Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Kenapa Logo Mahal? Ini Dia 8 Alasannya

2 min read

Kenapa Logo Mahal Ini Dia 8 Alasannya

Saat ini sebuah perusahaan atau brand menggunakan logo sebagai identitas mereka agar orang-orang bisa mengenalinya. Kemudian setiap logo yang dibuat untuk keperluan tersebut ternyata memiliki harga yang tidak murah. Mungkin Anda akan bertanya-tanya kenapa logo mahal? Untuk jawabannya, simak artikel berikut ini. 

8 Alasan Kenapa Harga Logo Mahal

Terdapat beberapa alasan dimana membuat harga jasa desain logo itu menjadi mahal, antara lain:

1. Profesionalitas Seorang Desainer

Alasan yang pertama kenapa logo mahal adalah dari profesionalitas atau tingkat keahlian seorang desainer logo. 

Tentunya dalam membuat logo, seorang desainer akan menuangkan semua ide-idenya agar hasilnya sesuai dengan kemauan klien dan maksimal. Dengan begitu desainer logo yang profesional tersebut bisa menghasilkan logo yang berkualitas.

2. Tingkat Kerumitannya

Ada juga alasan kenapa jasa pembuatan logo mahal adalah dari tingkat kerumitannya. Perlu Anda tahu meskipun hasil logo terlihat simpel, namun terdapat proses yang rumit dalam pembuatannya seperti menggunakan elemen warna lebih dari satu dan lainnya.

Selain itu, pembuatan logo tidak menggunakan aplikasi yang sudah memiliki template desain dan bisa diakses semua orang. Melainkan pembuatannya harus dari nol agar tidak plagiat dengan logo lainnya. 

3. Proses Mengumpulkan Data dari Klien dan Sumber Lain

Untuk alasan yang lain adanya proses mengumpulkan data dari klien dan sumber lainnya. Sebelum membuat desain logo, tentunya memerlukan referensi yang tidak hanya melihat dari satu sumber. Kemudian nantinya desainer logo harus bisa tahu dan memenuhi apa yang diinginkan klien dari sumber-sumber yang sudah ada.

Maka dari itu, seorang desainer harus benar-benar mencatat permintaan logo dari klien. Lalu menambahkan juga hasil permintaan tersebut dengan referensi lainnya mengenai sejarah perusahaan, produk, sistemnya, dan lainnya. Selain itu juga mencari referensi terkait elemen atau simbol yang sesuai dengan logo perusahaan tersebut. 

4. Membuat Sketsa Kasar untuk Logo

Alasan selanjutnya yang membuat desain logo itu mahal adalah pembuatan sketsa kasar untuk logo. Nantinya seorang desainer akan membuat sketsa kasar logo dari hasil referensi yang sudah didapatkan sebelumnya. Sketsa kasar itu berguna sebagai gambaran awal untuk melihat kesesuaian logo yang diinginkan klien. 

Untuk membuat sketsa kasar tersebut tentunya tidak mudah, karena harus berpikir inovatif dan kreatif agar tidak sama dengan referensi yang ada. Kemudian sketsa kasar tersebut digambar secara manual dengan media kertas. 

Lalu pastinya membuat sketsa logo lebih dari satu sebagai alternatif dan memberikan keterangan dari setiap bagian logo tersebut. 

5. Konsultasi dengan Klien Terkait Logo

Berikutnya adalah seorang desainer akan melakukan konsultasi kepada klien terkait logo yang telah dibuat. Tentunya yang akan dikonsultasikan berupa gambaran saja dengan sketsa kasar atau bentuk awal logo yang sudah jadi. Dengan adanya konsultasi ini, akan menghindari kesalahan saat proses eksekusinya nanti. 

Kemudian ketika konsultasi dengan klien, seorang desainer akan menjelaskan secara detail mengenai apa saja yang tertuang di dalam logo. Misalnya saja menjelaskan dari penerapan bentuknya, warnanya, dan filosofinya kepada klien. Sehingga klien bisa memiliki gambaran dan apakah sudah sesuai dengan ekspektasinya dari awal. 

6. Proses Pengerjaan Logo yang Tidak Mudah

Dari hasil konsultasi sketsa logo dengan klien maka akan langsung melakukan pengerjaan melalui aplikasi desain di PC atau laptop. Dalam tahap membuat desain logo di PC atau laptop ini pastinya tidak sebentar karena membutuhkan kecermatan, ketelitian, dan kesabaran agar hasilnya maksimal. 

Nantinya dalam membuat logo tersebut akan menggabungkan beberapa elemen seperti warna, bentuk, ketajamannya, dan lainnya. Kemudian tidak hanya sekedar menggabungkan beberapa elemen tersebut dan menjadi sebuah logo. Namun biasanya akan dibuat bentuk mockupnya di beberapa produk atau tempat tertentu. 

7. Mempresentasikan Hasil Logo kepada Klien

Adapun alasan kenapa logo mahal lainnya adalah hasil pembuatan logo tersebut akan dipresentasikan kepada klien. Sehingga logo yang sudah jadi tidak hanya dikirimkan begitu saja kepada klien, namun Anda sebagai desainernya harus menjelaskannya agar mereka paham tentang logo tersebut. 

Untuk mempresentasikan hasil logo tersebut biasanya mencakup beberapa hal. Misalnya saja menjelaskan alasan pemakaian warna tersebut, kenapa bentuknya seperti itu, kenapa pemilihan font harus itu, filosofinya apa, dan lainnya. Dengan begitu desainer bisa meyakinkan klien dari apa yang telah dibuatnya. 

8. Melakukan Revisi Jika Diperlukan

Alasan yang membuat kenapa harga logo mahal adalah melakukan revisi jika diperlukan. Tentunya membuat logo ini harus sesuai dengan ekspektasi klien, jika hasilnya kurang memuaskan maka memakan waktu lagi untuk merevisinya. 

Biasanya ada beberapa bagian yang direvisi seperti warnanya, bentuknya, fontnya, atau elemen lain yang sekiranya tidak sesuai keinginan klien. Namun ada juga yang meminta untuk merombaknya secara keseluruhan, sehingga waktu pengerjaan menjadi lebih lama lagi. 

Baca juga: Cara Menentukan Harga Sebuah Logo

Sudah Tahu Apa yang Membuat Logo Mahal?

Itulah beberapa alasan kenapa logo bisa mahal. Tentunya membuat desain apapun seperti logo ini untuk tujuan komersial memerlukan banyak tenaga, waktu, dan pikiran agar hasil memuaskan. 

Lalu ketika Anda ingin membuat logo untuk brand bisa memakai jasa desain logo profesional dari Makinrajin. Tentunya Anda akan mendapatkan desainer yang berpengalaman, ide konsep, harganya terjangkau, dan lainnya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development