peluang usaha online yang bisa dilakukan dengan website sendiri

11 Peluang Usaha Online yang Bisa Dilakukan Apabila Memiliki Website

Website yang kita punya memiliki keunggulan dan keuntungan yang dapat dimanfaatkan. Terlepas dari informasi yang disampaikan dalam website tersebut, branding yang diperlukan untuk mewujudkan citra positif website juga diperlukan.

Dengan adanya branding website yang menarik, maka dapat meningkatkan jumlah pengunjung website itu sendiri. Adanya hal tersebut dapat meningkatkan peluang usaha seperti nilai bisnis dan profit bisnis yang sedang dijalankan.

Tidak menutup kemungkinan bahwa dengan memaksimalkan branding, jumlah pengunjung menjadi lebih meningkat dari hari ke hari.

Memanfaatkan website yang memiliki jumlah pengunjung stabil ini sangat beraneka ragam untuk berbagai usaha. Pernah berpikir, bagaimana ya caranya memanfaatkan website yang memiliki jumlah pengunjung stabil?

Peluang Usaha Online yang Paling Banyak Dilakukan

Tidak disangka bahwa banyak sekali kemungkinan peluang yang bisa dilakukan. Peluang bisnis online di internet kian hari kian tidak terbatas. Ada banyak cara dan ide bagi siapapun untuk meraup profit di dunia maya. Seluruh peluang usaha online di bawah dapat dilakukan pada website pribadi.

Berbisnis online itu kian hari kian mudah, kian hari kian menguntungkan, dan kian hari kian murah. Berikut adalah 10 ide bisnis online yang sebagian besar bisa dilakukan apabila Anda memiliki website sendiri.

1. Afiliasi Marketing

Berpartisipasi dalam afiliasi marketing membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan profit yang tidak main-main dan membuka jaringan pergaulan seluas-luasnya. Apa itu afiliasi marketing dan bagaimana mendapatkan profit dari program tersebut?

Afiliasi marketing adalah praktik pemasaran yang melibatkan orang ketiga dimana orang ketiga tersebut akan mendapatkan profit atau komisi dari setiap orang yang membeli produk tersebut. Dalam hal ini, orang ketiga itu adalah Anda.

Untuk bergabung dalam program afiliasi marketing, Anda bisa mencari ecommerce baik berbentuk perusahaan besar atau bahkan penjual online biasa yang menyediakan program tersebut. Setelah itu, Anda mendaftar diri dan memasarkan produk yang diminta untuk dipasarkan.

Cara memasarkannya cukup bervariasi dari melalui media sosial hingga melalui blog atau web pribadi. Penyedia program afiliasi marketing akan memberikan kupon, voucher, atau banner referral yang akan Anda berikan kepada pelanggan yang membeli produk dari Anda.

Kupon tersebut sebagai penanda bahwa Andalah orang yang berhasil membuat calon pelanggan tersebut membeli produk yang dijual penjual. Sang pelanggan kemudian akan membeli produk atau jasa dengan menggunakan kupon atau banner referral yang Anda berikan.

Anda akan mendapatkan komisi dari setiap pelanggan yang membeli dengan menyertakan kupon dari Anda. Jumlah komisi yang Anda dapatkan bergantung dengan kebijakan masing-masing penyedia program afiliasi.

Selain komisi, beberapa perusahaan juga menyediakan reward dalam bentuk penawaran menarik dan eksklusif. Bisnis ini pas jika Anda pandai bergaul dan mampu mengoptimalkan jaringan pergaulan Anda.

2. Jasa Pembuatan Website

peluang usaha online di website

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat dan mengembangkan website, kenapa tidak sekalian membuat jasa pembuatan website? Peluang bisnis online satu ini kian hari kian berkembang. Website tidak hanya dibutuhkan untuk Mereka yang ingin berbisnis online.

Saat ini website yang berisi konten non-profit makin banyak bermunculan. Anda bisa membayangkan besarnya profit yang akan didapat dari jasa pembuatan website. Jika memang ragu dan pemula, Anda bisa mengambil proyek-proyek sederhana dan ringan.

Menjual jasa pembuatan blog atau website berbasis WordPress untuk keperluan profil perusahaan atau toko online sederhana contohnya. Kerjakan proyek yang Anda dapatkan dengan tepat, baik itu ketepatan yang sesuai dengan permintaan maupun ketepatan waktu.

Jangan sampai terlambat dan mengecewakan konsumen. Anda bisa memasarkan jasa Anda melalui berbagai macam platform media sosial.

Anda juga bisa memanfaatkan website-website freelancer dan penjualan jasa seperti projects.co.id untuk memasarkan jasa Anda atau bahkan merekrut orang-orang potensial untuk menjadi rekan bisnis Anda. Besarnya kebutuhan akan website terutama untuk keperluan bisnis dan profil perusahaan membuat bisnis satu ini kian berkembang.

3. Jasa Penulisan Artikel

salah satu bisnis online di website

Melalui internet, hobi menulis Anda dapat dihargai tinggi. Tidak perlu menjadi penulis sastra andal atau genius dalam hal jurnalistik untuk dapat menjadi penulis yang profitable di dunia maya. Anda bisa membuka jasa penulisan artikel.

Bisnis ini dapat dikatakan bisnis jual beli artikel dimana Anda menyediakan jasa penulisan artikel dan menjualnya kepada siapapun yang memesan dan membutuhkannya.

Artikel apa yang ditulis? Anda bisa menulis beragam jenis artikel, dari mulai menulis artikel pemasaran untuk para pebisnis online, menulis artikel tutorial untuk pemilik blog tutorial, menerjemahkan artikel berbahasa asing, hingga menulis artikel informatif untuk blog berita.

Anda akan mendapatkan profit dari setiap artikel yang Anda selesaikan. Membuka bisnis jasa penulisan artikel tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk profit yang maksimal, Anda bisa membuka jasa penulisan artikel berbahasa asing (dihargai lebih mahal) dan merekrut banyak penulis lepas dari berbagai kalangan, terutama para mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang saku.

Rekrut penulis potensial dari website-website freelancer atau ajak teman-teman dan saudara untuk bergabung di industri tulis menulis online yang menguntungkan satu ini.

4. Jasa Pembuatan Logo

membuka jasa di website

Bisnis jasa pembuatan logo merupakan salah satu jenis dari bisnis desain grafis. Peluang bisnis online satu ini sangat terbuka dan terus berkembang seiring dengan meningkatknya kebutuhan produk desain di berbagai bidang, terutama di bidang industri multimedia dan periklanan.

Tidak berbeda jauh dengan desain grafis, Anda menawarkan pembuatan dan pemasangan logo, terutama untuk keperluan bisnis dan pemasaran. Bisnis ini cocok untuk Anda lulusan sekolah desain grafis atau siapapun yang pandai dan memiliki hobi desain.

Selain mendesain sendiri, Anda bisa merekrut banyak artis desain grafis untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk. Potensi keuntungan bisnis ini kian hari kian besar. Selain pembuatan logo, Anda juga bisa merambah produk desain grafis lain seperti iklan, infografis, dan produk audio visual lainnya.

5. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

menjual jasa seo

Salah satu kunci sukses pebisnis online yang menjual produknya melalui toko online sendiri adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah metode untuk mempromosikan produk/konten/website Anda melalui search engine atau mesin pencari.

Metode SEO merupakan metode marketing digital yang sedang populer dan akan terus populer dan digunakan baik oleh perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Jika Anda seorang lulusan ilmu komputer, bisnis, atau siapapun yang memahami bagaimana cara kerja website dan marketing digital, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

Anda akan menjual jasa bagaimana membuat website berada di urutan teratas mesin pencari. Tentu beragam pengoptimalan harus Anda lakukan agar website klien Anda berhasil menduduki urutan 1 pada hasil pencarian di beragam mesin pencari, terutama Google.

Anda bisa mendapatkan profit dari setiap jasa pengoptimalan yang dilakukan. Umumnya jasa SEO ini berbentuk paket pengoptimalan, dari mulai pengoptimalan kata kunci, memperbaiki struktur dan navigasi website, mempraktikkan backlinks, mengoptimalkan media sosial, hingga meningkatkan performa dan kecepatan website.

Semakin banyak dan kompleks jasa yang Anda tawarkan maka semakin besar potensi keuntungannya. Modal membuat jasa ini tidaklah besar. Anda tentu tidak akan bekerja sendiri karena untuk memberikan layanan yang maksimal Anda memerlukan tim IT yang andal dalam bidang ini.

Bisnis ini juga kerap dikombinasikan dengan bisnis jasa yang berkaitan, diantaranya penulisan artikel SEO, pembuatan dan pengembangan website, bisnis premium konten, dan bahkan e-payment.

Potensi keuntungan dalam bisnis ini besar dan akan terus konstan. Alasan utamanya adalah jumlah orang yang berbisnis di internet kian hari kian besar, penggunaan website untuk keperluan bisnis makin marak, dan mesin pencari masih menjadi alat utama orang untuk mencari produk yang Mereka inginkan.

Dengan demikian, peluang keuntungannya tidak main-main, terlebih jika Anda mampu menggarap proyek dari pelanggan di negara lain.

6. Content Placement

Anda pasti pernah berpikir darimana profit seorang blogger berasal atau bagaimana blog yang berisi tulis menulis bisa memberikan penghasilan yang menyaingi atau bahkan melebih pegawai kantoran.

