Meta HTML - Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Meta HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Salah satu tujuan dari orang membuat website adalah agar kontennya dilihat oleh banyak orang. Tentu saja untuk mendapatkan pengunjung yang banyak ini tidak lah cukup dengan hanya mengandalkan isi konten.

Ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar website kita mendapatkan ranking yang bagus di Google. Semakin bagus rank website kita di google maka semakin banyak pengunjung ke web kita.

Salah satu cara mudah untuk membuat web kita mendapatkan rank yang tinggi di Google adalah dengan belajar SEO. SEO menjadi salah satu cara altenatif yang akan menaikan peringkat website kita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan SEO ini, salah satu penerapannya adalah dengan dengan menggunakan meta HTML.

Apa Itu Meta HTML

Meta HTML atau biasa juga disebut dengan meta tag, secara mudah bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dibuat untuk memudahkan mesin pencari menemukan web anda.

Meta tag HTML sendiri merupakan salah satu teknik SEO on page yang perlu Anda lakukan. Dengan memperhatikan penggunaan Meta HTML pada web anda, hal ini akan membantu web anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

Meta HTML sendiri berisi deskripsi singkat dari keseluruhan konten yang ada pada web anda. Hal ini akan membuat mesin pencari mendapat informasi tentang isi konten. Lebih lanjut, mesin pencari akan menjadi mudah menemukan web anda ketika dibutuhkan.

Hal yang harus diketahui juga, meta tag ini tidak ada hubungannya dengan konten pada website Anda. Meta HTML terletak pada bagian head dari source code pada halaman web anda.

Sesuai namanya, penggunaan HTML meta ini tentu saja ditulis dalam bentuk HTML pada header website. Namun saat ini, untuk mereka yang tidak terlalu paham dengan HTML namun ingin menggunakan meta HTML bisa dilakukan dengan cara lain.

Cara memasang meta tag di WordPress tanpa menggunakan HTML bisa dilakukan dengan memasang plugin.

Fungsi Meta Pada HTML

Dengan mengetahui cara memasang meta tag pada web kita maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat. Fungsi meta pada HTML yaitu bisa meningkatkan nilai SEO sehingga peringkat website Anda akan tinggi di mata search engine.

Penggunaan meta HTML akan membantu web Anda untuk mendapatkan tempat di halaman pertama mesin pencari. Meta HTML akan memberikan inti dari konten yang ada pada web kita. Informasi ini akan membantu dan memudahkan mesin pencari ketika ada yang membutuhkan informasi yang sesuai dengan konten kita.

Biasanya mesin pencari hanya akan menggunakan kata pertama dari konten web sebagai rujukan untuk mendapatkan hasil. Jika tidak menggunaan meta HTML, maka mesin pencari akan mengambil kata secara acak dari website Anda. Tentunya, itu kurang bagus untuk SEO.

Dengan menggunakan meta HTML, maka hal ini bisa dihindari. Kita bisa menggunakan kata–kata pertama yang merupakan ringkasan dari isi pada website kita.

Dengan demikian fungsi meta tag HTML adalah mempermudah kerja dari mesin pencari untuk melakukan index pada web anda. Mesin pencari akan lebih mudah mencocokan antara kata kunci pencarian dengan kata kunci pada web kita yang sudah kita buat meta tag HTML.

Jenis Meta HTML

Pada pengaplikasiannya ada banyak jenis fungsi meta pada HTML yang bisa digunakan. Beberapa jenis meta tag ini antara lain adalah:

Meta Title

Meta title merupakan bagian yang akan menjadi judul pada halaman web anda. Meta tittle akan menjelaskan gambaran umum tentang konten yang ada pada halaman web anda. Biasanya meta title ini diisi oleh judul yang relevan dan menggunakan kata yang banyak dicari pada mesin pencarian.

Untuk menggunakan meta title syntax nya adalah seperti berikut:

<head>
   <title>Contoh Judul</title>
</head>

Ganti “contoh judul” dengan judul yang akan Anda buat.

Sedikit saran untuk judul pada meta title, Jangan buat terlalu panjang dan jangan bertele – tele. Anda bisa mencoba melihat beberapa contoh judul untuk mendapatkan referensi.

Meta Description

Seperti namanya, meta description merupakan penjelasan singkat tentang isi dari konten yang ada pada web anda. Meta description akan muncul pada halaman mesin pencari tepat di bawah judul.

Untuk memaksimalkan fungsi ini, cara membuat meta tag yang seo friendly adalah gunakan bahasa yang menarik, gunakan kata kunci yang banyak dicari orang, dan juga jangan buat terlalu panjang.

Syntax dari meta description adalah seperti berikut:

<head>
   <meta name="description" content="Makinrajin adalah sebuah website yang menyediakan panduan belajar membuat website">
</head>

Meta Keyword

Meta keyword merupakan kata kunci yang akan digunakan oleh website untuk menjelaskan isi keseluruhan konten. Dengan menggunakan meta keyword maka kita seperti memberi informasi singkat pada mesin pencari tentang isi keseluruhan dari web kita.

Untuk menentukan meta keyword yang akan digunakan pastikan kalau kita menggunakan kata kunci yang relevan dengan isi konten. Selain itu gunakan lah kata kunci yang cocok dan tepat agar web Anda mudah dicari. Syntax untuk menggunakan meta keyword adalah:

<head>
   <meta name="keywords" content="belajar membuat website, membuat website, cara membuat website, tutorial membuat website">
</head>

Untuk menggunakan meta keywords juga gunakan lah kata – kata yang sedang menjadi trend. Anda perlu tahu bagaimana cara riset keyword supaya bisa mendapatkan pengunjung dengan tepat.

Meta Author

Meta author berfungsi untuk memberi tahu masalah siapa pemiliki dari web tersebut. Hal ini biasanya dilakukan untuk web yang berisi karya tulis atau jurnal. Semakin spesifik informasi yang kita berikan, maka akan semakin mudah mesin pencari untuk menemukan web kita.

Untuk menggunakan meta author ini, syntax yang digunakan adalah seperti berikut:

<head>
   <meta name="author" content="Alexandromeo L.G">
</head>

Meta Refresh

Fungsi meta refresh pada HTML adalah membuat web kita akan ter refresh secara otomatis setiap satuan waktu yang kita tentukan.

Berikut adalah syntax yang digunakan untuk meta refresh:

<head>
   <meta http-equiv="refresh" content="20">
</head>

Dengan syntax seperti itu akan membuat web kita akan refresh otomatis setiap 20 detik sekali. Hal ini biasa digunakan pada web yang berisi informasi yang harus selalu update. Contohnya adalah web yang konten nya adalah berita terhangat.

Meta Viewport

Meta viewport merupakan cara agar halaman web kita bisa dibuka dengan nyaman pada berbagai device. Sekarang ini, dimana kebanyakan orang juga mengakses internet via handphone pintar nya maka settingan ini pun menjadi dibutuhkan.

Meta ini diperlukan untuk memastikan ukuran halaman web kita cocok pada berbagai device baik dari segi ukuran maupun dimensinya. Syntax yang digunakan untuk menggunakan meta ini adalah sebagai berikut:

<head>
   <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">
</head>

Width=device-width berfungsi untuk menentukan ukuran layar. Nilai nya akan tergantung dari device apa yang akan digunakan. Sementara initial-scale berfungsi untuk menentukan zoom level pada saat halaman pertama kali terbuka

Cara Membuat Meta Tag HTML di WordPress

Ada 2 cara untuk membuat meta tag HTML di WordPress. Cara pertama adalah cara manual. Cara ini bisa dilakukan oleh mereka yang mengerti tentang bahasa HTML.

Sementara untuk mereka yang tidak paham apa itu bahasa HTML maka bisa menggunakan cara yang ke dua yaitu dengan menggunakan plugin, salah satunya adalah Yoast SEO.

Cara manual untuk membuat meta tag SEO friendly adalah sebagai berikut:

1. Log in ke dashboard WordPress kemudian cari menu Appearance > Editor. Setelah itu, cari file header.php.

2. Cari kode yang menunjukan judul website Anda. Biasanya kode nya seperti ini:

<title><?php bloginfo(‘name’); ?><?php wp_title() ; ?></title>

3. Masukan syntax untuk membuat meta HTML yang anda butuhkan tepat di bawah kode untuk title web

4. Isi dengan meta data yang anda butuhkan.

5. Jika sudah selesai, simpan kode tersebut. Jika sudah benar maka meta HTML anda sudah tersimpan.

Cara kedua untuk memasang meta tag di WordPress adalah dengan menggunakan plugin, seperti Yoast SEO. Dengan menggunakan plugin maka kita tidak perlu menggunakan berbagai kode di atas.

Cukup install plugin pada WordPress Anda. Jika sudah maka akan muncul berbagai kotak untuk anda isi sesuai dengan meta data yang Anda inginkan. Meskipun mudah, alangkah lebih baik jika Anda perlu belajar WordPress supaya dapat mengelola website dengan baik.

Itulah beberapa hal tentang fungsi meta HTML yang bisa membantu anda untuk mengoptimalkan web Anda.

Bagaimana pun penggunaan meta ini akan menjadi sangat berpengaruh pada peringkat web anda di mesin pencari. Itulah mengapa jika anda memiliki web maka menggunakan meta menjadi sangat disarankan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *