Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Pengertian Indexing dan Bagaimana Proses untuk Melakukannya

3 min read

Pengertian Indexing dan Bagaimana Proses untuk Melakukannya

Ketika berbicara tentang mesin pencari, mungkin Anda akan sering mendengar istilah indexing. Secara sederhana, indexing adalah proses pencarian sebuah kata di Google. Lalu, bagaimana tahapan dalam indexing?

Proses indexing sendiri berkaitan dengan proses analisis konten yang dilakukan mesin pencari sebelum nantinya konten tersebut akan ditampilkan pada halaman mesin pencari.

Apa itu Indexing?

Mungkin masih banyak orang yang bertanya apa itu indexing? Jika dilihat dari cara kerja mesin pencari, maka indexing adalah salah satunya, selain crawling dan ranking.

Pada proses indexing, mesin pencari akan menyimpan dan mengatur konten yang ada dalam website yang didapatkan dari hasil crawling. Nantinya, hasil indexing ini akan ditampilkan secara ranking. Dalam tahap selanjutnya, konten yang paling sesuai dengan apa yang dicari akan muncul pada urutan teratas.

Mengapa Indexing itu Sangat Penting?

Setelah memahami tentang apa itu indexing, mungkin Anda akan bertanya mengapa proses ini sangat penting. Jika dilihat dari prosesnya, indexing adalah sebuah proses untuk membuat data lebih terstruktur yang bertujuan untuk memudahkan proses pencarian.

Seandainya tidak ada tahapan indexing, maka mesin pencari akan sulit untuk menampilkan konten yang relevan dengan cepat. Jika dilihat dari sisi pengguna, hal ini juga merupakan satu cara untuk memberitahu mesin pencari jika website Anda eksis.

Cara Kerja Mesin Pencari dalam Indexing 

Proses indexing ini sendiri merupakan hasil dari crawling yang dilakukan oleh mesin pencari pada tahap sebelumnya. Pertanyaannya, bagaimana tahapan dalam indexing sehingga bisa muncul konten yang relevan? Jika Anda penasaran akan hal itu, berikut adalah penjelasannya:

1. Analisis Konten

Hal pertama yang akan menjadi tahapan dalam indexing adalah melakukan analisis konten. Dalam tahap ini, mesin pencari akan memeriksa kata kunci yang ada dan memeriksa apakah kata kunci tersebut sesuai dengan isi konten.

Proses ini akan memisahkan penggunaan kata kunci pada satu website dengan website lainnya. Tingkat relevansi menjadi satu hal penting dalam proses analisis konten ini.

2. Web Spider

Web spider, atau sebagian orang juga mengenalnya dengan web crawler, merupakan sebuah bot yang berguna untuk mengunjungi halaman di sebuah website dan mengumpulkan informasi yang ada di dalamnya.

Proses ini merupakan tahapan selanjutnya dari proses analisis konten. Pada tahap ini, informasi meta akan menjadi salah satu faktor pendukung yang akan dicari oleh bot satu ini.

3. Indexing

Tahap terakhir adalah melakukan indexing. Pada tahap ini, semua data yang didapatkan dari proses crawling akan dikumpulkan dan disimpan dalam sebuah indeks tertentu.

Nantinya, indeks ini akan muncul ketika pengguna mencari sebuah kata kunci. Mesin pencari akan membuka file indeks yang paling sesuai dan memunculkannya ke sisi pengguna. Urutan kemunculannya sendiri akan dilakukan dalam proses ranking.

Baca Juga: Artikel Tidak Muncul di Google? Ini Penyebab dan Solusinya!

Tips Supaya Website Anda Mudah Diindex Google

Index Google merupakan salah satu cara agar website Anda bisa ditemukan dengan mudah. Lalu, bagaimana cara agar website menjadi lebih mudah terindeks oleh Google? Simak tips-tipsnya berikut ini:

1. Menggunakan Google Search Console

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses indeks oleh Google adalah dengan menggunakan Google Search Console. 