Jawabannya ada pada teknik atau metode content placement. Content placement adalah trik mempromosikan produk, baik itu barang maupun jasa dengan menggunakan konten, baik berupa artikel maupun konten audio visual.

Seorang blogger tidak hanya memposting tulisan mengenai apa yang ia ingin tulis tetapi juga kerap mendapatkan pesanan untuk membuat konten yang berisi iklan. Content placement tentu bukan satu-satunya sumber pemasukan blogger.

Namun, content placement adalah bisnis yang paling sering ditekuni dan relatif mudah untuk dipraktikkan oleh para blogger. Adakah modal khusus untuk menekuni bisnis ini? Modal Anda hanya website atau blog dan kemampuan tulis menulis.

Anda harus kreatif dalam memasarkan produk, cerdik dalam menyelipkan opini atau ajakan, dan pandai menempatkan konten tersebut di website Anda. Bagaimana dengan peluang bisnis online content placement ke depannya?

Bisnis ini dijamin tidak akan mati selama dunia maya terus hidup dan dipenuhi oleh milyaran manusia. Apa sih yang tidak dipasarkan di internet? Dari mulai produk rumah tangga seperti piring, sapu, dll hingga alat-alat bengkel seperti obeng dan sekrup ada disini.

Untuk memulai bisnis ini memang tidak bisa langsung. Anda harus memiliki jam terbang menulis yang cukup di website Anda. Diperlukan pengalaman dan jumlah konten yang tidak sedikit. Hal tersebut untuk meyakinkan klien bahwa Anda memiliki kapabilitas untuk memasarkan produk.

Persyaratan lain adalah website Anda memiliki traffic yang tinggi dengan kualitas dan performa website yang prima. Hal lain yang bisa membantu kesuksesan Anda dalam berbisnis konten marketing ini adalah spesialisasi dan konsistensi.

Sangat dianjurkan untuk hanya menulis konten satu bidang saja. Jika Anda mahir di bidang otomotif maka Anda membuat konten otomotif. Selain itu konsisten dalam mempublish konten secara berkala.

7. Berdagang di Website Pribadi

bisnis online dengan website - menjual barang

Peluang usaha online yang selanjutnya adalah berdagang di website. Selain berdagang di marketplace layaknya membuka lapak di pasar, Anda juga bisa membuat website toko online sendiri layaknya membuka toko sendiri di dunia nyata.

Beberapa orang menggunakan marketplace karena berstatus pemula dan tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk membuat dan mendesain toko online. Beberapa lagi melakukannya karena membuat toko online yang sempurna butuh modal yang tidak sedikit.

Anda bisa belajar membuat website sendiri dengan memanfaatkan tutorial online gratis atau menggunakan jasa pembuatan website dari kami. Proses berdagang di website yang dibuat sendiri memang tidak secepat berdagang di marketplace.

Namun, jika sampai kesampaian, rasa puas ditambah kebebasan dalam hal transaksi, katalog, dan navigasi produk akan Anda dapatkan. Anda bisa menjual beragam produk, dari mulai produk fisik hingga produk digital. Jika produk menjual produk fisik, pastikan Anda sudah mempersiapkan cara pengirimannya.

Yang perlu Anda persiapkan selain performa website yang cepat dan mudah diakses adalah metode pembayaran. Jangan sampai orang kesulitan untuk membeli produk karena metode pembayaran yang Anda terapkan tidak umum dan kurang akomodatif.

8. Menjual Premium Konten di Website Pribadi

membuat konten premium

Selain membuat toko online dan menjual produk secara terbuka dan langsung, Anda bisa memanfaatkan website untuk menjual konten premium. Konten premium adalah konten yang memiliki nilai lebih dari konten gratis yang Anda tawarkan di website Anda.

Contohnya, Anda adalah seorang penulis konten spesialis bisnis. Anda secara rutin menulis konten bisnis, dari mulai tips berbisnis hingga tutorial membuat perusahaan online. Selain membagikan konten gratis tersebut, Anda bisa menjual konten premium.

Alih-alih membagikan secara gratis, Anda bisa mematok harga untuk konten premium yang Anda posting di website Anda. Konten premium tersebut bisa berupa konten secara langsung atau akses terhadap konten eksklusif. Anda bisa mendapatkan profit dari penjualan konten premium atau dari akses tersebut.

Untuk mendapatkan profit konten premium di website Anda, Anda bisa membuat membership berbayar atau tidak. Anda bisa mematok harga per bulan atau per konten yang akan diakses.

Bayangkan saja website Anda seperti akun YouTube dimana Anda mendapatkan profit dari jumlah subscribers. Jenis bisnis online ini cocok untuk Anda yang produktif dalam membuat konten yang unik, eksklusif, dan terfokus pada satu bidang.

