Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Semrush? Fitur, Harga, dan Cara Menggunakannya

3 min read

Sering Digunakan Para Digital Marketer, Apa Itu Semrush

Semrush adalah salah satu tools penting yang wajib digunakan oleh para digital marketer. Terutama bagi Anda yang bekerja sebagai SEO Specialist.

Ya, alat analisis ini menjadi primadona bagi mereka lantaran fitur yang ditawarkan paling lengkap ketimbang para pesaingnya. Mulai dari kampanye SEO hingga sosial media tersedia dalam satu platform. Simak info lebih lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Semrush?

Semrush adalah alat yang sempurna untuk mendapatkan analisis terperinci terkait kata kunci apa saja yang akan ditargetkan, iklan produk mana yang akan digunakan, hingga berbagai strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk membangun bisnis online.

Sementara menurut Anil Agarwal, seorang pakar SEO dalam blognya mengungkapkan bahwa fungsi Semrush bukan hanya sekedar SEO tools. Tetapi, juga dapat memberikan pandangan 360 derajat terkait seluk beluk situs website lain yang menjadi kompetitor.

Baca juga: Apa Itu Ahrefs? Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Harga Paketnya

Fitur Semrush

Semrush adalah tool pemasaran digital yang paling digandrungi saat ini. Karena fitur-fiturnya dapat membantu Anda agar dapat mengetahui secara persis bagaimana mengarahkan lebih banyak traffic pengunjung ke dalam situs website dan merubahnya menjadi pelanggan (leads) Anda. Beberapa fitur tersebut, yaitu:

1. Riset Kata Kunci

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Semrush menjadi alat sempurna untuk melakukan riset kata kunci.

Ketika Anda melakukan riset kata kunci, tool ini akan menampilkan data seperti search volume, user intent, keyword difficulty, traffic share, proyeksi tampilan di search engine result page (SERP), dan masih banyak lagi.

Semua metrik pada data tersebut dapat membantu Anda menemukan kata kunci potensial, sehingga mampu meningkatkan lalu lintas pencarian ke website Anda.

2. Site Audit 

Fitur site audit ini dapat membantu menemukan masalah teknis dalam situs website Anda dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Biasanya, isu yang sering terjadi seperti masalah perayapan halaman (crawling) sehingga dapat diindeks, arsitektur website, duplikat konten, broken links, pengalaman pengguna, dan lain sebagainya.

3. Analisis Traffic

Semrush memungkinkan Anda melacak kinerja situs website sekaligus dapat mengidentifikasi sumber traffic. Sumber tersebut termasuk berasal dari organic search, paid search, dan referral. Oleh sebab itu, Anda dapat melihat aliran traffic mana yang memberikan hasil terbaik.

Baca juga: Apa Itu SEOQuake? Definisi, Fitur, dan Kegunaannya

Backlink menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan peringkat halaman website Anda pada search engine. Saat menganalisa backlink, Anda harus mendapatkannya dari situs yang kredibel dan otoritatif, sehingga mesin pencari atau Google lebih mempercayai situs Anda.

Semrush menjadi solusi Anda yang memungkinkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis profil backlink mana saja dari berbagai situs website. Baik itu yang sifatnya dofollow maupun nofollow.

5. Riset Iklan

Strategi iklan kerap dipakai dalam berbagai bisnis online, demi mendapatkan pertumbuhan traffic dan leads yang signifikan. Namun, biasanya sebelum menerapkan strategi tersebut, diperlukan riset secara komprehensif dalam menentukan bid atau penawaran dari kata kunci yang termasuk dalam grup iklan.

Adapun Semrush juga menyediakan fitur riset iklan yang memungkinkan Anda melacak kinerja kampanye paid per click (PPC), menganalisis persaingan, dan mengidentifikasi peluang baru untuk bertumbuh. 

6. Alat Media Sosial

Tidak hanya SEO dan iklan, Semrush juga menyediakan beberapa fitur dan alat untuk media sosial dan pemasaran konten.

Pemasaran media sosial sangat penting untuk menciptakan brand secara daring. Konten marketing berupa gambar, video, postingan, dan lain sebagainya dapat mempengaruhi persepsi calon pelanggan terhadap bisnis Anda.

Melalui fitur pemantauan merek atau domain, Semrush dapat melacak performa bisnis di media sosial, sehingga membantu Anda memahami isu dan peluang dalam menjalan strategi pemasaran lebih lanjut.

Cara Menggunakan Semrush

Bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu khawatir! Kali ini penulis akan memberikan cara menggunakan Semrush yang dirangkum sebagai berikut:

  • Pertama, Anda harus membuat akun Semrush terlebih dahulu dengan menekan tombol Sign Up. Proses pembuatannya pun juga sangat mudah, karena hampir mirip dengan website lain. Bahkan, bisa langsung login yang terkoneksi dengan email Google Anda.
  • Setelah mempunyai akun, Anda akan dibawa masuk ke bagian dashboard Semrush dengan berbagai fitur. Misalnya, jika Anda melakukan riset kata kunci, gunakan fitur ‘Keyword Magic Tool’ untuk pengecekan.
  • Masukkan kata kunci yang ingin diuji pada kolom ‘Enter Keyword’, lalu ubah wilayah pencariannya menjadi Indonesia dan tekan tombol ‘search’. 
  • Kemudian, Semrush akan menampilkan hasil untuk tipe kata kunci sesuai pilihan, seperti Broad Match, Phrase Match, Exact Match, dan Related.
  • Selain itu, Semrush juga menyajikan data yang meliputi metrik seperti search volume, intent, trend, keyword difficulty, dan lain sebagainya yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan ide dari kata kunci tersebut.
  • Lalu, Semrush juga akan memberikan saran terkait kata kunci yang paling tepat untuk mengoptimasi konten yang dibuat. 

Cara penggunaan Semrush pada penjelasan di atas, memang hanya dikhususkan untuk yang versi gratis selama 14 hari. Apabila Anda menggunakan versi berbayar, tentu akan lebih banyak lagi fitur untuk riset kata kunci yang bisa digunakan.

Baca juga: Apa Itu Ubersuggest? Cara Pakai dan Tips Research Keyword

Harga Paket Semrush

Terkait harga, Semrush menawarkan beberapa paket yang memiliki opsi berlangganan secara bulanan maupun tahunan. Mengutip dari laman resminya, ada tiga paket yang ditawarkan oleh Semrush perbulannya, antara lain:

  • Pro, yang harganya 119.95 dollar AS (Amerika Serikat) 
  • Guru, yang harganya 229.95 dollar AS 
  • Business, yang harganya 449.95 dollar AS

Adapun jika opsi berlangganan Anda langsung tahunan, maka harga bulanan paketnya sebesar:

  • Pro, yang harganya 99.95 dolar AS per bulan 
  • Guru, yang harganya 191.62 dolar AS per bulan 
  • Business, yang harganya 374.95 dolar AS per bulan

Anda Tertarik Menggunakan Semrush?

Jika Anda membutuhkan alat analisis pemasaran digital, Semrush adalah opsi terbaik dari sekian banyak tools, karena memberikan insight lengkap serta strategi optimasi channel marketing seperti SEO, iklan, bahkan sosial media. Jadi, apakah Anda tertarik menggunakannya?

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development