Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Ubersuggest? Cara Pakai dan Tips Research Keyword

2 min read

Apa Itu Ubersuggest Cara Pakai dan Tips Research Keyword

Ubersuggest adalah salah satu platform SEO tools yang bisa digunakan oleh siapapun secara gratis. Platform ini sangat membantu sekali untuk Anda yang baru pertama kali belajar SEO dan mempraktekkan research keyword secara langsung.

Apa Itu Ubersuggest?

Ubersuggest adalah platform pencarian kata kunci SEO yang dibuat oleh Neil Patel, seorang digital marketer ternama. Manfaat menggunakan aplikasi Ubersuggest, yakni Anda bisa menganalisa kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda. 

Selain itu, juga dapat menilai kualitas SEO situs web bisnis, melacak performa website pesaing, dan mengetahui area mana yang perlu dikembangkan.

Baca juga: Sering Digunakan Para Digital Marketer, Apa Itu Semrush? 

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword

Ubersuggest menawarkan layanan SEO tool yang bisa digunakan untuk para digital marketer pemula maupun profesional secara gratis. Dari layanan mereka, Anda bisa menemukan keyword yang tepat untuk blog maupun website bisnis Anda.

1. Buat Akun Gratis

Pertama, bukalah halaman neilpatel.com/ubersuggest di halaman browser Anda. Lalu, cari kata “Sign In” yang berada di pojok kanan atas yang berwarna biru. Setelah itu, pilih “Register Here” atau klik “Continue with Google” untuk membuat akun dengan Gmail.

2. Buat Projek Baru di Ubersuggest

Setelah berhasil membuat akun, halaman Anda akan berubah seperti tampilan di atas. Selanjutnya, klik tulisan “Add Your First Project” untuk melanjutkan tahapan pencarian ide keyword.

Selanjutnya, cantumkan alamat website di kolom yang tertera dan klik “Next”. Ikuti contoh gambar di atas, agar tidak salah.

Setelah itu, pilihlah Bahasa dan Lokasi sesuai dengan target audiens website dan klik “Next”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata kunci yang ingin dilacak. Jika belum ada, Anda bisa masukkan 1 kata kunci secara bebas. Lalu, klik “Next”.

Kemudian, Anda akan diminta untuk mencantumkan website atau bisnis kompetitor yang ingin Anda saingi. Jika belum ada, Ubersuggest akan memberikan rekomendasi blog atau website bisnis yang serupa dengan milik anda. Setelah itu, klik “Next”.

3. Langkah-Langkah Mencari Keyword Ideas

Ada beberapa langkah untuk mencari keyword ideas di Ubersuggest, yaitu:

a. Buat Projek Baru

Setelah berhasil membuat projek baru, Anda akan diarahkan kembali ke halaman dashboard. Di sini, carilah kalimat “Keyword Research” di panel menu di sebelah kiri layar, lalu pilih “Keyword Ideas”.

Kemudian, Anda akan masuk ke halaman pencarian kata kunci. Di sana, Anda akan melihat kolom “Discover new keywords”, namun sebelum memasukkan kata kunci di sana, Anda perlu menyunting bahasa dan lokasi sesuai dengan target audiens Anda.

b. Masukkan Kata Kunci

Lalu, masukkan kata kunci yang ingin Anda cari, contoh “resep ayam goreng” dan klik “Search”, lalu tunggu beberapa saat sampai Ubersuggest menampilkan daftar keyword ideas.

Sekarang Anda sudah bisa melihat keyword suggestion dari Ubersuggest. Selain dari “Suggestion”, Anda juga bisa klik “Related” untuk mendapatkan kata kunci yang relevan, “Questions”, “Prepositions”, dan “Comparisons” untuk menemukan kata kunci yang lebih banyak dan ide untuk blog Anda.

c. Cara Menentukan Keyword yang Tepat

Sekarang mari membahas bagaimana cara menentukan keyword yang tepat untuk blog atau web bisnis Anda. 

Jika Anda lihat pada kolom di bagian daftar keywords, Anda akan melihat kolom Keywords, Volume, CPC (Click per Cost), Paid Difficulty (PD), dan SEO Difficulty (SD). Dari empat kolom tersebut, yang perlu Anda lihat hanyalah Keywords, Volume, dan SEO Difficulty saja.

Volume merupakan besaran jumlah pencarian dalam satu bulan, sedangkan SEO Difficulty adalah besaran kesulitan kompetisi dengan kata kunci tersebut.

Pilihlah kata kunci yang memiliki volume di atas 1.000 dengan nilai SEO Difficulty yang rendah. Sebagai contoh, “resep ayam goreng mentega blue band”. Setelah itu, klik tulisan “Search Results” untuk melihat isi konten blog yang berada di halaman pertama Google.

Buka satu per satu website tersebut untuk menganalisis isi konten yang telah mereka buat. Setelah itu, cari beberapa poin yang tidak dibahas blog tersebut, seperti gambar, tidak ada video, kurang lengkap pembahasannya, dan lain-lain.

Jika sudah, kamu bisa mendapat gambaran isi konten seperti apa yang membuat blog kamu lebih unggul dari mereka.

Baca juga: Apa Itu SEOQuake? Definisi, Fitur, dan Kegunaannya

4. Cari Keyword dari Website Kompetitor

Selain menggunakan kata kunci, Anda juga bisa mengintip keywords apa saja yang digunakan oleh kompetitor. Sebagai contoh, kami akan menggunakan website Blue Band.

Menariknya, di Ubersuggest ini memiliki alat yang memberikan rekomendasi kata kunci yang bisa Anda gunakan untuk bersaing dengan kompetitor. Caranya, Anda hanya perlu klik tombol “Page 1 Ranking Potential” yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu, Anda akan melihat daftar keywords yang bisa Anda gunakan.

Tertarik Menggunakan Ubersuggest?

Ubersuggest adalah platform SEO dengan fitur-fitur yang cukup lengkap dan bisa Anda pelajari secara gratis. Menariknya, platform ini menawarkan harga langganan yang sangat murah daripada platform SEO lainnya. Semoga penjelasan tentang cara mencari keywords di Ubersuggest ini membantu kalian semua, ya.

Makinrajin menyediakan jasa SEO murah untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Harapannya, website Anda dapat dilihat banyak orang melalui mesin pencari Google.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development