Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Alasan Pentingnya Konten Terbaru dalam SEO Website Anda

3 min read

7 Alasan Pentingnya Konten Terbaru dalam SEO Website Anda

Jika Anda mempertanyakan pentingnya konten terbaru dalam SEO, maka jawabannya tentu adalah sangat penting. Pasalnya, variable ini dapat membantu meningkatkan kekuatan SEO dan kredibilitas suatu website di mata mesin pencari Google. Masalahnya, masih banyak blogger yang belum memahami hal ini.

Pada ulasan kali ini, kami akan mengupas lebih mendalam mengenai pentingnya konten paling baru dalam SEO, khususnya untuk para blogger pemula. Langsung saja, cek dan simak bahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Konten Terbaru Menurut Google?

Jika mengambil secara harfiah, konten baru tentunya merujuk pada konten yang baru saja dirilis oleh sebuah website. Namun, jika menyangkut SEO, Anda tidak boleh mengambilnya secara mentah seperti ini. Pasalnya, jika menarik lebih jauh, definisi konten baru menurut Anda dan Google sedikit berbeda. 

Google mendefinisikan konten terbaru bukan sebatas konten yang baru dirilis, namun juga mempertimbangkan kebaruan (freshness) informasi yang disajikan di dalamnya. Hal tersebut telah Google umumkan di pembaharuan Algoritmanya tahun 2011 lalu.

Jadi, konten terbaru yang kami maksud di sini bukan sebatas berdasarkan waktu update atau rilisnya, namun juga berdasarkan tingkat kesegaran informasi yang tersaji.

Alasan Pentingnya Konten Terbaru dalam SEO

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, konten terbaru adalah salah satu variabel yang dapat mempengaruhi kredibilitas website di mata Google. Namun, selain itu, terdapat banyak alasan lain yang melatarbelakangi pentingnya konten terbaru dalam SEO. Adapun beberapa alasan tersebut meliputi:

1. Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung

Salah satu manfaat dari mengupdate konten baru di website Anda adalah memberikan potensi datangnya pengunjung baru. Dengan merilis konten baru secara teratur, maka Anda akan dapat menyasar lebih banyak query atau kata kunci yang potensial mendatangkan trafik kunjungan.

Dalam hal ini, kami menyarankan agar Anda dapat menerbitkan artikel serutin mungkin. Bahkan, jika memungkinkan, sebaiknya Anda merilis konten baru setiap harinya. 

Namun, pastikan juga Anda memperhatikan kualitas artikel yang Anda rilis. Jangan sekedar menambah artikel, namun yang kurang memiliki value atau nilai di mata pengguna internet.

Jika Anda memang memiliki jadwal yang cukup padat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa penulis artikel atau menyewa content writer profesional untuk mengelola website Anda. 

2. Membangun Brand Awareness

Alasan pentingnya konten terbaru dalam SEO yang lain adalah dapat membantu membangun brand awareness dari website Anda. Analogi sederhananya, jika semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda melalui artikel yang Anda terbitkan, maka semakin dikenal pula brand atau website Anda.

Selain itu, dengan menyajikan artikel berkualitas dan update, maka hal tersebut dapat menjadi alasan untuk pengunjung blog Anda kembali berkunjung (menjadi return visitors).

Baca Juga: Apa itu Brand Awareness? Manfaat dan Cara Meningkatkannya (Lengkap)

3. Membangun Interaksi dan Komunikasi dengan Pengunjung

Membuat artikel baru secara berkala juga dapat menjadi cara untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan pengunjung maupun pembaca setia website Anda.

Dengan memberikan artikel yang berkualitas dan informatif, maka Anda akan memancing pembaca atau pengunjung untuk berinteraksi dengan postingan artikel Anda, entah itu membagikannya, berkomentar, ataupun menjadikannya rujukan (memberikan backlink).

Selain itu, Anda juga dapat berkomunikasi dengan pembaca Anda di kolom komentar, yang memungkinkan terjaganya komunikasi jangka panjang. Bahkan, melalui komunikasi sederhana ini, maka kemungkinan kolaborasi pun juga terbuka.

