Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu SEOQuake? Definisi, Fitur, dan Kegunaannya

2 min read

Apa Itu SEOQuake Definisi, Fitur, dan Kegunaannya

SEOQuake adalah salah satu tools yang sangat membantu Anda dalam kepentingan optimasi suatu website dan riset kompetitor. Fitur SEOQuake ini akan menyediakan berbagai macam SEO tools dan metrik data organik dari suatu website. Anda yang bekerja di bidang content marketing tentu tidak asing lagi dengan SEOQuake.

Lantas, apa saja fungsi dan fitur serta cara menggunakan SEOQuake untuk optimasi website? Mari simak panduan lengkapnya melalui artikel berikut ini!

Apa Itu SEOQuake?

SEOQuake adalah plugin atau extension yang bisa dipasang di browser untuk memudahkan Anda melakukan analisis performa halaman website. Sementara SEMRush adalah penyedia layanan plugin ini untuk mempermudah proses audit suatu website.

Anda bisa memasang plugin ini melalui beberapa browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Ikon tools SEOQuake akan muncul di bagian pojok kanan atas browser setelah Anda berhasil memasangnya.

Baca juga: Apa itu Semrush? Fitur, Harga, dan Cara Menggunakannya

Fungsi SEOQuake

Plugin yang disediakan oleh SEMRush dapat melakukan analisis terhadap Search Engine Optimization (SEO) secara keseluruhan. Fungsi SEOQuake ini akan membantu Anda dalam mengoptimasi setiap konten yang Anda unggah di situs website dan meningkatkan kedudukan di ranking teratas pada Search Engine Result Page (SERP).

Berbagai fitur andalan yang tersedia di SEOQuake juga menjadi keunggulan SEO tools ini daripada alat analisis lainnya dalam fungsinya melakukan audit website.

Fitur SEOQuake

Fitur SEOQuake bisa membantu Anda mendapatkan data penelitian organik hanya dengan satu kali klik. Berikut berbagai fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan:

1. SERP Overlay

Fitur SEOQuake yang cukup lengkap ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi mengenai situs website kompetitor dan mengetahui siapa saja yang mendapat peringkat dalam SERP. 

Sehingga, Anda tidak perlu lagi memasukkan satu persatu ke tools audit untuk mengaudit website kompetitor dengan target kata kunci yang serupa di SERP.

2. SEObar

Fitur SEObar juga memungkinkan Anda untuk menavigasi ke landing page dan menerima data khusus untuk laman tersebut. 

Ketika Anda telah mengaktifkan SEOQuake dan mengunjungi landing page tertentu, tools ini akan muncul di bagian atas landing page dan menampilkan data performa website tersebut dengan cepat dan ringkas.

3. Panel

Fitur panel akan mendukung SEObar untuk menampilkan data performa halaman dengan informasi yang lebih lengkap dan mudah dipahami. Anda hanya perlu mengklik ikon SEOQuake yang ada di pojok kanan atas browser. Kemudian, akan muncul pop up yang berisi metrik dan parameter dari halaman tersebut.

4. Audit SEO

Sementara fitur audit SEO akan mengaudit setiap landing page dan memberikan informasi terkait masalah teknis yang ada di halaman tersebut, seperti error, warning, dan rekomendasi solusi untuk meningkatkan performa website.

Anda juga bisa mengakses hasil audit ini dengan membuka fitur panel sebelumnya, kemudian klik menu Diagnosis. Anda kemudian akan diarahkan menuju halaman page SEO audit yang berisi data audit website secara lengkap.

5. Keyword Density

Fitur keyword density dapat mengukur tingkat kepadatan keyword pada sebuah konten. Anda bisa mengetahui jumlah dan persentase keyword yang digunakan pada konten tersebut. Cara menggunakannya adalah buka menu keyword density yang terletak di fitur page SEO audit atau panel.

Selain itu, laporan keyword density akan membantu Anda mengelompokkan landing page berdasarkan keyword dan mengungkapkan keyword target kompetitor berdasarkan landing page

Laporan internal/eksternal link membantu Anda menemukan tautan apa saja yang terdapat di landing page. Anda bisa mengakses fitur ini melalui panel atau page SEO audit dengan membuka menu internal dan eksternal link.

Secara keseluruhan, Anda bisa mengetahui strategi navigasi yang mungkin digunakan oleh kompetitor melalui berbagai fitur dari SEOQuake ini dengan cepat. Anda bisa melihat hasil analisisnya melalui laman SERP tanpa perlu melakukan analisis keyword di platform SEO lainnya.

Penggunaan SEOQuake

SEOQuake dari SEMRush ini menyediakan berbagai fitur sebagaimana yang umumnya ada pada SEO tools lainnya dengan cara penggunaan yang mudah.

1. Riset Kata Kunci/Keyword

Keyword merupakan salah satu bagian penting dari praktik dasar SEO, sehingga Anda perlu melakukan penelitian atau riset kata kunci secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan SEOQuake untuk menemukan keyword dengan peringkat tertinggi dan long-tail keyword yang paling banyak kompetitor gunakan. 

Anda juga bisa mendapatkan saran keyword yang tepat berdasarkan mesin pencari yang berbeda, seperti Yahoo, Bing, dan Google. Penggunaan plugin dari SEMRush ini dapat memberi Anda laporan yang lengkap tentang keyword tertentu yang sedang Anda cari.

Baca juga: Apa Itu Ahrefs? Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Harga Paketnya

2. Alat Riset Massal

Salah satu fitur penting di SEOQuake adalah bulk research. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan riset keyword secara massal. Masukkan daftar keyword yang ingin Anda cari, kemudian fitur alat riset massal ini akan menampilkan beberapa laman web yang menggunakan keyword tersebut dan berada di peringkat teratas.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menentukan landing page yang tepat dan cepat. Anda juga akan mendapatkan informasi penting mengenai persaingan untuk keyword yang Anda targetkan.

3. Toolbar SEOQuake

Toolbar ini dapat memberikan Anda berbagai informasi seputar optimalisasi mesin pencari dan peringkat pada mesin pencari. Tools ini ada di browser Mozilla Firefox sebagai add on yang memberikan banyak informasi untuk Anda.

Sudah Paham Apa Itu SEOQuake?

Kini, Anda bisa menggunakan SEOQuake melalui browser Anda untuk melakukan audit website dan riset kompetitor serta optimasi SEO pada website dengan lebih mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development