tips memilih domain

8 Tips Memilih Nama Domain yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Domain memang merupakan hal yang sangat penting apabila Anda ingin memiliki website untuk berbisnis. Apabila ingin dipercaya oleh masyarakat, Anda harus membeli domain. Walaupun domain sangat penting, nyatanya banyak para pemilik website masih sayang untuk membeli domain dan lebih memilih menggunakan domain gratisan.

Padahal, domain gratisan itu kurang bagus untuk bisnis Anda. Apabila Anda menjual produk pada website, maka mayoritas pengunjung Anda akan takut dan ragu untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Alasannya ya karena domain yang digunakan masih gratisan sehingga kurang profesional.

Tips Memilih Domain

Memilih nama domain memang tricky. Selalu ada dilema antara memilih nama yang keren atau memilih nama yang menguntungkan. Berikut adalah 8 tips memilih nama domain yang yang baik dan menguntungkan.

  1. Mudah Diingat

cara memilih domain yang mudah diingat

Menggunakan nama domain yang mudah diingat itu wajib hukumnya. Terdapat milyaran nama domain yang beredar saat ini dan Anda tentu ingin siapapun yang sedang berada di dunia maya mengingat nama domain Anda.

Domain dengan nama yang mudah diingat membuat orang yang sekadar lewat sekalipun akan mempertimbangkan untuk kembali berkunjung. Bagaimana cara menemukan nama yang mudah diingat?

  • Mudah untuk Diketik

Nama domain yang mudah untuk ditulis memiliki kecenderungan untuk mudah diingat. Coba perhatikan CNN, Kompas, Detik, Goal, Tokopedia, dan Google. Nama domain website tersebut mudah untuk diketik.

  • Mudah untuk Diucapkan

Jangan sampai Anda berusaha anti-mainstream sehingga menggunakan nama domain yang hanya Anda saja yang bisa mengucakan. Kalau bisa, pilih nama dimana orang di seluruh dunia mudah mengucapkannya.

  • Opini Publik

Pilihlah beberapa nama dan ajukan ke publik melalui media sosial. Dengar dan lihatlah reaksi publik mengenai nama yang Anda ajukan tersebut. Anda bisa mendapatkan nama yang tepat dari reaksi publik tersebut.

  • Alat Penemu Nama

Cara lain untuk mendapatkan ide nama domain yang mudah diingat adalah menggunakan alat penemu nama atau website name generator. Alat ini dapat Anda temukan dengan mudah di internet.

Tidak perlu membayar untuk menggunakan alat ini. Untuk menemukan nama yang pas, silakan gunakan opsi penemuan nama berdasarkan kategori website atau memilih nama yang dihasilkan dari komunitas yang ada.

4 Tips di atas bisa Anda manfaatkan untuk menemukan nama domain yang memorable. Hindari hal-hal yang kompleks yang rumit. Terlalu lama berpikir bisa membuat Anda menjadi bingung sendiri.

  1. Hanya Menggunakan Huruf

contoh domain yang bagus itu hanya berupa huruf

Hindari menggunakan nomor, simbol, atau apapun yang membuat nama domain terlihat alay dan konyol. Mencampurkan nomor dengan huruf kadangkala membuat orang salah paham.

Ketika disebutkan, nama domain yang dikombinasikan dengan huruf dapat berbeda ketika ditulis. Akibatnya orang sedikit kebingungan. Anda tentu ingin memberi kesan positif pada domain dengan tidak membuat orang bingung.

Nama yang dikombinasikan dengan nomor tidak lebih mudah diingat. Selain angka, hypens (-) juga sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan. Anda sendiri mungkin pernah berpikir untuk apa hypens digunakan.

Beberapa nama website terlihat konyol ketika hypens digunakan. Pada intinya buatlah nama yang sederhana dengan hanya menggunakan huruf tanpa berusaha nyentrik dengan kombinasi angka dan hypens.

  1. Domain Non-Gratis dan Ekstensi .COM

Tips memilih nama domain berikutnya adalah hindari menggunakan domain gratis. Dalam beberapa kasus, para pemula biasanya menggunakan domain gratisan untuk coba-coba. Jika sekadar coba-coba masuk akal memang.

Contoh domain gratis adalah .GA, .TK, dan .ML. Jika Anda serius ingin mengembangkan website, menggunakan domain gratis adalah pilihan yang buruk. Mengembangkan website sama dengan bisnis pada umumnya.

Maksudnya, Anda membutuhkan modal untuk merintis usaha Anda. Begitu juga dengan pemilihan domain, dimana Anda juga harus menyiapkan modal untuk mendapatkan domain yang pantas untuk website Anda.

