marketing berikut ini. 

Apa Itu CPA Marketing

CPA marketing adalah strategi pemasaran digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi berdasarkan action atau tindakan yang dilakukan oleh user atau pengunjung dalam sebuah website atau leads. CPA marketing juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak karena menggunakan sistem Pay per Leads (PPL)

Action atau tindakan yang dimaksud dalam CPA marketing itu juga cukup beragam, bisa mulai dari mengisi form, install, download, mencantumkan email, sampai dengan melakukan pembelian pada sebuah landing page product.

Keuntungan atau komisi yang bisa Anda dapatkan biasanya berbeda-beda tergantung dari action yang dilakukan oleh pengunjung website dan juga platform yang Anda gunakan. Biasanya besaran komisi yang akan Anda terima adalah berkisaran antara 1% sampai dengan 10% dari sebuah harga product.

Kalau Anda sudah mengenal atau familiar dengan affiliate marketing, maka Anda tentunya juga akan lebih mudah untuk mengenal CPA marketing. Affiliate marketing dan juga CPA marketing sama-sama akan bisa memberikan Anda komisi atau keuntungan. 

Perbedaannya terletak pada besaran komisi atau keuntungan yang akan Anda terima. Keuntungan dari strategi tersebut memang lebih kecil, tapi tentunya strategi ini juga memiliki keuntungannya tersendiri. 

Keuntungan dari strategi tersebut adalah besar peluang untuk mendapatkan komisi akan lebih besar Jika membandingkannya dengan affiliate marketing. Hal tersebut karena tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk meminta seseorang melakukan sebuah action atau tindakan dibandingkan untuk membeli sebuah produk. Hal tersebut juga akan semakin mudah apabila website tersebut sudah memiliki traffic atau jumlah kunjungan yang cukup tinggi.

Untuk mempermudah Anda lebih mengenal strategi tersebut berikut adalah penggambarannya. Jika Anda sudah memiliki sebuah website yang memiliki jumlah kunjungan atau traffic yang cukup tinggi, maka ketika orang yang melakukan click pada iklan yang ada pada website Anda, dan setelahnya melakukan sebuah action yang telah ditentukan sebelumnya, maka Anda akan mendapatkan keuntungan atau komisi dari action tersebut sebesar 1% sampai dengan 10%.

Kelebihan CPA Marketing

Strategi CPA marketing sering menjadi salah satu itu pilihan bagi banyak orang atau pihak untuk melakukan promosi dan meningkatkan kesuksesan dari promosi yang sedang mereka jalankan. Hal tersebut tidak lain karena strategi tersebut memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari strategi tersebut.

1. Mudah untuk Dijalankan

Kelebihan CPA marketing yang pertama adalah mudah untuk dijalankan. Anda hanya perlu memiliki sebuah website yang masih aktif dan juga memiliki jumlah kunjungan yang cukup lalu mendaftarkan diri di cpa Network. 

Selanjutnya Anda akan dibimbing oleh seorang Affiliate Manager dan mulai untuk mempromosikan sebuah promo di website Anda. Dengan semakin meningkatnya traffic atau jumlah kunjungan website Anda, tentunya Anda akan mendapatkan komisi atau keuntungan yang lebih banyak.

2. Minimal Modal

Kelebihan strategi CPA marketing yang kedua adalah minimnya modal yang perlu Anda keluarkan. Anda hanya perlu memiliki sebuah website dengan jumlah traffic atau kunjungan dan mendaftarkan diri sebagai publisher atau pihak yang akan mempromosikan suatu promo di CPA Network. Bahkan untuk bisa mendaftarkan diri di CPA Network ini, Anda tidak akan dikenakan biaya.

3. Peluang Keuntungan yang Besar

Kelebihan strategi CPA marketing yang selanjutnya adalah besarnya peluang keuntungan atau komisi yang bisa Anda dapatkan. Komisi atau keuntungan yang akan Anda terima juga beragam, tergantung dari jenis action yang dilakukan. 

