Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Google Discover? Cara dan Mengapa Penting untuk SEO

4 min read

Apa Itu Google Discover? Cara dan Mengapa Penting untuk SEO

Google Discover memiliki banyak manfaat karena mampu mempelajari preferensi dan minat pengguna berdasarkan riwayat pencarian mereka. Mari pahami bagaimana cara mengoptimalkan konten untuk Google Discover bersama kami. Jangan lewatkan semua pembahasan lengkapnya sampai akhir!

Apa Itu Google Discover?

Google Discover menyediakan konten yang relevan dengan pengguna langsung di beranda perangkat seluler atau halaman utama Google di desktop

Melalui penggunaan algoritma dan kecerdasan buatan, fitur ini mempelajari minat dan preferensi pengguna berdasarkan riwayat pencarian, lokasi geografis, dan aktivitas online lainnya. 

Setelah itu, halaman akan menampilkan berita, artikel, video, dan konten lain yang lebih relevan atau menarik untuk pengguna.

Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat meningkatkan lalu lintas website dengan memanfaatkan Google Discover. 

Untuk masuk pada tampilan halaman fitur ini, optimalkan konten website. Selain itu, tambahkan ilustrasi guna menarik perhatian pengguna ketika konten Anda muncul di Google Discover.

Fungsi fitur ini mirip dengan pusat konten yang tampil sesuai dengan minat pembaca, menampilkan fitur video, skor olahraga, pembaruan hiburan (seperti rilis film baru), harga saham, atau informasi acara.

Bagaimana Cara Kerja Google Discover?

Discover Google tidak muncul, jika Anda tidak mengoptimalkannya. Sebelum mengoptimalkan konten untuk Google Discover, pahami cara kerjanya. Konten yang muncul harus memenuhi syarat E-A-T (expertise, authoritativeness, trustworthiness) dan mengikuti kebijakan Google.

Dengan menggunakan data aktivitas pengguna, lokasi, dan minat, fitur Google ini memberi peringkat konten secara algoritmik berdasarkan kecocokan dengan preferensi pengguna. 

Tidak ada metode khusus untuk meningkatkan peringkat, selain dengan menyajikan konten menarik bagi pengguna.

Mengapa Google Discover Penting Untuk SEO?

Mengoptimalkan konten untuk Google Discover bukan hanya tentang konten baru, tetapi juga memungkinkan eksplorasi topik baru. Dengan fokus pada kualitas, website bisa menjadi sumber informasi terbaru yang relevan dengan minat pengguna, tidak hanya di hasil pencarian, tapi juga di feed.

Apakah Konten Blog Saya Memenuhi Syarat untuk Visibilitas di Google Discover?

Supaya konten pada tampilan pengguna optimal, pastikan website terindeks, buat konten menarik, dan gunakan gambar berkualitas tinggi. Google Discover lebih suka konten yang bersifat viral, jadi fokuslah pada konten menarik bagi pengguna. 

Jika sudah memenuhi seluruh syarat di atas, kemungkinan Discover Google tidak muncul lebih sedikit. Sebaliknya, konten Anda tampil di halaman fitur Google ini lebih besar.

Cara Mengoptimalkan Konten untuk Google Discover

Mari pahami cara mengaktifkan Discover Google yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten bisa muncul di halaman fitur Google ini Berikut 15 caranya, yaitu:

1. Buat Konten Blog yang Hebat

Fitur Google ini umumnya menampilkan konten yang memberikan manfaat signifikan bagi pengguna. Gunakan riset yang komprehensif, rujukan dari sumber terpercaya, dan bahasa yang lugas saat menulis artikel atau membuat konten agar menjadi lebih menarik.

2. Dapatkan Pengikut

Cara mengoptimalkan konten untuk Google Discover adalah memanfaatkan fitur Follow yang memungkinkan pengguna mendapatkan pembaruan terbaru dari situs web Anda. Optimalkan umpan RSS dan pastikan umpan tidak terblokir. 

Dengan memberi tahu Google umpan mana yang akan mereka ikuti, Anda dapat meningkatkan penggunaan fitur ini.

3. Bangun Kepercayaan dengan Pembaca

Konten sebaiknya mencantumkan tanggal, penulis, halaman penulis dengan detail profesional yang relevan, dan informasi publikasi atau penerbit untuk membangun kepercayaan pembaca. Pastikan informasi kontak tersedia di halaman Tentang Kami.

4. Tingkatkan Keterlibatan Sosial

Fitur ini menyukai keterlibatan sosial. Sama seperti SEO organik, Google Discover cenderung memilih dan mempromosikan konten yang mendapat komentar dan banyak repost di media sosial.

Kondisi ini menciptakan hubungan simbiosis, apakah konten Anda menjadi viral di media sosial karena Google Discover mengambilnya, atau sebaliknya? 

Fitur Google yang satu ini dapat bersanding dengan Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube untuk meningkatkan visibilitas konten dan menarik audiens yang lebih besar. 

Efek ini berarti semakin banyak pengikut yang Anda dapatkan, semakin luas jangkauan konten Anda ke audiens baru.

5. Optimalkan untuk AMP

Teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan situs Anda ramah seluler. Gunakan AMP untuk menciptakan halaman seluler yang cepat dan responsif. Pastikan HTML sudah optimal dan beratnya Javascript Anda kurangi.

6. Tempatkan Fokus pada Visual

Fokus pada judul utama Anda agar konten juga muncul di Google Discover, tambahkan juga dengan gambar unggulan yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan rasio click view

Salah satu cara mengoptimalkan konten untuk Google Discover adalah menggunakan alat seperti Canva untuk membuat gambar unggulan yang menarik.

Gambar berguna untuk memberikan gambaran cepat dan memikat pemirsa agar mengeksplorasi seluruh postingan.

7. Mematuhi Praktik Terbaik SEO

Untuk sukses di fitur Google ini, utamakan aturan SEO untuk memberikan pengalaman positif kepada audiens. Kecepatan muat situs yang cepat sangat penting; pengguna mengharapkan waktu muat dua detik. 

Gunakan alat seperti Google PageSpeed Insights atau sewa perusahaan pemasaran digital untuk waktu muat yang lebih cepat. 

Pastikan situs ramah seluler dengan desain responsif, mengingat 70% waktu internet dihabiskan di perangkat seluler. Terakhir, lindungi situs Anda dengan sertifikat SSL untuk kepercayaan pengguna. 

8. Pastikan Halaman Dapat Dirayapi

Ketika mengoptimalkan konten untuk Google Discover, pastikan Google mudah mengindeks halaman web Anda. Hal ini mempercepat proses indeks dan penampilan di SERP, dan akhirnya di fitur Google tersebut. 

Pemilik situs dapat mempercepat indeks dengan membuat peta situs XML yang berisi informasi lengkap tentang semua halaman web. 

Selain itu, menggunakan alat seperti Google Search Console untuk secara manual meminta indeksasi halaman web yang baru Anda unggah secara langsung memberitahu Google untuk segera mengindeks kontennya.

9. Tinjau Kebijakan Penerbitan Google

Jangan lupakan bahwa Google Discover adalah properti milik Google, yang berarti harus patuh pada aturan dan regulasi pencarian mesin tersebut. Intinya, itu berarti terus mengikuti praktik SEO organik dan peringkat halaman.

Meskipun terkadang tetap up to date dengan pembaruan algoritma rutin Google terasa berat, tapi Anda memerlukannya. Untuk mengoptimalkan potensi fitur Google ini, situs web Anda harus mematuhi protokol SEO. 

Jika dedikasi Anda untuk meningkatkan peringkat halaman dan skor kualitas melorot, konten Anda kemungkinan lebih sedikit Google Discover pilih.

10. Dapatkan GMB

Untuk Google Discover dalam e-commerce, memiliki akun Google My Business (GMB) yang aktif dan mendapatkan ulasan positif meningkatkan peluang Anda terpilih, karena Google melihatnya sebagai tanda kualitas.

11. Publikasikan Konten Evergreen

Membuat konten evergreen adalah salah satu metode mengoptimalkan konten untuk Google Discover yang wajib Anda coba. 

Evergreen yaitu konten yang tetap relevan seiring waktu. Konten ini tidak terikat pada tren atau peristiwa terkini, tetapi tetap dapat muncul di feed Google Discover berbulan-bulan setelah Anda publikasikan. 

Berbeda dengan berita yang cepat tergantikan, konten evergreen bisa tetap muncul kapan saja karena informasinya masih akurat. 

Pasalnya, fokus fitur ini menyajikan konten segar, sehingga sebagian besar URL pada Google Discover hanya menerima traffic selama 3-4 hari.

Oleh karena itu, fokuslah pada topik-topik yang audiens Anda minati, gunakan pertanyaan umum mereka sebagai inspirasi, dan buatlah konten berkualitas yang dapat mereka nikmati dalam jangka waktu yang lama.

12. Melayani Minat Pembaca

Fitur ini berbeda dari SEO karena berhasil bahkan ketika pengguna tidak secara aktif mencari topik, mirip dengan konten media sosial di platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. 

Metode kata kunci SEO tradisional mungkin tidak berlaku untuk fitur Google ini. Memprioritaskan topik yang sesuai dengan audiens target dan membangkitkan emosi dapat meningkatkan kinerja di Google Discover.

13. Dengan Waspada Terhadap Judul Clickbait

Berbeda dengan kepercayaan umum, judul clickbait tidak membantu konten muncul di feed fitur ini. Meskipun clickbait mungkin mendatangkan klik dalam jangka pendek, Google dengan tegas tidak mengizinkannya.

Google menyarankan agar judul mencerminkan konten secara akurat, menghindari informasi yang menyesatkan dan informasi palsu. Selain itu, pastikan URL sesuai isi konten agar Google Discover mampu memahaminya.

14. Ajukan Pertanyaan di Headlines

Taktik lain yang tidak konvensional namun efektif untuk adalah menyajikan judul sebagai pertanyaan, yang cenderung meningkatkan click through rate (CTR). 

Meskipun pendekatan ini mungkin tidak sepenuhnya sejalan dengan algoritma SEO Google, sifat menarik dari pertanyaan-pertanyaan ini terbukti berhasil menarik perhatian pengguna.

15. Tulis Pada Topik Niche

Kata kunci populer di Google Discover bisa menciptakan persaingan ketat seperti saat lelang PPC. Jika bukan pemain utama dalam industri, Anda berisiko tersisih oleh nama-nama besar. Meskipun begitu, fitur dari Google ini tetap bermanfaat dengan cara berpikir kreatif. 

Nah, ketika ingin menerapkan cara mengaktifkan Discover Google pilih topik yang menarik bagi niche Anda. Kemudian bahas dengan mendalam sesuai regulasi algoritma E-A-T, maka hasil akan mengikuti.

Baca Juga: Google Discover Mengalami Bug yang Berpengaruh pada Traffic Web

Sudah Tahu Apa Itu Google Discover?

Mengoptimalkan konten untuk Google Discover sangat penting. Pasalnya, fitur ini dapat menyajikan konten relevan langsung di beranda perangkat seluler atau halaman utama Google di desktop

Penting bagi bisnis untuk meningkatkan lalu lintas website. Agar bisa mengoptimalkan konten untuk fitur Google ini, pastikan penuhi E-A-T dan kebijakan Google.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development