Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu CPC? Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Mengoptimasinya

3 min read

CPC Adalah - Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Mengoptimasinya

Sekarang ini internet menjadi tempat yang bisa kita explore dan gunakan serta bukan hanya mencari informasi tetapi juga keuntungan. Pastinya Anda pernah dengan dengan kata CPC. CPC adalah cara yang nantinya sebuah perusahaan ingin mengiklankan produknya dan menjalin relasi dengan pemilik situs tertentu.

Apa Itu CPC?

CPC atau Cost per Click merupakan istilah dari jumlah yang pengiklan bayarkan kepada pemilik situs berdasarkan berapa orang mengklik iklan. Kemudian akan mempermudah pengguna untuk menghitung nominal keseluruhan. Lalu dapat melihat keseluruhan jumlah tersebut di Google Display Network, search engine, dll.

Cara Kerja CPC

Selanjutnya cara kerja dari CPC atau Cost per Click secara umum terdapat dua hal yang membedakannya. Pertama adalah pembeda tersebut yaitu biaya tetap per klik ( fixed priced per click). Kedua yaitu biaya per klik berdasarkan penawaran ( price per click based on bidding ). 

Untuk yang fixed priced per click, pihak pengiklan akan langsung berdiskusi membahas harga tetap setiap iklan yang pengunjung klik. Sehingga kedua belah pihak dapat menentukan bagaimana harga yang cocok dan tepat bagi keuntungan mereka. Namun hal tersebut berbeda dengan price per click based on bidding.

Penggunaan based on bidding ini ternyata lebih banyak pengguna lakukan. Nantinya pihak pengiklan akan memberikan harga yang sudah mereka tentukan pada setiap klik nya. Biasa yang menjadi tolak ukur pengiklan yaitu seberapa besar nilai kualitas  sebuah landing page maka hal itu menentukan jumlah iklan yang pengunjung lihat.

Secara umumnya, cara kerja dari CPC adalah ketika sebuah iklan yang muncul di halaman situs maka akan melakukan penyaringan. Kemudian akan memunculkan iklan yang sudah lulus seleksi berdasarkan kualitasnya. Tidak hanya itu tetapi juga memiliki harga yang tertinggi dari pada pengiklan lainnya. 

Anda ketika melakukan pencarian di Google biasanya akan muncul iklan yang sesuai dengan keyword. Kemudian dengan hal tersebut bisa Anda manfaatkan iklan seperti itu sebagai search engine marketing

Lalu misalkan Anda memasang iklan dan melihatnya tidak perlu khawatir untuk harus membayarnya. Perhitungan akan terjadi jika Anda mengklik iklan tersebut atau membukanya. Banyak perusahaan yang menggunakan cara pengiklanan seperti ini karena akan menghemat pengeluaran dalam promosi produk.

Cara Menghitung CPC

Kemudian untuk cara menghitung CPC tidaklah sulit. Anda tentunya harus memahami dahulu bagaimana menghitungnya agar tidak salah nantinya. Cara menghitung CPC adalah sebagai berikut:

  • Total Biaya Iklan : Total Klik

Namun untuk mempermudah Anda memahaminya, kita misalkan saja sebuah perusahaan yang mengiklankan produknya di situs tertentu. Situs tertentu tersebut tentunya tidak hanya satu tetapi beberapa yang lainnya.

Mereka memberikan satu iklan dengan harga Rp4.000.000 dan memasang iklan tersebut di situs Anda. Kemudian dalam waktu tertentu sudah mendapatkan 500 klik dari pengunjung situs tersebut. Maka nantinya Rp4.000.000 : 500 yaitu Rp8.000, yang akan Anda terima.

Cara Mengoptimasi CPC

Berikutnya yaitu cara mengoptimasi CPC dengan efektif dan tepat tentunya. Sehingga hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal. Caranya, yaitu :

1. Buatlah Landing Page yang Sesuai

Untuk yang pertama yaitu dengan membuat landing page yang sesuai atau tepat. Dengan cara seperti itu nantinya akan memaksimalkan CPC pada iklan Anda. Landing page adalah suatu interface halaman yang muncul ketika seseorang mengklik iklan pada sebuah situs. 