Anda dapat membayangkan jika website Anda memiliki 1000 kunjungan setiap harinya. Jika setiap action Anda mendapatkan komisi atau keuntungan Rp1.000,-, maka Anda bisa mendapatkan Rp3.000.000,- dalam 30 hari atau 1 bulan.

4. Jam Kerja yang Fleksibel

Kelebihan strategi CPA marketing yang terakhir adalah jam kerja yang fleksibel. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya Anda untuk meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan ke dalam website Anda.

Anda dapat melakukannya kapanpun Anda mau dan tidak terikat pada sebuah aturan jam kerja. Hal yang paling terpenting adalah Anda berhasil untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke dalam website Anda.

Cara Kerja CPA Marketing

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu CPA marketing dan juga kelebihannya, informasi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara kerja dari strategi tersebut. Secara umum strategi tersebut bisa dikatakan hampir mirip dengan program affiliate marketing. 

Hal tersebut karena memang strategi tersebut merupakan turunan dari affiliate marketing. Untuk lebih mendapatkan gambaran dari strategi tersebut simak penjelasannya berikut ini.

Jika Anda sudah memiliki sebuah website yang memiliki jumlah traffic atau kunjungan yang cukup tinggi maka Anda dapat mendaftarkan diri sebagai publisher atau pihak yang akan mempromosikan iklan dari advertiser atau pihak yang menjalankan strategi tersebut pada suatu CPA Network.

Jika pengunjung melakukan action yang telah disepakati sebelumnya maka Anda akan mendapatkan komisi atau keuntungan dari action tersebut. Sebagai contoh apabila Anda memiliki sebuah website yang fokus pada industri Travel.

Ketika Anda sudah mendaftarkan pada sebuah CPA Network, nantinya akan ada perusahaan atau website lainnya yang bergerak di bidang travel yang akan menghubungimu karena mereka membutuhkan bantuan untuk memasarkan promosi. 

Perusahaan yang sedang melakukan promosi tersebut akan mencarimu pada CPA Network dan memilih Anda karena Anda sesuai dengan bisnis dan promosi yang sedang mereka jalankan.

Tips Memulai CPA Marketing

Agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis CPA marketing ini dan meningkatkan penghasilan Anda, ada beberapa tips memulai strategi tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai CPA marketing untuk Anda.

1. Memilih CPA Network yang Tepat

Tips yang pertama adalah memilih CPA Network yang tepat. Seperti yang telah Anda ketahui, CPA Network adalah sebuah tempat yang akan membantu Anda bertemu dengan pihak-pihak yang membutuhkan atau menjalan strategi tersebut. 

Saat ini ada banyak sekali CPA Network yang dapat Anda manfaatkan. Perlu menjadi catatan Anda, bahwa ada juga beberapa CPA Network yang tidak akan menerima seorang pemula. Sangat penting bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu review dari CPA Network tersebut agar dapat menggunakan CPA Network tersebut.

Ada juga beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan dan perhatikan ketika memilih sebuah CPA Network. Beberapa hal tersebut adalah seperti kebijakan pembayaran komisi, reputasi Affiliate Manager, sampai dengan syarat pendaftaran yang perlu Anda perhatikan.

2. Tingkatkan Website Anda

Tips yang kedua adalah meningkatkan website Anda. Website merupakan syarat utama untuk mulai menjalankan bisnis CPA marketing. Karena hal tersebut sangat penting bagi Anda untuk terus meningkatkan website Anda. Tingkatkan terus traffic atau jumlah kunjungan website Anda.

Dengan semakin banyaknya traffic atau jumlah kunjungan website Anda, tentunya akan semakin banyak juga komisi atau keuntungan yang akan Anda terima nantinya dari strategi atau bisnis ini.

Tertarik Menjalankan CPA Marketing?

Itulah beberapa informasi penting tentang CPA marketing. Mulai dari pengertian, kelebihan, cara kerja dan juga tips pentingnya, apakah Anda tertarik untuk memulai bisni CPA marketing ini dan meningkatkan pendapatan Anda? Selamat mencoba!

Alexandromeo “If I had six hours to chop down a tree, I'd spend the first four hours sharpening the axe.”, - Abraham Lincoln