Apa itu Web Hosting? Pentingnya Web Hosting Bagi Website Anda

Terdapat beberapa alasan kenapa Anda sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan domain gratis. Domain gratis tidak jarang digunakan oleh website atau blog yang tidak jelas dan berisi spam.

Akibatnya, website Anda akan dikenal atau diidentifikasi sebagai website yang tidak profesional dan mencurigakan. Jika demikian, menggunakan domain non-gratis wajib hukumnya.

Setelah Anda mantap menggunakan domain berbayar, langkah selanjutnya adalah menentukan ekstensi domain yang akan digunakan. Diantara sekian banyak ekstensi domain, ekstensi manakah yang pas digunakan?

  • COM

Ekxtensi yang paling banyak digunakan adalah .COM. Ekstensi ini merupakan kependekan dari commercial. Meskipun di awal kemunculannya digunakan untuk keperluan komersial, .COM bebas digunakan untuk apa saja.

  • EDU

Ekxtensi ini digunakan untuk institusi pendidikan, contohnya sekolah, lembaga pendidikan, dan universitas.

  • NET

Ekstensi .NET adalah kependekan dari network. Di awal kemunculannya ekstensi ini digunakan sebagai domain organisasi teknologi jaringan dan ISP. Saat ini ekstensi .NET sudah digunakan untuk keperluan umum.

  • GOV

Ekstensi .GOV digunakan hanya untuk pemerintah federal Amerika Serikat. Pemerintah dari negara selain AS boleh menggunakan ekstensi .GOV dengan tambahan domain tingkat dua, contohnya .GOV.ID dan .GOV.FR.

  • MIL

Ekstensi .MIL digunakan untuk angkatan bersenjata Amerika Serikat. Selain militer AS, domain .MIL dapat digunakan untuk militer negara lain dengan tambahan domain tingkat dua sebagaimana ekstensi .GOV.

  • ORG

Ekstensi .ORG awalnya digunakan untuk organisasi non-profit. Namun, saat ini ekstensi tersebut sudah bebas digunakan untuk keperluan apapun. Ekstensi .ORG banyak digunakan oleh LSM, komunitas, dan ormas.

Ekstensi .COM dan .NET adalah ekstensi yang paling direkomendasikan untuk website apapun. Jika keduanya tidak Anda pilih, Anda bisa menggunakan Country Code Top Level Domain atau CCTLD.

CCTLD ini adalah ekstensi domain untuk negara, contohnya ekstensi .ID untuk Indonesia dan ekstensi .JP untuk Jepang. Ekstensi ini lebih direkomendasikan untuk keperluan umum daripada .ORG dan .EDU.

Selain memilih ekstensi yang tepat dengan tujuan popularitas dan kepantasan, Anda juga dapat membeli banyak ekstensi untuk memproteksi brand yang Anda buat. Bagaimana bisa dan apa yang harus diproteksi?

Bukan tidak mungkin, brand atau nama domain Anda dicontek oleh orang lain dengan mengganti ekstensinya. Misalnya, nama domain Anda ahlireparasivespa.com. Bisa jadi ada yang membuat ahlireparasivespa.net.

Perbedaan ekstensi tersebut dapat menyesatkan calon pelanggan Anda. Alih-alih berkunjung ke website Anda, Mereka berkunjung ke website plagiat. Proteksi website Anda dengan membeli banyak ekstensi.

Dengan demikian, kejadian nyasar atau salah alamat yang merugikan Anda tidak akan terjadi. Hal ini bukan kewajiban, namun merupakan upaya pencegahan dan antisipasi jika hal tersebut terjadi.

  1. Mencerminkan Brand dan Relevan

manfaat website untuk brand usaha

Salah satu cara/tips memilih domain yang sering diabaikan oleh kebanyakan pemilik website yaitu ini. Ketika Anda mencari nama domain yang pas, Anda memiliki 2 pilihan. Kedua pilihan tersebut adalah menggunakan nama yang menitikberatkan pada brand atau nama yang menitikberatkan pada keyword.

Pilihan kedua lebih dikenal dengan istilah Exact Match Domain atau EMD. Nama domain yang dipilih berdasarkan EMD akan melibatkan keyword yang sesuai dengan konten yang dibuat dan dipublish di website.

Keyword yang dipilih merupakan hasil riset dan berpotensi meningkatkan ranking mesin pencari. Penggunaan EMD ini ada kaitannya dengan metode SEO (Search Engine Optimization) dengan tujuan meningkatkan visitor.

Di masa lalu, penggunaan EMD untuk nama domain cukup direkomendasikan karena memengaruhi traffic dan sebagainya. Namun, saat ini penggunaan EMD tidak begitu direkomendasikan.Jika pertimbangannya adalah ranking mesin pencari, maka ada banyak teknik lain yang dapat membuat website Anda berada di urutan teratas hasil pencarian di mesin pencari.

Hal tersebut membuat EMD tidak lagi menjadi cara yang efektif. Saat ini penggunaan keyword sebagai nama domain terlihat norak, tidak jelas, dan terkesan hanya mencari untung dari traffic dan visitor saja.

Cara Mudah Membuat Website untuk Pemula Dari Nol Hingga Selesai

Memang, masih terdapat perdebatan mengenai apakah EMD masih relevan atau tidak. Namun, menggunakan nama domain yang menitikberatkan pada brand memiliki lebih banyak keuntungan saat ini.

Anda bisa memikirkan dan melakukan riset nama apakah yang akan menjadi brand dari konten yang Anda publikasikan. Pikirkanlah manfaat dan rencana jangka panjang dari nama tersebut.

Lakukanlah brainstorming, riset kreatif, dan pencarian nama yang sama. Jangan sampai, Anda memilih nama domain yang sudah banyak digunakan atau terlihat mirip sehingga terkesan menjiplak.

Selain memilih brand, pastikan Anda menggunakan nama domain yang relevan dengan konten yang Anda buat. Pilihlah nama domain yang memiliki makna yang berkaitan dan relevan dengan konten di website Anda.

Jangan sampai website dengan konten olahraga Anda namakan dengan konten fesyen atau sebaliknya. Selain menyesatkan, para pengunjung akan merasa tertipu dan meninggalkan kesan yang buruk.

  1. Panjang Maksimal 15 Karakter

Memilih nama domain yang pendek merupakan tips memilih nama domain yang tidak boleh Anda abaikan. Nama domain maksimal 15 karakter harus Anda prioritaskan ketimbang nama domain lebih dari 15 karakter.

Nama domain yang panjang tidak berarti buruk. Jika Anda sangat memprioritaskan branding, bukan tidak mungkin Anda harus menggunakan nama yang panjang agar branding Anda sempurna.

Beberapa orang mampu menemukan nama domain yang sangat unik dengan ukuran yang panjang. Jika demikian, kenapa sangat dianjurkan menggunakan nama domain yang pendek?

Nama domain yang pendek ternyata memiliki lebih banyak kelebihan ketimbang nama domain yang panjang. Selain itu, nama domain yang pendek lebih ramah dengan SEO.

Nama domain yang pendek memiliki risiko salah ucap dan salah tulis yang bisa membuat mood pengguna menjadi buruk. Berikut adalah 2 keunggulan menggunakan nama domain yang pendek.

  • Memorable

Keunggulan nama domain yang pendek adalah mudah diingat, mudah diucapkan dan diketik, serta nempel di otak dan mudah terbayang sehingga kemungkinan orang untuk kembali ke website Anda tinggi.

Kekurangannya merupakan keunggulan nama domain yang panjang. Nama domain yang pendek rata-rata sudah digunakan orang lain sehingga peluang Anda menemukan nama yang benar-benar unik menjadi kecil.

  • Meningkatkan Ranking SEO

Dari segi SEO dan dampaknya terhadap ranking di mesin pencari, website dengan nama yang pendek lebih mudah untuk naik ranking dan berada di urutan teratas hasil pencarian di mesin pencari.

Nama domain yang pendek akan membuat URL website Anda nyaman untuk dibaca sekaligus lebih mudah terindeks oleh Google. URL yang pendek dan jelas memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk diklik.

Manfaat terbesar memilih nama domain yang pendek adalah meningkatkan rataan diklik dan mengurangi bounce rate. Bounce rate adalah rataan orang keluar dari website yang telah dimasukinya karena satu dan lain hal.

Akibatnya, jumlah pengunjung akan bertambah banyak dan Mereka akan mendapatkan pengalaman baik karenanya. Menggunakan nama domain yang pendek pas untuk rencana jangka panjang SEO Anda.

  1. Tidak Mirip dengan Brand Lain

membeli domain yang bagus dan unik

Tips memilih domain yang bagus adalah usahakan jangan mirip dengan brand lain. Gunakan nama yang menitikberatkan pada brand tanpa menjiplak atau berusaha mengikuti brand lain. Beberapa orang memang memilih nama brand yang bisa berbentuk parodi atau lelucon yang mirip nama brand lain.

