Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Perbedaan Meta Tag Robots Index, Follow, Noindex, Nofollow

3 min read

Perbedaan Meta Tag Robots: Index, Follow, Noindex, Nofollow

Pemahaman meta tag robots adalah dasar penting dalam pengelolaan website yang harus dipahami oleh seorang blogger. Pasalnya, meta tag ini menentukan aksi bot mesin pencari terhadap halaman website. Masalahnya, masih banyak yang belum paham perbedaan meta tag robots index, follow, noindex, nofollow.

Padahal, ketiganya adalah meta tag penting dalam pengembangan suatu website. Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mendetail tentang apa yang dimaksud dengan meta tag robots dan perbedaan antara keempat jenis meta tag tersebut.  Langsung saja, simak uraian lengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini!

Baca Juga: Meta Title: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Apa yang Dimaksud dengan Meta Tag Robots?

Meta tags robots adalah kode html yang memberikan perintah kepada bot mesin robot pencari, perihal apa aksi yang boleh dilakukan atau tidak, terhadap suatu halaman website. Robots meta tag ini biasanya diletakkan pada bagian <head> dari halaman website. Adapun formatnya adalah:

<meta name="robots" content="noindex">

Apa Hubungan antara Meta Tag Robots dengan Pengoptimalan Sebuah Website?

Dalam optimasi SEO, keberadaan robots meta tag dapat dikatakan sangat penting. Pasalnya, meta robots ini memberikan akses kepada pemilik atau pengelola website untuk mengontrol cara bot mesin pencari memperlakukan halaman mereka.

Melalui meta robots ini, pengelola dapat memutuskan apakah sebuah halaman website di index atau tidak oleh mesin pencari. 

Selain itu, meta tag robots ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah munculnya isu duplikat konten di SERP (Search Engine Result Page). Jadi, pengelola akan dapat menentukan halaman penting di website yang boleh terindex di SERP.

Baca Juga: Apa Itu Meta Description? Pengertian, Fungsi, dan Cirinya

Perbedaan Meta Tag Robots: Index, Follow, Noindex, dan Nofollow

Pada aplikasi meta tag robots, terdapat sejumlah parameter yang digunakan untuk memberikan perintah kepada bot mesin pencari. Index, Follow, Noindex, dan Nofollow inilah yang merupakan beberapa parameter tersebut. 

Namun, apa perbedaan meta tag robots index, follow, noindex, nofollow ini? Berikut adalah penjelasan detail mengenai perbedaaan keempatnya.

1. Pengertian Index dan Fungsinya

Index adalah instruksi atau parameter yang memiliki fungsi untuk memberitahu bot mesin pencari, bahwa halaman yang ia rayapi (crawling) untuk dapat diindex dan muncul di SERP mesin pencari. Biasanya, meta tags robots ini adalah default untuk semua halaman website.

Jadi, jika Anda menerbitkan suatu halaman tanpa mengotak-atik pengaturan meta tags robot nya, make default setting nya adalah index. Adapun umumnya, format html robots meta tag untuk penerapan perintah ini adalah:

<meta name="robots" content="index, follow" />
<meta name="robots" content="none">

2. Pengertian Follow dan Fungsinya

Follow adalah perintah atau parameter yang menginstruksi atau memperbolehkan bot mesin pencari untuk mengikuti dan meneruskan tautan yang terdapat di dalam halaman yang ia rayapi. 

Sama dengan perintah index sebelumnya, biasanya ketika menerbitkan halaman perintah follow ini, default setting pada halaman tersebut adalah follow. Adapun contoh format meta tag robots untuk penerapan perintah ini adalah:

<meta name="robots" content="index, follow" />

3. Pengertian Noindex dan Fungsinya

Noindex adalah perintah yang melarang bot mesin pencari untuk tidak menampilkan halaman di SERP. 

Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengecualikan beberapa halaman yang sifatnya pribadi dari pengindeksan Google, seperti halaman login, database, dan lainnya. Adapun contoh penerapan perintah ini dalam format html adalah:

<meta name="robots" content="noindex">

4. Pengertian Nofollow dan Fungsinya

Nofollow adalah perintah robots meta tag kepada bot mesin pencari untuk tidak mengikuti dan meneruskan tautan yang terdapat di dalam halaman. 

