Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Format TIFF? Pengertian dan Perbedaannya dengan Format Lain!

3 min read

Apa itu Format TIFF? Pengertian dan Perbedaannya dengan Format Lain!

Walaupun belum banyak yang tahu, namun format TIFF adalah salah satu ekstensi terbaik dalam dunia percetakan. Karena dengan format ini hasil gambar bisa lebih profesional dengan resolusi super tinggi, walaupun kapasitasnya lebih tinggi. Karena itu, format ini lebih dekat dengan dunia percetakan dan fotografi.

Apa itu TIFF?

Tidak seperti JPG, JPEG, PNG, dan format file gambar lainnya, format TIFF mungkin masih asing untuk sebagian besar pengguna komputer. Bukan karena format ini sangat buruk jadi tak sering Anda jumpai, malah sebaliknya file TIFF adalah salah satu format gambar kualitas terbaik.

Gambar dengan format tersebut memiliki resolusi sangat tinggi yang biasanya hanya bisa Anda dapatkan dari kamera berteknologi tinggi. Sehingga untuk penggunaan harian rasanya akan sangat sayang, karena Anda akan membutuhkan file cukup besar untuk menyimpan hasil jepretan Anda.

Format ini sebenarnya adalah singkatan dari Tagged Image File Format yang memanfaatkan kompresi algoritma lossless. Kompresi tersebut mampu meningkatkan kualitas yang bisa Anda jumpai pada kebutuhan besar. Seperti industri percetakan, penerbitan, dan transfer file antar platform.

Bahkan satu file mampu menyimpan gambar dengan kualitas maksimal 32 bit. Jika Anda bertanya kebutuhan kualitas gambar dengan format TIFF untuk apa, sudah sangat jelas untuk kebutuhan gambar berkualitas tinggi dengan potensi noise yang sangat rendah.

Pada awalnya pemanfaatan format ini muncul untuk modul desktop scanner. Khususnya untuk pemerataan format yang memanfaatkan format gambar biner dengan hanya 2 nilai saja. Namun, format tersebut sudah semakin berkembang, beriringan dengan perkembangan kapasitas dan teknologi yang sekarang dapat Anda gunakan.

Baca juga: Apa itu Bitmap? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Perbedaan TIFF dengan Format Lain

Secara kasat mata, setiap format gambar akan terlihat sama. Namun sebenarnya, setiap format memiliki keunikan tersendiri dan memiliki cukup banyak perbedaan satu sama lain. Pada dasarnya TIFF adalah salah satu format terbaik dan bisa jadi lebih unggul dari jenis lainnya. Berikut adalah perbedaannya dengan format lain:

1. Antara TIFF dan JPEG

Perbandingan pertama yang perlu Anda pahami adalah file format ini dengan format yang lebih umum, yaitu JPEG. Walaupun sama-sama sering Anda jumpai dalam dunia percetakan, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Karena pada dasarnya, JPEG adalah file format yang berguna untuk kompresi lossy.

Jadi, secara kapasitas format TIFF jauh lebih besar daripada format JPEG. Hal tersebut juga sangat berpengaruh karena file JPG biasanya untuk percetakan kecil yang tidak butuh akurasi kualitas gambar. Bahkan terkadang hasil cetak bisa sedikit buram, karena memiliki kompresi yang jauh lebih kecil.

Perbedaan mencolok adalah semua jenis kamera digital mampu menghasilkan gambar JPEG, bahkan kamera pada ponsel pintar Anda juga kebanyakan menggunakan format tersebut. Sedangkan untuk Tagged Image File Format, tak semua kamera memiliki kemampuan menghasilkan gambar dengan format tersebut. 

Uniknya Tagged Image File Format ini unggul pada kualitas gambar saat Anda atur pada penyimpanan kompresi lossless. Hal tersebut karena algoritmanya juga jauh lebih unggul. Perbedaan besar muncul saat Anda melakukan hal yang sama pada format JPEG. 

Jadi, pernyataan format TIFF adalah format yang lebih unggul sama sekali tidak salah. Karena format ini akan memberikan kualitas gambar yang baik. Namun, jika Anda membutuhkan gambar untuk kebutuhan harian, mungkin JPEG akan lebih unggul. Meskipun tingkat kejernihan saat Anda zoom akan sangat berbeda.

2. Antara TIFF dan PNG

Format PNG adalah salah satu format yang juga kerap muncul di kehidupan sehari-hari, terutama saat Anda sedang melakukan jelajah internet. Mudahnya PNG merupakan file format alternatif yang memiliki ukuran relatif kecil. Namun, dengan kualitas gambar yang lebih besar.

Sedangkan Tagged Image File Format memiliki ukuran berkas super besar. Sehingga tidak terlalu cocok untuk website rintisan maupun publikasi web. Sama halnya format TIFF yang punya resolusi yang baik, PNG juga memiliki hal tersebut walaupun kualitasnya lebih rendah. 

Keunikan lain dari file PNG adalah mendukung kelas gambar 24 bit. Setidaknya lebih dekat dengan Tagged Image File Format yang berada di kelas 32 bit. PNG sendiri adalah singkatan dari Portable Network Graphic yang sudah sangat menggambarkan peranannya dalam dunia grafik dalam dunia digital. 

Kedua format ini mendukung format transparent background sehingga sangat memungkinkan untuk kebutuhan internet. Secara kasta, kualitas gambar PNG lebih unggul daripada JPEG maupun GIF. Jadi dalam segi kapasitas, PNG lebih unggul meskipun akan menjadi versi lawless Tagged Image File Format.

3. Antara TIFF dan RAW

Walaupun TIFF adalah salah satu yang terbaik secara kualitas dari jenis lainnya. Namun, ada format yang bisa menyaingi kualitas tersebut. Format tersebut adalah RAW yang merupakan gambar dengan keseimbangan statistik lebih baik dari Tagged Image File Format dan jenis gambar lainnya. 

Sayangnya, karena mengandung versi super tinggi, RAW tak bisa Anda kompresi ke ukuran yang lebih kecil. Karena itu, kebanyakan akan menggunakan format ini untuk menyimpan file asli dari sebuah gambar (kebanyakan pada bidang fotografi). 

Sama halnya dengan Tagged Image File Format, format RAW butuh kapasitas dan teknologi film format yang lebih mutakhir. Jadi, tak sembarangan kamera digital atau alat percetakan mampu mengedit bahkan membuka file dengan dua format tersebut.

Baca juga: Apa Itu Format BMP? Pengertian, Kelebihan, dan Contohnya

Kelebihan Tagged Image File Format

Secara keseluruhan, jika Anda ingin memiliki atau menggunakan gambar yang super detail, Anda bisa menggunakan format file TIFF atau diatasnya. Karena format ini memiliki berbagai macam kelebihan seperti:

  • Resolusi gambar dengan format ini jauh lebih tinggi, sehingga kualitas gambar lebih baik.
  • Format ini memiliki density dan kontras yang lebih baik dari format umum lainnya.
  • Pengaturan pencahayaan dari format ini jauh lebih natural.
  • Penerimaan warna dari format jauh lebih alami, sehingga gambar yang Anda gunakan jauh lebih hidup.
  • Detail gambar lebih kentara, sehingga sangat membantu untuk membuat desain atau cetak yang lebih rumit.

Sudah Tahu Apa itu Format TIFF?

Dari penjelasan tersebut, kini Anda tahu apa itu Tagged Image File Format. Kesimpulannya, TIFF adalah format yang memiliki peranan penting, terutama bagi Anda yang ingin menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Khususnya untuk kebutuhan fotografi maupun percetakan!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development