Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

13 Rekomendasi Platform Website Gratis untuk Jualan Online

5 min read

13 Rekomendasi Platform Website Gratis untuk Jualan Online

Bagi pemilik usaha kecil, startup, atau bahkan individu yang ingin memulai bisnis online di era digital sekarang, memiliki website bisnis adalah kebutuhan yang sangat penting. Nah, bagi Anda ingin memiliki situs web online shop tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, maka manfaatkan sejumlah platform website gratis untuk jualan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang macam-macam pilihan situs website gratis untuk jualan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

13 Rekomendasi Website Gratis untuk Jualan 

Ada banyak platform yang menawarkan pembuatan web gratis untuk jualan online. Berikut beberapa pilihan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

1. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin e-commerce yang dibangun untuk WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda mengubah website WordPress biasa menjadi toko online yang lengkap. WooCommerce menonjol dengan berbagai fitur yang memberikan fleksibilitas tinggi bagi Anda yang ingin menjual produk fisik maupun digital secara online

Salah satu fitur utama yang WooCommerce tawarkan adalah kemampuan untuk mengelola produk dengan mudah dan lengkap. Dengan WooCommerce, Anda dapat menambahkan produk ke toko Anda dengan cepat, termasuk katalog produk, keranjang belanja, dan kupon diskon. 

Selain itu, proses pembayaran adalah salah satu aspek yang krusial dalam e-commerce, termasuk website untuk jualan yang dibuat dengan platform gratis. WooCommerce mendukung berbagai opsi pembayaran dengan lebih dari 100 opsi payment gateway yang dapat Anda pilih. 

Baca juga: 15 Ecommerce Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

2. Blogger.com

Blogger.com adalah platform blogging milik Google. Ini adalah platform yang sangat populer untuk pembuatan blog pribadi atau profesional. Meskipun tidak sepenuhnya merupakan platform e-commerce, Anda masih bisa menggunakan Blogger untuk menjual produk atau promosi melalui konten blog Anda. 

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat toko online menggunakan Blogger.com, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki akun Google. Meskipun hampir semua orang memiliki akun Google, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak menggunakan akun email pribadi saat ingin memulai bisnis online.

Sebaiknya, buatlah sebuah akun baru khusus operasional toko online Anda. Hal ini bertujuan agar akun pribadi dan akun bisnis tidak bercampur, yang justru dapat memengaruhi aktivitas toko online Anda.

Membuat situs web secara gratis untuk jualan online menggunakan Blogger.com memang cukup sederhana. Setelah akun email Google untuk toko online telah siap, Anda dapat mengunjungi Blogger.com dan mulai mengatur tampilan toko sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

3. Shopify

Shopify menjadi platform e-commerce yang powerful untuk Anda gunakan dalam membangun dan mengelola toko online dengan mudah. Platform ini bertujuan untuk memudahkan penggunaan, bahkan bagi pemula tanpa pengetahuan teknis. 

Shopify adalah platform e-commerce yang terhosting sepenuhnya dan menawarkan uji coba website gratis untuk jualan selama 14 hari tanpa memerlukan informasi kartu kredit. Salah satu keunggulan utama Shopify adalah antarmuka yang intuitif dengan fitur drag-and-drop agar Anda dapat menyesuaikan tampilan toko dengan mudah. 

Anda juga dapat menambahkan berbagai fitur tambahan, aplikasi dan add-on yang tersedia di marketplace Shopify ke toko online. Anda bisa membeli itu semua sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. BigCommerce

BigCommerce merupakan platform website e-commerce atau situs untuk jualan online yang dapat Anda eksplorasi secara gratis. Melalui BigCommerce, Anda dapat memanfaatkan layanan hosting yang termasuk dalam paketnya, sehingga proses pembuatan toko online menjadi lebih sederhana.

Selain itu, terdapat plugin WordPress yang dapat Anda manfaatkan jika Anda sudah memiliki situs dan ingin mengintegrasikannya dengan BigCommerce. Meskipun tidak tersedia paket yang sepenuhnya gratis, namun Anda mendapat kesempatan untuk mencoba layanannya secara gratis selama 15 hari di awal. 