Di dalam dunia blogging, biasanya perintah ini dapat Anda gunakan jika Anda ingin memberikan referensi tertentu melalui tautan, namun tidak ingin memberikan tautan dofollow (backlink) kepada halaman tujuan tautan. Contoh penerapan perintah meta tag robots ini adalah:

<meta name="robots" content="nofollow">

Parameter Meta Tag Robots Lainnya

Index, follow, noindex, dan nofollow sebenarnya adalah contoh parameter dasar dalam pengelolaan halaman. Sebenarnya, terdapat banyak parameter dengan fungsi lainnya yang sering para blogger profesional aplikasikan. Simak 5 contoh dari parameter tersebut di bawah ini!

  • none: Kombinasi dari perintah meta tag robots noindex dan nofollow. Parameter atau perintah ini memberitahu bot mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman website dan juga mengikuti tautan di dalamnya.
  • noarchive: Parameter meta tag yang memerintahkan bot mesin pencari untuk tidak membuat salinan halaman website dalam cache.
  • Indexifembedded: Parameter meta tags robots baru yang memerintahkan bot mesin pencari untuk mengindeks halaman website yang diembed di halaman website yang dirayapinya.
  • noodp: Perintah untuk mencegah bot mesin pencari untuk menggunakan deskripsi dari ODP (Open Directory Project).
  • Noydir: Perintah meta tags robots untuk mencegah mesin pencari menggunakan deskripsi dari direktori Yahoo.

Cara Melakukan Setting Meta Tag Robots

Selain membahas mengenai perbedaan meta tag robots: index, follow, noindex, dan nofollow, kami juga akan membahas mengenai cara untuk menyesuaikan meta tag robots ini.

Apabila ingin menambahkan perintah meta tag robots ke halaman website Anda, Anda perlu menambahkan kode perintah tersebut ke halaman website terkait. 

Jika Anda menggunakan platform CMS, Blogger, atau WordPress, Anda dapat langsung melakukan editing pada html halaman, tepatnya pada <head> dan memasukkan perintah meta tags yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin bot Google untuk tidak merayapi halaman website Anda. Khusus hal ini, Anda dapat menambahkan kode html ini di bagian <head> halaman tersebut:

<meta name="googlebot" content="noindex">

Contoh lainnya, Anda ingin ingin mencegah bot Google untuk mengindeks dan mengikuti tautan di dalam halaman website Anda. Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan kode tag html ini pada bagian <head> dari halaman bersangkutan:

<meta name="googlebot" content="noindex, nofollow">

Sebagai catatan, meskipun konsepnya terlihat mudah, Anda tetap harus berhati-hati dalam penerapannya. Pasalnya, jika Anda salah dalam penerapannya, maka halaman atau keseluruhan website Anda berpotensi untuk mengalami masalah indexing.

Maka dari itu, kami menyarankan agar Anda mempelajari tentang meta tag robots ini dengan lebih mendalam, sebelum beralih ke penerapannya.

Baca Juga: Meta HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Telah Paham Perbedaan Meta Tag Robots Index, Follow, Noindex, Nofollow?

Jadi, meta tag robots pada dasarnya adalah kode html yang berfungsi memberikan perintah kepada bot mesin pencari, perihal aksi yang boleh dan tidak boleh ia lakukan terhadap sebuah halaman.

Jika hendak menerapkan robots meta tag ini, Anda dapat menggunakan parameter tertentu, yaitu Index, Follow, Noindex, dan Nofollow. Parameter ini nantinya akan diaplikasikan ke format html “<meta name=”robots” content=”parameter”>.

Sementara perbedaan meta tag robots index, follow, noindex, nofollow, masing-masing terdapat pada jenis perintahnya. Contohnya, parameter noindex adalah memberikan perintah kepada bot mesin pencari untuk tidak mengindeks suatu halaman website

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development