9. Membuka Kursus Online

membuka kursus online di website

Jangan berpikir jika kursus online yang dimaksud terbatas pada kursus akademik, seperti les matematika SMA, kursus biologi, atau kursus-kursus lain yang berkaitan dengan keahlian ilmu pengetahuan. Ini salah satu peluang usaha yang banyak dilakukan oleh para mahasiswa ataupun ibu rumah tangga.

Jasa kursus online yang dimaksud bisa kursus banyak hal, dari mulai kursus menjahit, kursus berkebun, dan kursus di bidang bisnis sekalipun (marketing, bahasa Inggris untuk bisnis, dll).

Anda bisa menjadi tutor langsung dengan membuka kursus di bidang keahlian yang Anda kuasai. Jika tidak, Anda bisa membuka perusahaan kursus dengan mengumpulkan para profesional untuk Anda jadikan rekan bisnis.

Profit yang akan Anda dapatkan tidak hanya bersumber dari program atau kelas yang peserta kursus ambil. Anda bisa menjual ebook, modul, dan konten pembelajaran lain yang akan meningkatkan kualitas kursus. Manfaatkan platform media sosial, forum, dan komunitas online seoptimal mungkin untuk promosi kursus online Anda.

Nah, akan lebih mantap apabila Anda memiliki website untuk mempromosikan kursus Anda. Bayangkan, ada jutaan orang di Indonesia dan milyaran orang di dunia. Anda dapat menjual kursus Anda kepada milyaran orang tersebut hanya dengan website.

Mungkin, Anda berpikir sosial media saja sudah cukup. Namun, sosial media itu sejatinya bukan tempat untuk berjualan. Kebanyakan orang yang ada di sosial media sedang mencari hiburan atau berkomunikasi dengan orang lain, bukan sedang mencari produk yang ingin dibeli.

Nah, itulah bedanya website dengan sosial media. Jadi, dengan adanya website, Anda dapat meningkatkan konversi penjualan produk Anda. Apapun jenisnya. Tunggu apa lagi? Segera baca artikel tentang cara membuat website. Apabila tidak bisa membuat website, Anda dapat menyerahkan pembuatan website kepada kami.

Jangan ragu untuk mengkombinasikan kursus online ini dengan kursus offline. Selain itu, Anda juga bisa membuat komunitas yang khusus mewadahi bidang kursus yang Anda buat.  Hal tersebut bermanfaat memperluas jaringan dan membuka peluang bisnis online bagi Anda dan para peserta kursus.

10. Menjadi Publisher Google AdSense

menjadi publisher google adsense

Adanya iklan google yang biasanya disebut sebagai Google Adsense dapat dimanfaatkan juga untuk website yang memiliki jumlah pengunjung yang stabil. Profit dapat meningkat dan bertambah hanya dengan menggunakan dan memanfaatkan peluang dari jumlah pengunjung website yang stabil.

Cara kerja Google Adsense sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasang kode iklan pada website, maka iklan akan tampil. Apabila ada orang yang klik iklan, maka uang akan mengalir ke rekening Anda. Namun, untuk mendapatkan akun Adsense ini juga tidaklah mudah.

Anda harus memiliki website yang berkualitas. Selain itu, biaya dari Google Adsense juga sangatlah rendah. Jika ingin memiliki penghasilan yang banyak, maka Anda harus memiliki pengunjung ribuan ataupun puluhan ribu.

11. Mempromosikan Barang dari Marketplace

Peluang usaha online yang selanjutnya adalah mempromosikan barang dari marketplace. Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain. Mereka adalah beberapa marketplace terbaik di Indonesia.

Apabila Anda memiliki website pribadi, Anda bisa menjual barang dari marketplace, atau istilahnya menjadi seorang dropshipper. Meskipun terlihat sederhana, namun pendapatan dari seorang dropshipper bisa mengalahkan para pekerja kantoran.

Sudah banyak orang yang sukses menjalani peluang usaha online dengan menggunakan website. Memang website sangat ampuh untuk dijadikan sebagai media bisnis online jenis apapun. Konversi pada website juga sangat tinggi jika dibandingkan dengan sosial media.

Untuk itulah apabila Anda memiliki bisnis namun belum memiliki website, segera buatlah website supaya penjualan Anda meningkat drastis. Tidak dapat membuat website? Tenang saja. Ada kami yang siap membuat website dari nol hingga benar-benar jadi. Anda hanya tinggal menggunakannya saja.

Artikel ini merupakan guest blog dari mas Fajrin, pemilik anakdagang.com

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

2 komentar pada "11 Peluang Usaha Online yang Bisa Dilakukan Apabila Memiliki Website"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *