Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

6 Tips Untuk Mengatasi Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan

3 min read

6 Tips Untuk Mengatasi Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan

Saat mencoba memasang Instagram Ads, terkadang Anda mungkin mengalami masalah. Salah satu contoh masalahnya adalah iklan yang Anda pasang tidak berjalan. Artikel ini akan membahas beberapa alasan kenapa iklan Instagram tidak jalan dan tips-tips untuk mengatasi masalah tersebut. 

Alasan Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan?

Salah satu platform sosial media yang paling populer adalah Instagram. Angka pengguna aktifnya mencapai lebih dari 1 miliar setiap bulannya. Sehingga, salah satu cara terbaik untuk melakukan iklan, memasarkan produk atau layanan Anda adalah melalui Instagram Ads

Instagram Ads adalah fitur iklan berbayar yang ditawarkan oleh Instagram kepada pengiklan atau bisnis yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka di platform Instagram. Selain itu, jenis mode iklan pada Instagram juga beragam, mulai dari carousel sampai reels

Pada dasarnya, fitur iklan ini memang memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau target audiens yang lebih luas. Namun sayangnya beberapa pengguna merasa kesulitan akibat iklan yang tidak berjalan dengan baik. Berikut adalah 6 alasan iklan instagram tidak berjalan beserta tips mengatasinya.

1. Akun Instagram Tidak Terverifikasi

Instagram memerlukan akun bisnis yang terverifikasi untuk memasang iklan. Sebelum memasang iklan di Instagram, pastikan akun Anda sudah beralih ke akun bisnis dan telah mendapat verifikasi dari Instagram.

Untuk beralih ke akun bisnis di Instagram, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka profil Instagram dan ketuk simbol tiga garis yang ada di sudut kanan atas.
  • Ketuk opsi “Pengaturan” dan pilih “Akun”.
  • Ketuk pilihan “Beralih ke Akun Bisnis” dan ikuti langkah-langkahnya.

Setelah beralih ke akun bisnis, Anda harus memverifikasi akun Anda dengan Instagram. Langkah verifikasi ini akan memastikan bahwa akun Anda benar-benar milik bisnis Anda dan dapat memasang iklan di Instagram. Setelah verifikasi Anda berhasil, maka Anda bisa mulai memasang iklan di platform tersebut.

2. Kampanye Iklan Tidak Sesuai dengan Aturan Instagram

Instagram memiliki aturan ketat tentang jenis konten yang dapat dipromosikan melalui iklan. Jadi, kemungkinan alasan kenapa iklan Instagram ditolak yaitu kampanye iklan Anda melanggar aturan. Karena sudah ditolak dan dihapus, maka itulah alasan kenapa iklan Instagram tidak jalan.

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa konten iklan Anda sesuai dengan pedoman Instagram dan tidak melanggar aturan. Beberapa jenis konten yang tidak bisa mendapat izin untuk dipromosikan melalui iklan Instagram yaitu:

  • Tidak pantas, vulgar, atau kasar
  • Konten menampilkan senjata, obat-obatan terlarang, atau produk berbahaya lainnya
  • Menawarkan produk atau layanan yang ilegal atau merugikan
  • Konten menampilkan diskriminasi atau pelecehan terhadap kelompok tertentu
  • Konten menampilkan informasi pribadi orang lain tanpa izin mereka

Pastikan Anda membaca pedoman Instagram dengan cermat sebelum memasang iklan. Jika Anda tidak yakin apakah konten iklan Anda sesuai dengan aturan, Anda dapat meminta tinjauan dari tim dukungan Instagram sebelum memasang iklan.

3. Kredit Akun Iklan Tidak Cukup

Anda memerlukan kredit untuk memasang iklan di Instagram. Jika saldo kredit tidak mencukupi, iklan Anda mungkin tidak akan ditampilkan. Faktanya, Instagram menggunakan model pembayaran berbasis klik atau tayangan (cost per click/CPC atau Cost Per Mile/CPM) untuk iklan di platform mereka. 

Pastikan Anda telah mengisi ulang kredit akun iklan Anda dan memiliki dana yang cukup untuk menghidupkan kampanye iklan Anda.

4. Target Audiens Tidak Sesuai

Salah satu keuntungan dari iklan platform ini adalah cara promosi di Instagram yang memungkinkan untuk menargetkan audiens yang spesifik dengan iklan. Namun, target yang tidak sesuai atau terlalu sempit bisa jadi merupakan salah satu alasan kenapa iklan Instagram tidak jalan atau tidak menemukan audiens. 

Pastikan Anda telah mengatur target audiens dengan baik dengan memilih kriteria tertentu, seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, minat, dan perilaku. Jika iklan Anda masih tidak berjalan, coba perluas kriteria target audiens Anda sedikit demi sedikit hingga Anda menemukan target audiens yang tepat.

Selain itu, Anda dapat menggunakan alat seperti Instagram Ads Manager untuk membantu Anda mengatur target audiens Anda.

5. Kualitas Visual Iklan Buruk

Instagram adalah platform visual, sehingga kualitas visual dari iklan Anda dapat memengaruhi keberhasilan kampanye iklan. Oleh sebab itu, iklan dan visual yang menarik dapat membantu meningkatkan kesuksesan iklan. 

Pastikan gambar atau video iklan Anda berkualitas tinggi dan relevan dengan pesan iklan tersebut. Selain itu, jangan menuliskan teks terlalu banyak. Perhatikan pula bahwa pesan iklan Anda harus jelas dan mudah dipahami.  

Pertimbangkan untuk menambah elemen visual menarik lainnya, seperti efek, animasi atau penggunaan warna yang unik agar dapat menarik minat audiens.  

6. Koneksi Internet Tidak Cukup

Alasan terakhir kenapa iklan instagram ditolak atau tidak jalan adalah masalah pada koneksi internet. Iklan di Instagram membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cukup cepat. Jika koneksi internet Anda lambat atau tidak stabil, iklan mungkin tidak berjalan dengan lancar atau bahkan gagal berjalan.

Maka dari itu, perlu untuk memastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup cepat untuk memastikan iklan Anda dapat ditampilkan dengan baik. Apabila koneksi internet Anda masih lambat, cobalah untuk memperbaikinya atau mengganti dengan jaringan Wi-Fi yang lebih cepat dan stabil.

Sudah Tahu Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan?

Iklan Instagram dapat menjadi cara yang efektif untuk memasarkan bisnis atau produk Anda. Namun, jika Anda mengalami masalah seperti iklan Instagram tidak jalan, Anda bisa memeriksa alasan kenapa iklan instagram tidak jalan atau bahkan ditolak. 

Artikel ini sudah merangkum alasan dan tips-tips mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda untuk memajukan bisnis Anda! Namun jika Anda masih mengalami masalah dengan iklan Instagram, cobalah menghubungi tim dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development