Di bagian ini, selain memberikan artikel berkualitas, pastikan juga Anda untuk menyediakan elemen lainya di website Anda, seperti promo, video, dan lainnya. Hal ini membuat pengunjung website betah berlama-lama di website Anda.

4. Meningkatkan Peringkat SEO

Setelah update core bulan Oktober 2023 lalu, Google saat ini sangat mengutamakan helpful content untuk mendapatkan peringkat di SERP. Dengan secara teratur menerbitkan helpful content, maka hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas website Anda di mata Google dan mendapatkan topical authority.

Topical authority sendiri pada dasarnya adalah kredibilitas di mata Google untuk topik atau niche tertentu. Singkatnya, dengan mendapatkan topical authority ini, maka website Anda secara tidak langsung telah diakui oleh Google sebagai website terpercaya untuk suatu topik.

Selain itu, jika website Anda telah mendapatkan topical authority, maka setiap artikel atau postingan Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi di SERP Google.

5. Meningkatkan Konversi Penjualan

Manfaat atau dampak positif artikel terbaru dalam SEO adalah dapat meningkatkan konversi penjualan. Karena, jika website Anda berafiliasi dengan program iklan seperti Google Adsense dan program iklan lain, maka menambah konten secara teratur akan meningkatkan tayangan iklan Anda. 

Pasalnya, semakin banyak halaman atau postingan yang tersedia, maka semakin tinggi penayangan iklan di website Anda. Hal tersebut pun akan meningkatkan potensi lead atau konversi dari iklan yang terpasang.

6. Meningkatkan Otoritas

Salah satu cara alami untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat konten berkualitas yang layak menjadi rujukan. Jika secara teratur menerbitkan konten berkualitas dan bermanfaat, maka konten tersebut dapat menjadi sarana untuk menjadi media yang mendapatkan tautan (backlink) ke website Anda.

Sebagai contoh, misalnya Anda membuat artikel mengenai broken link. Kemudian, terdapat beberapa website yang menjadikan artikel Anda sebagai rujukan, dengan memberikan tautan mengarah ke artikel Anda. 

Hal tersebut akan meningkatkan jumlah backlink di website Anda secara alami dan sekaligus meningkatkan otoritas website Anda.

7. Meningkatkan Kemampuan Pembuatan Konten

Selain memberikan manfaat kepada website dari sisi SEO, mengupdate konten secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis dari para blogger. 

Dengan semakin banyak menulis, maka Anda akan menemukan tone unik Anda sendiri dalam menulis. Selain itu, kemampuan penyajian informasi Anda pun akan meningkat, yang mana Anda akan dapat menyajikan informasi dengan lebih terstruktur.

Memperbarui Konten Lama Juga adalah Hal Penting!

Masih terkait dengan pentingnya konten terbaru dalam SEO. Selain rutin menerbitkan konten baru di website Anda, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memperbarui konten lama di website Anda. Namun, konten lama apa yang dimaksud di sini? Konten lama yang kami maksud di sini yang informasinya telah outdate atau kadaluarsa. 

Misalnya, Anda sempat membuat artikel mengenai “cara mendaftarkan website ke Google Search Console”. Namun, seiring berjalannya waktu, tampilan GSC mulai berubah, yang berakibat panduan Anda telah tidak relevan lagi. 

Di sini, Anda memiliki kewajiban untuk memperbarui konten lama Anda tersebut. Hal tersebut untuk membuat halaman konten Anda tetap dapat mendatangkan trafik kunjungan. 

Praktik ini telah dibuktikan oleh Danny Goodwin, Executive Editor dari website searchenginejournal.com. Ia menemukan bahwa memperbarui informasi di konten lama dapat meningkatkan pageviews halaman tersebut secara significant.

Telah Lebih Paham tentang Pentingnya Konten Terbaru Dalam SEO?

Ringkasnya, jika membahas mengenai dampak positif artikel terbaru dalam SEO, maka terdapat banyak alasan di balik hal tersebut. Karena, konten terbaru dari segi perilisan dan kesegaran informasi dapat membantu sebuah website meningkatkan kredibilitasnya di mata Google. 

Pasalnya, konten terbaru memiliki potensi besar untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP Google. Selain itu, konten terbaru juga dapat menjadi media untuk membangun brand awareness dan juga menjadi link worthy content.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development