Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

3 Cara Bayar Iklan di Instagram dengan Mudah, Keamanan Terjamin!

2 min read

3 Cara Bayar Iklan di Instagram dengan Mudah, Keamanan Terjamin!

Instagram Ads merupakan alat yang digunakan oleh banyak pebisnis untuk melakukan promosi melalui unggahan berbayar. Secara umum, metode ini memberikan harga yang tergantung model promosi. Jika Anda ingin menggunakannya, maka ketahui cara bayar iklan di Instagram terlebih dahulu!

Bagaimana Cara Bayar Iklan di Instagram?

Adapun berbagai faktor yang menjadi penyebab pihak Instagram dalam menentukan besaran biaya yang harus konsumen keluarkan. Mulai dari jumlah penawaran, iklan relevan, perkiraan dalam tindakan, penawaran dan permintaan, primetime, jenis kelamin, dan target pasar.

Ketika Anda melakukan cara membayar iklan di Instagram, kemungkinan beberapa faktor tersebut bisa mempengaruhi biaya pengeluaran. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan iklan. Secara umum, penayangan iklan Instagram itu bersifat fleksibel dan bisa berlaku dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Mengatasi Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan

3 Cara Membayar Iklan Promosi di Instagram

Terdapat berbagai cara membayar iklan promosi di Instagram yang bisa Anda gunakan. Di antaranya seperti berikut ini:

1. Menggunakan Kartu Kredit

Ketika pembayaran telah dikonfirmasi, maka nantinya Facebook akan melakukan review iklan. Jika memang tidak ada masalah dan sudah sesuai ketentuan yang berlaku, maka iklan bisa segera ditampilkan.

Cara bayar iklan di Instagram yang pertama adalah dengan memakai kartu kredit atau debit. Adapun langkah-langkahnya selanjutnya sebagai berikut:

  • Anda hanya perlu pergi ke pengaturan Instagram Bisnis dan masuk ke menu Ad Payment atau Ads Manager Facebook. 
  • Klik metode pembayaran dan centang pada bagian Kartu Kredit maupun Debit. Sehingga dengan otomatis, pembayaran akan terjadi melalui kartu kredit tersebut.
  • Setelah itu, pastikan Anda tidak lupa untuk memasukkan informasi kartu kredit, yakni Nomor Kartu, kadaluarsa kartu kredit, dan kode keamanannya. Hal ini karena penjual harus memeriksa terlebih dahulu, apakah informasi yang Anda berikan sudah benar atau tidak.
  • Langkah yang terakhir adalah menekan tombol biru Lanjutkan. Kemudian, Anda bisa menunggunya sampai terkonfirmasi. Dengan demikian, iklan Anda bisa segera tayang di Instagram.

Cara membayar iklan di Instagram menggunakan kartu kredit adalah metode yang paling disarankan oleh Facebook. Anda bisa melakukan pembayaran sesegera mungkin setelah berbagai data sudah diisi semua. Iklan bisa segera tayang, sehingga penjualan produk dan jasa Anda bisa meningkat.

2. Menggunakan Dompet Digital

Zaman yang semakin canggih, membuat Instagram marketing bisa digunakan secara online. Jadi, tidak heran jika cara melakukan pembayaran iklan di Instagram juga memakai metode digital. Misalnya seperti Doku Wallet, OVO, Gopay, dan sejenisnya.

  • Anda bisa membuka halaman Billing Facebook Ads Manager terlebih dahulu. 
  • Klik metode pembayaran salah satu dompet digital yang ada, kemudian tekan tombol selanjutnya.
  • Lalu, tambahkan dana yang muncul dan masukkan jumlah dana untuk membayar iklan Instagram.
  • Minimal nominal mulai dari Rp1.001,00 hingga Rp1.434,470 untuk maksimalnya. Setelah itu, klik tombol selanjutnya.
  • Jika Anda memakai OVO, maka harus memasukkan ID OVO berupa nomor telepon yang terdaftar pada OVO.
  • Klik tombol Lanjutkan dua kali, lalu Anda bisa melanjutkan proses pembayaran iklan Instagram.

Bisa dikatakan bahwa cara melakukan pembayaran iklan di Instagram lewat dompet digital lebih praktis, hal ini karena bisa dilakukan secara otomatis melalui virtual. Dengan demikian, Anda tidak perlu membayarnya dengan manual.

3. Transfer ATM

Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam cara bayar iklan di Instagram melalui transfer ATM:

  • Buka Facebook Ads Manager dan masuk ke Billing.
  • Bagian saldo akan bertuliskan 0 Rupiah (hanya berlaku bagi Anda yang belum memasang iklan).
  • Tekan tombol tambahkan metode pembayaran. Ada beberapa metode, seperti Bank Mandiri, Danamon, CIMB, BNI, dan ATM Bersama. Lalu, klik tombol Selanjutnya. 
  • Setelah jendela Tambahkan Dana muncul, Anda bisa memasukkan jumlah dana yang sesuai dengan biaya iklan Instagram. Mulai dari Rp10.501,00 hingga Rp1.434,470.
  • Klik Selanjutnya hingga jendela Informasi Pajak muncul. Sehingga Anda bisa memasukkan ID NPWP. Akan tetapi, jika Anda tidak memilikinya bisa dilewati saja. 
  • Ketika melewatinya, Anda akan ditujukan pada jendela baru. Klik tombol Lanjutkan, kemudian muncul halaman Pesanan. Pada jendela ini, ada berbagai rincian pembayaran. Mulai dari nomor rekening, kode bank, nominal pembayaran, hingga tenggat waktu untuk membayarnya.
  • Anda bisa melakukan transfer di ATM terdekat dan jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya.

Baca Juga: Cara Boost Post Instagram

Sudah Tahu Cara Bayar Iklan di Instagram?

Iklan di Instagram akan meningkatkan penjualan, karena ruang lingkupnya yang luas. Makinrajin menyediakan jasa social media yang akan membantu Anda dalam berjualan di media sosial. Salah satunya adalah Instagram, segeralah pasang Instagram Ads untuk mendapatkan banyak keuntungan!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development