Namun Anda perlu memperhatikan rancangan landing page untuk sebuah perusahaan, jadi tidak bisa sembarangan. Adanya rancangan yang sesuai maka harapannya dapat menaikan jumlah audiens. 

Kemudian sebelum merancang landing page, terdapat beberapa komponen yang perlu Anda pahami. Setiap komponen ini sangat penting dan harus Anda maksimalkan dalam membuatnya nanti. Komponen tersebut, yaitu :

a. Desain Brand Lebih Konsisten

Buatlah landing page yang tidak berlebihan atau sederhana saja. Orang – orang akan lebih tertarik dengan tampilan antara muka yang simple dan tidak membingungkan ketika pertama melihat. Dengan tampilan yang Anda buat seperti itu maka seiring waktu akan membuat audiens memiliki kepercayaan kepada Anda. 

b. Buat Headline yang Menarik

Selanjutnya yaitu dengan membuat headline yang dapat menarik para audiens di luar sana. Biasanya orang – orang mengklik sebuah iklan pada situs tertentu dan mereka melihat pertama kali judulnya. Maka dari itu Anda harus memikirkannya secara matang dalam membuat headline dan juga sesuai dengan kata kunci iklan. 

c. Membuat Copy yang Tepat

Untuk berikutnya yaitu Anda harus membuat copywriting secara ringkas dan padat mengenai informasi penting produk Anda. Orang – orang kebanyakan tidak suka dengan informasi yang terlalu panjang dan tidak langsung ke intinya. Jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut maka kedepannya CPC iklan Anda bisa tidak optimal.

d. Buat Tombol Call to Action

Anda nantinya membuat tombol call to action pada landing page tersebut. Dengan adanya tombol tersebut, para audiens dapat tertarik untuk mengklik nya. Maksimalkan dalam pembuatan tombol call to action dan pastikan tampilannya bisa menarik bagi audiens. 

2. Buat Ad Copy Semenarik Mungkin

Dalam mengoptimalkan CPC iklan Anda bisa dengan membuat Ad Copy yang menarik para audiens. Sebelum membuatnya, terdapat tiga hal yang perlu Anda perhatikan dengan benar. Tiga hal tersebut yaitu fitur di dalamnya, manfaatnya, dan untuk mengajak para pengunjung bergerak atau bertindak nantinya.

Anda ketika membuatnya dapat menggunakan beberapa hal seperti kata kerja aktif, hindari pengulangan kata yang ada, dan gunakan kalimat persuasi. Setiap hal tersebut penting untuk Anda terapkan karena kedepannya dapat mempengaruhi CTR ( Click Through Rate ). 

CTR itu sendiri nantinya akan memberikan hasil yang dapat Anda lihat sehingga dapat menjadikannya bahan evaluasi. Semakin bagus CTR yang terlihat maka bisa menyebutnya bahwa CPC iklan Anda efektif. Jika kurang bagus maka harus mencari cara dalam menanganinya.

Sudah Paham Dengan CPC?

Dengan demikian, perkembangan dunia digital memungkinkan setiap perusahaan besar mudah dalam memasarkan produknya. Kemudian melihat banyaknya orang yang aktif menggunakan internet seperti mencari informasi di sebuah website. Salah satu cara mempromosikannya dengan memasang iklan pada sebuah situs tertentu.

Namun memasang iklan di sebuah situs tidaklah gratis dan tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan. Lalu biaya tersebut bisa menetapkannya sendiri atau berunding dengan pemilik sebuah situs. Nantinya Anda yang ingin memasang iklan tersebut harus memahami informasi – informasi mengenai Cost per Click.  

Kemudian untuk memaksimalkan CPC iklan Anda adalah dengan cara membuat landing page yang tepat. Tidak hanya itu saja, bisa dengan membuat Ad Copy yang dapat menarik audiens. Cara – cara tersebut tidaklah sulit untuk Anda lakukan asalkan tahu bagaimana langkah yang harus Anda lakukan. 

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development