Penggunaan nama brand yang orisinal lebih diprioritaskan. Selain memberikan image yang kuat dan berkarakter, nama yang orisinal memiliki manfaat jangka panjang. Berbeda dengan nama yang meniplakn brand lain.

Bagaimana cara menemukan nama yang orisinal dan tidak mirip dengan brand lain?

  • Membuat Kata Baru

Anda bisa bereksperimen dengan huruf dan kata-kata yang sudah ada untuk kemudian menemukan nama dari kata yang benar-benar baru. Nama domain dengan nama yang unik dan baru memiliki karakter yang kuat.

Tengok saja Google, Yahoo, dan Bing. Nama-nama tersebut mungkin tanpa makna tetapi nama tersebut terdengar unik. Menggunakan nama baru juga bisa membuat konten di website Anda menjadi ikonik.

  • Tidak Menggunakan Trademark

Beberapa orang kerap menggunakan sebagian atau bahkan seluruh kata yang ternyata merupakan trademark. Misalnya menggabungkan Yahoo dengan kata master menjadi masteryahoo.com.

Jika kaya tersebut bukanlah trademark atau tidak dikenai hak cipta, maka hal tersebut aman-aman saja. Namun, jika sampai dikenakan hak cipta atau trademark bukan tidak mungkin Anda akan dituntut.

Hindari juga mendompleng nama domain lain. Memang tidak ada salahnya menggunakannya untuk keperluan popularitas. Namun orisinalitas brand lebih diprioritaskan dibanding sekadar menjiplak.

  • Periksa Ketersediaan Nama Domain

Untuk menghindari kesamaan yang menimbulkan kecurigaan plagiarisme, Anda sangat dianjurkan untuk memeriksa ketersediaan nama domain yang diajukan. Cara dengan menggunakan alat pencari nama domain.

Anda bisa mengakses nama domain melalui website domain name search. Ada banyak website yang mampu melacak nama-nama domain yang sudah ada, sudah tidak lagi aktif, dan nama domain yang dijual.

Alat pencari nama domain ini gratis dan mudah untuk dioperasikan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetik nama dan lakukan pencarian. Jika memang orisinal, maka gunakanlah nama tersebut.

Alat pencari ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mencari inspirasi. Anda bisa membeli nama yang sudah ada dan habis masa berlakunya atau membeli domain dengan nama yang menurut Anda unik.

  1. Hindari Konotasi Negatif

Pilihlah nama yang pantas, baik, dan tidak mengandung konotasi negatif. Banyak orang bisa salah kaprah dan menganggap konten di website Anda adalah konten asal-asalan atau main-main.

Menggunakan nama dengan konotasi negatif pun akan berdampak pada brand yang tengah Anda buat. Ingatlah bahwa kesan pertama itu selamanya. Jika kesan pertamanya buruk sulit untuk merubahnya menjadi kesan baik.

Hindari kata-kata kasar, bahasa-basah yang ambigu, dan slang yang kasar dan insensitif. Selain menghindari nama dengan konotasi negatif, Anda juga harus menghindari nama yang sedang menjadi tren.

Nama domain yang memanfaatkan tren cenderung tidak berumur panjang dan hanya bagus ketika tren tersebut terjadi. Misalkan Anda membuat webste dengan nama jualvinylmurah.com ketika penggunaan vinyl menjadi tren.

Ketika vinyl tidak lagi menjadi tren, website Anda akan ditinggal dan sulit untuk berada di urutan teratas di mesin pencari untuk konten atau topik yang tidak spesifik menampilkan vinyl.

Perhatikan efek jangka panjang dari website yang Anda buat dan kembangkan. Jangan sampai website Anda membuat orang malas mengklik karena namanya memiliki konotasi negatif dan terlihat musiman.

  1. Minta Ide Orang di Sekitar

cara memilih nama domain yang bagus dengan meminta ide

Tips memilih nama domain terakhir adalah meminta ide orang di sekitar. Anda bisa meminta ide sari siapapun, dari mulai teman, kolega, keluarga, atau bahkan melempar pertanyaan ke ruang publik.

Manfaatkan media sosial untuk bertanya dan menemukan nama domain yang dianggap tepat dengan konten yang Anda buat. Bukan tidak mungkin dari riset bertanya kepada orang di sekitar memunculkan nama yang unik.

Bukan berarti Anda harus memilih nama yang diajukan. Jadikan nama yang diajukan tersebut sebagai inspirasi. Pilihlah nama yang seunik mungkin dan jangan sampai asal pilih karena nama domain yang baik itu penting.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *