Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Duplicate Meta Descriptions: Penyebab dan Cara Mengatasinya

3 min read

Duplicate Meta Descriptions: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Duplicate meta descriptions adalah salah satu isu SEO yang cukup fatal untuk sebuah website. Pasalnya, bukan hanya memberikan pengalaman buruk kepada pengunjung, namun isu ini juga dapat menyebabkan penurunan peringkat di halaman penelusuran mesin pencari. 

Namun, apa sebenarnya penyebab isu SEO ini dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini!

Apa Itu Duplicate Meta Description?

Duplicate meta descriptions SEO adalah isu SEO yang terjadi saat terdapat 2 atau lebih halaman website memiliki tag meta description yang sama atau sangat mirip. 

Kondisi ini dapat menyebabkan kebingungan pada pengguna dan sekaligus memberikan dampak negatif pada peringkat halaman website di penelusuran mesin pencari.

Baca Juga: Apa Itu Meta Description? Pengertian, Fungsi, dan Cirinya

Penyebab Duplicate Meta Description

Penyebab duplicate meta descriptions ini sendiri dapat berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa faktor penyebab yang pada banyak kasus sering menjadi biang keladi masalah SEO ini, sebagai berikut.

1. Praktik Copy Paste

Salah satu penyebab utama dari masalah SEO adalah praktik copy paste. Banyak kasus, blogger melakukan praktik copy paste meta deskripsi untuk sejumlah halaman yang memiliki karakteristik mirip, misalnya halaman produk dengan kategori sama. 

Tujuannya biasanya untuk praktik yang lebih praktis. Namun, hal tersebut justru dapat memicu munculnya masalah duplikat meta deskripsi ini.

2. Penggunaan Template

Faktor penyebab duplicate meta descriptions lainnya adalah karena penggunaan template. Website yang menggunakan template atau struktur yang sama untuk halaman-halamannya, biasanya berpotensi besar mengalami duplikasi meta deskripsi ini. 

Oleh karena itu, pengubahan manual atau editing meta description adalah hal yang sangat disarankan, jika Anda menggunakan template yang sama untuk beberapa halaman (biasanya sering terjadi pada e-commerce).

3. Content Management System Buruk

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, khususnya teknologi AI, semakin banyak Content Management System (CMS) yang menyediakan pengaturan atau fitur generated meta description unik untuk halaman website

Namun, jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya, hal tersebut justru dapat menjadi boomerang dan menyebabkan munculnya masalah duplikasi meta deskripsi ini.

Cara Menemukan Duplicate Meta Descriptions

Berkat perkembangan teknologi SEO hari ini, mengidentifikasi dan menemukan isu SEO, termasuk masalah duplikat meta deskripsi ini bukanlah hal yang sulit. 

Pasalnya, terdapat banyak tool SEO premium yang menyediakan fitur site audit yang memungkinkan Anda menemukan sejumlah isu SEO kritis di website Anda, termasuk isu duplikat meta deskripsi. Berikut tutorialnya!

A. Cara Menemukan Isu Duplikat Meta Deskripsi dengan Semrush

Jika ingin menemukan halaman yang terindikasi duplikat meta deskripsi menggunakan Semrush, berikut adalah langkah yang dapat Anda ikuti.

  1. Masuk ke akun Semrush Anda.
  2. Akses fitur Site Audit yang tersedia.
  3. Buat project dan kemudian lakukan konfigurasi site audit.
  4. Klik “Start Site Audit” untuk memulai proses audit.
  5. Setelah proses audit selesai, kembali ke halaman Site Audit dan klik tab “Issues”.
  6. Selanjutnya, ketik “duplicate meta description” pada kolom pencarian yang tersedia.
  7. Ketika hasil penelusuran muncul, klik pada link jumlah halaman yang mengalami isu duplikasi meta deskripsi (xx pages  have duplicate meta descriptions).
  8. Selanjutnya, Semrush akan menampilkan daftar halaman di website Anda yang memiliki isu duplicate meta descriptions.

B. Cara Menemukan Isu Duplikat Meta Deskripsi dengan GSC

Cara identifikasi duplikat meta deskripsi menggunakan GSC ini, Anda dapat langsung mengikuti beberapa langkah berikut ini!

  1. Kunjungi halaman Google Search Console (pastikan website Anda telah terhubung terlebih dahulu).
  2. Masuk ke akun yang terhubung dengan website Anda.
  3. Selanjutnya, klik “Search Appearance” dan kemudian pilih tab “html Improvements”.
  4. Pada bagian di bawah “html improvements”, terdapat 3 keterangan yang meliputi Duplicate Meta Descriptions, Long Meta Descriptions, dan juga Short Meta Descriptions.
  5. Jika meta deskripsi halaman di website Anda tidak memiliki masalah, maka semua keterangan ini akan menunjukkan angka nol. Namun, jika terdapat masalah, Anda akan menjumpai angka tertentu yang merepresentasikan jumlah halaman bermasalah.
  6. Bila hendak menemukan halaman dengan indikasi duplikat meta deskripsi, Anda dapat mengklik keterangan “Duplicate Meta Descriptions”.
  7. Setelahnya, GSC akan langsung menampilkan daftar link halaman yang memiliki masalah duplikat meta deskripsi tersebut.

Bagaimana Cara Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions?

Jika Anda mendapati website Anda memiliki masalah meta deskripsi ini, terdapat beberapa langkah penanganan yang dapat Anda lakukan, sebagai berikut.

1. Simpan Data Halaman Bermasalah

Jika sebelumnya Anda telah melakukan site audit menggunakan GSC, Semrush, atau tool lain yang dapat mengidentifikasi masalah duplikat meta deskripsi ini, Anda harus menyimpan data halaman bermasalah tersebut terlebih dahulu.

Hal ini demi mempermudah proses tracking perbaikan yang akan Anda lakukan ke depannya. Umumnya, tool SEO premium biasanya memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak informasi halaman yang bermasalah ke format CSV (dapat dibuka di Microsoft Excel).

Namun, jika Anda menggunakan GSC, Anda harus menyalin daftar link halaman yang bermasalah tersebut secara manual.

2. Buat Meta Deskripsi Menarik

Setelah mendapatkan data halaman yang memiliki isu duplikat meta deskripsi, Anda dapat melanjutkannya dengan memperbaiki meta deskripsi masing-masing halaman. Buatlah meta deskripsi halaman yang dapat menarik perhatian pembaca. Di dalam hal ini, kami menyarankan Anda mengikuti beberapa ketentuan berikut.

  1. Pastikan meta deskripsi mengandung kata kunci yang Anda targetkan.
  2. Buat meta deskripsi yang dapat menjawab pertanyaan pengguna.
  3. Pastikan meta deskripsi cocok dengan informasi yang halaman tawarkan.
  4. Buat meta deskripsi yang singkat, namun jelas (tidak lebih dari 105 character).

3. Gunakan Tag No Index Pada Halaman yang Kurang Penting

Jika halaman yang memiliki isu duplikat meta deskripsi adalah halaman yang kurang berkualitas (thin content) atau outdated content. Ketimbang memperbaikinya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengecualikannya dari hasil penelusuran mesin pencari, yaitu dengan memasang tag no index.

Jika Anda belum memahami perihal ini, Anda sebaiknya membaca terlebih dahulu pembahasan kami mengenai perbedaan meta tag robots. Selanjutnya, Anda dapat melakukan request deindex melalui GSC.

4. Pantau Perubahan

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, cara mengatasi duplicate meta descriptions yang perlu Anda lakukan berikutnya hanyalah memantau perubahan. Pantau apakah isu duplikasi sebelumnya telah hilang dari laporan site audit website Anda? 

Selain itu, Anda juga sebaiknya memantau perubahan peringkat halaman di SERP dari halaman bermasalah setelah perbaikan.

Baca Juga: Meta Title: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Telah Lebih Paham tentang Duplicate Meta Descriptions SEO?

Jadi, singkatnya, duplicate meta descriptions adalah masalah SEO yang terjadi saat terdapat 2 atau lebih halaman website yang memiliki tag meta description yang mirip atau bahkan sama. 

Masalah ini dapat memberikan impact buruk pada SEO website terkait, yang mana peringkat halaman yang terindikasi masalah ini akan memiliki peringkat yang kurang optimal di hasil penelusuran mesin pencari.

Duplicate meta descriptions ini dapat terjadi karena banyak faktor, mulai dari praktik copy paste pada meta title, penggunaan template halaman, hingga CMS buruk. 

Jika website Anda memiliki masalah SEO ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan solusi yang kami jelaskan di atas, yaitu melacak halaman bermasalah, memperbaiki meta deskripsi, dan memantau perubahan setelah perbaikan.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development