Anda juga memiliki kesempatan untuk memperoleh domain gratis. Penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar dengan memberikan rincian yang jelas tentang toko Anda, dan kemudian dapat langsung menambahkan produk yang ingin Anda jual.

5. Web.com

Web.com adalah platform yang menyediakan berbagai layanan, termasuk pembuatan dan hosting situs web serta layanan e-commerce. Meskipun tidak sefokus Shopify dan BigCommerce dalam hal e-commerce, Web.com masih menyediakan fitur-fitur dasar untuk menjual produk secara online.

Platform ini menyediakan layanan pembuatan website gratis untuk jualan online dengan beragam opsi paket dan penawaran harga yang terjangkau. Anda dapat memanfaatkan layanan Web.com untuk membuat hosting situs toko, mendaftarkan nama domain untuk toko, serta mengamankan situs dengan sertifikat SSL.

Dengan Web.com, pedagang toko memiliki kemampuan untuk menampilkan hingga 500 produk dalam etalase online mereka. Selain itu, Web.com juga menyediakan sejumlah fitur tambahan yang berguna. 

Contohnya, sistem pembayaran yang dapat memproses kartu kredit, alat manajemen dan pelacakan pesanan yang efisien, dan bahkan fasilitas obrolan langsung (live chat) untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

6. BuyNow Plus

BuyNow Plus adalah platform e-commerce yang memungkinkan Anda dengan cepat menjual produk atau layanan melalui situs web atau media sosial. Web gratis ini sangat cocok untuk pengusaha individu atau bisnis kecil yang ingin mulai jualan online dengan mudah dan cepat. 

Untuk menggunakan BuyNow Plus, Anda harus membuat akun Stripe secara gratis. Keuntungan utama dari platform situs toko online ini adalah biaya transaksi yang relatif rendah, hanya sekitar 2 persen, karena Stripe mengenakan biaya transaksi mereka sendiri.

Selain itu, BuyNow Plus juga memungkinkan Anda untuk menangani pembayaran berulang dengan kartu kredit tanpa perlu membuat akun. Namun, sayangnya BuyNow Plus tidak menawarkan fitur tambahan, seperti melacak inventaris atau cara membuat website.

7. Weebly

Weebly adalah platform pembuatan website yang juga memiliki fitur e-commerce. Platform ini bermanfaat untuk pemula yang ingin membangun website dan toko online dengan cepat dan mudah. 

Weebly menawarkan pilihan paket gratis untuk penggunaan awal. Meskipun begitu, Anda tetap bisamengakses berbagai fiturnya, seperti opsi chat, email, dan bahkan dukungan telepon. Antarmuka sistem Weebly memiliki desain sedemikian rupa sehingga memudahkan penambahan produk ke dalam katalog toko. 

Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan fitur tambahan atau add-on guna mengembangkan situs website gratis untuk jualan dan mengelola produk dengan lebih efisien. Selain itu, Weebly menyediakan sekitar 100 pilihan desain tema yang dapat Anda sesuaikan dengan preferensi.

8. Big Cartel

Big Cartel adalah platform e-commerce yang bermanfaat untuk seniman, pembuat, dan brand kecil yang ingin menjual produk mereka secara online. Platform ini adalah pilihan yang bagus bagi Anda yang ingin memulai toko online dengan fokus pada kreativitas. 

Jika Anda berencana untuk menjual produk kerajinan tangan atau barang seni lainnya, maka Big Cartel bisa menjadi pilihan platform yang sangat sesuai. Salah satu keunggulan web toko online gratis ini untuk kebutuhan jualan adalah tersedianya paket gratis yang tidak mengenakan biaya transaksi apa pun. 

Selain itu, Anda dapat mendapatkan URL toko kustom tanpa perlu membayar. Meskipun URL tersebut akan tetap mengandung format bigcartel.com, namun Anda bebas memilih nama depan yang sesuai dengan preferensi Anda.

9. Neve

Neve adalah tema WordPress yang dirancang khusus untuk membuat website dengan cepat dan responsif. Tema ini populer di kalangan pemula maupun profesional karena memiliki tampilan bersih, desain ringan, dan kompatibilitas dengan banyak fitur. 

Tema di Neve memiliki fitur kustomisasi yang memungkinkan Anda untuk tidak hanya mengubah warna dan font. Tetapi juga memberikan kebebasan dalam merancang ulang tata letak website

Hal ini semakin kuat dengan adanya integrasi plugin Elementor yang disertakan. Sehingga, website toko online Anda akan memiliki keunggulan dalam kecepatan akses melalui perangkat seluler, karena telah mendapat dukungan Google AMP.

10. OpenCart

OpenCart adalah platform open-source untuk membuat website toko jualan online yang kuat dan fleksibel secara gratis. Platform ini cocok untuk bisnis berbagai ukuran dan jenis yang ingin menjual produk dan layanan secara online. Anda bisa membuat toko online yang lengkap denga front end dan bagian administrasi (back end) yang kuat.

Dengan OpenCart, Anda sebagai pemilik toko online dapat dengan mudah melakukan berbagai tugas, seperti mengimpor produk dan memproses pesanan dari pelanggan. Selain itu, OpenCart dapat memberi kebebasan kepada penggunanya untuk memanfaatkannya untuk tujuan komersial apa pun.

11. Google Site

Google Sites adalah solusi yang sangat ramah pengguna dan ideal bagi pemula yang ingin memiliki website tanpa harus menghadapi kompleksitas teknis. Dengan Google Sites, Anda dapat dengan mudah membuat halaman-halaman web sederhana dengan beberapa keunggulan yang Google Site tawakan.

Google Sites adalah layanan gratis dari Google yang terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti Google Drive. Platform ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan berbagi berkas secara langsung dari situs Anda.

Bahkan, Anda juga dapat mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari (SEO) dengan mudah menggunakan alat seperti Google Analytics. Meskipun sederhana, Google Sites cukup fleksibel dalam hal penyuntingan tata letak dan penyesuaian desain.

12. Joomla

Joomla saat ini cukup terkenal sebagai dasar pembuatan situs website gratis untuk jualan. Bahkan, Joomla dinyatakan sebagai platform pembuatan situs web gratis yang paling banyak digunakan di dunia. 

Joomla terkenal karena kegunaan dan kemudahan penggunaannya. Platform ini memungkinkan Anda yang tidak memiliki latar belakang teknis tetap bisa membuat website dengan relatif mudah.

Kemudian, Joomla menyediakan beragam fitur yang memadai untuk mendukung tampilan website yang profesional dan lengkap. Joomla memiliki modul Virtuemart yang memudahkan pembuatan toko online lengkap dan komprehensif.

Untuk mulai menggunakan Joomla sebagai dasar pembuatan situs web atau toko online, Anda dapat mengunjungi Joomla.org dan mengunduh programnya. Setelah itu, Anda dapat mengikuti panduan yang telah tersedia. 

13. Wix.com

Akhir-akhir ini, Wix.com mulai mendapat sorotan yang semakin luas dan popularitasnya terus meningkat. Platform ini menawarkan kemudahan dalam pembuatan web untuk jualan online secara gratis. 

Anda tidak harus jago bahasa pemrograman seperti PHP, JavaScript, atau yang lainnya untuk membuat website di sini. Dengan kata lain, platform ini sangat menguntungkan bagi Anda yang belum memiliki pemahaman dalam coding sama sekali.

Dengan Wix, membuat situs web terasa seperti menyusun puzzle yang menyenangkan. Walau begitu, tentu saja ada beberapa keterbatasan pada fitur yang tersedia jika Anda bandingkan dengan versi berbayarnya.

Siap Menggunakan Website Gratis untuk Jualan?

Kesimpulannya, membangun bisnis online jadi semakin mudah berkat platform-platform website gratis untuk jualan. Anda dapat dengan cepat dan mudah mengatur toko online dan menjual produk Anda kepada pelanggan di seluruh dunia. 

Diantara rekomendasi di atas, Woocommerce dan Shopify paling banyak dimanfaatkan untuk menjual produk fashion. Lalu, jika Anda ingin menjual produk kerajinan, seni atau DIY karya Anda sendiri, maka Anda bisa mencoba membuat web toko online di Big Cartel. 

Meskipun begitu, semua web gratis untuk jualan online di atas sangat powerful. Dengan memilih platform jualan yang tepat, Anda dapat membangun eksistensi toko online yang kuat untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development