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan pada tool ini. Misalnya, Anda bisa melakukan monitor untuk proses crawling, mengecek kesalahan indeks, sampai melihat masalah keamanan website. Untuk bisa menggunakan tool ini, pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu.

2. Membuat Sitemap

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mempermudah proses indexing adalah membuat sitemap. Sitemap sendiri merupakan sebuah daftar isi dari halaman website yang bertujuan agar proses pencarian menjadi lebih mudah.

Semakin mudah untuk menemukan kontennya maka semakin cepat juga proses indexing akan selesai. Pada prosesnya, ada dua jenis sitemap yang perlu Anda perhatikan, pertama adalah sitemap XML dan yang kedua adalah sitemap HTML.

Sitemap XML bertujuan untuk mempercepat proses index, sementara sitemap HTML bertujuan untuk kemudahan navigasi pengunjung website. Sitemap HTML sebenarnya tidak memiliki efek langsung ke Google Index, tetapi banyak orang yang menyarankan untuk tetap membuat sitemap HTML ini.

3. Konten

Hal penting jika Anda ingin proses indexing lebih cepat adalah membuat konten. Meskipun belum terindeks, Anda masih bisa membuat dan menerbitkan konten pada situs web Anda. Ini juga yang nantinya akan membantu Anda untuk mempercepat proses index.

Jika ingin proses yang lebih cepat, Anda juga tidak bisa membuat konten sembarangan. Buatlah konten berkualitas secara berkala. Cara ini bisa Anda lakukan dengan tujuan untuk memberitahu Google jika website Anda eksis.

Dengan membuat konten yang berkualitas, maka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu cara agar Google crawling sering mengunjungi website Anda. Hal penting lainnya dalam proses pembuatan konten ini adalah masalah relevansi antara isi konten dengan kata kunci yang banyak orang cari.

4. Optimalkan Internal Link

Sebenarnya, konten yang berkualitas saja tidak cukup. Masih ada cara lain yang perlu Anda lakukan untuk membantu konten tersebut mempercepat proses indexing. Salah satunya adalah penggunaan internal link.

Internal link sendiri merupakan sebuah cara untuk menyambungkan antara satu laman dengan laman lain pada satu website tertentu. Dari segi teknis, ini merupakan salah satu cara untuk membantu Google bot memahami konteks dan juga hubungan antar halaman pada website.

5. Buat Halaman Kategori Konten

Jika Anda memiliki website dengan banyak halaman, maka cara lainnya yang juga perlu Anda lakukan untuk mempercepat proses indexing adalah membuat halaman kategori konten. 

Halaman ini selain akan membantu pengunjung, juga akan membantu Google bot lebih mudah menjelajahi dan melakukan indexing dengan lebih efisien. 

Di sisi lain, penggunaan halaman ini juga akan membantu Google untuk melakukan analisis antar halaman pada website. Nantinya, Google bot akan lebih mudah untuk memahami konten yang topik atau isinya mirip.

6. Membangun Backlink Berkualitas

Tidak bisa dipungkiri, jika salah satu cara yang juga akan membantu proses indexing adalah dengan membangun backlink yang berkualitas. Dengan menggunakan backlink, maka cara ini akan sangat membantu Google bot untuk menemukan halaman baru.

Jika website Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dari banyak website lain, maka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu cara mempermudah tugas Google bot.

Masih banyak orang yang menganggap jika membangun backlink sebagai cara paling efektif untuk mempercepat proses indexing. Google sendiri akan menganggap halaman dengan backlink jauh lebih penting sehingga prses crawling dan indexingnya juga akan lebih cepat.

Percepat Indexing, Optimalkan Website!

Setelah memahami cara agar postingan cepat terindex Google, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencoba melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas dan jangan lupa optimalkan juga technical SEO situs web Anda.

Semakin cepat website Anda terindeks, maka semakin baik.Proses indexing ini akan menentukan ranking website Anda nantinya. Tentu saja hal ini juga akan berpengaruh dengan berapa banyak orang yang bisa menemukan website Anda nantinya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development