Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Boost Post Instagram Agar Akun Anda Lebih Cuan!

2 min read

Cara Boost Post Instagram Agar Akun Anda Lebih Cuan!

Tertarik untuk melebarkan jangkauan branding akun Instagram Anda ke khalayak agar lebih menghasilkan? Anda bisa memanfaatkan cara boost post Instagram. Bagi pemilik akun bisnis dan profesional ahli, layanan jasa iklan berbayar ini sangat membantu monetisasi dan pertumbuhan bisnis mereka.

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah-langkah melakukan boost post Instagram, sekaligus cara boost likes Instagram, cara boost follower Instagram, dan cara boost Instagram story untuk memperbesar potensi branding akun bisnis dan profesional Anda. Wah, seperti apa? Yuk, simak caranya agar akun Anda makin cuan! 

Apa itu Boost Post Instagram? 

Fitur “promosikan postingan” atau “boost post” adalah layanan berbayar dari Instagram yang membantu akun untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Anda bisa menentukan target audiens, lokasi, dan bagaimana audiens merespon postingan.

Bagi kalangan bisnis dan profesional, fitur ini sangat membantu pertumbuhan monetisasi akun mereka.

Cara Boost Post Instagram 

Tertarik untuk mengiklankan postingan akun Anda ke Instagram? Berikut kami jabarkan langkah-langkah memanfaatkan fitur promosikan postingan Instagram untuk Anda, yaitu:

1. Atur Akun Personal sebagai Bisnis atau Profesional

Langkah pertama adalah mengatur akun menjadi publik dan profesional. Pasalnya, fitur boost post hanya tersedia untuk akun tersebut. Untuk melakukan langkah ini, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka profil akun Anda.
  • Klik “Pengaturan & Privasi”.
  • Pada bagian “Profesional” klik “Tipe Akun dan Alat”.

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengubah akun menjadi bisnis atau profesional.

Screenshot Pribadi
Screenshot Pribadi

2. Pilih Postingan 

Langkah kedua, Anda dapat memilih postingan yang paling berpotensi menarik minat audiens. Postingan yang menarik biasanya menyuguhkan visual yang ciamik, informasi yang jelas, dan ajakan interaksi yang supel. Berikut caranya, yaitu:

  • Pilih postingan yang diinginkan.
  • Klik tombol “Boost Post” atau ‘Promosikan Postingan’ berwarna biru di bawah post.
Screenshot Pribadi

3.  Tentukan Tujuan dari Iklan

Langkah ketiga, Instagram akan meminta Anda untuk memilih hasil akhir atau tujuan dari pemasangan fitur iklan berbayar ini. Ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih,

  • Menambah kunjungan ke profil akun.
  • Menambah kunjungan ke situs web link.
  • Mengarahkan audiens untuk mengirim Anda pesan. 

Pilihlah opsi yang paling menguntungkan perkembangan bisnis Anda. 

Screenshot Pribadi

4. Targetkan Audiens

Selanjutnya, Instagram akan menampilkan postingan sesuai target audiens yang Anda inginkan. Anda dapat memilih diantara dua opsi yakni:

  • “Otomatis” yang memungkinkan Instagram akan memilihkan audiens mirip dengan ciri kecenderungan algoritma seperti follower yang sudah Anda miliki.
Screenshot Pribadi
  • “Buat Target Anda Sendiri” dengan menentukan lokasi, minat, bahkan usia & jenis kelamin audiens. 
Screenshot Pribadi

5. Sesuaikan Budget

Seperti halnya iklan, promosi postingan yang disediakan oleh Instagram juga berbayar. Untungnya, terdapat tiga pilihan berikut yang bisa Anda sesuaikan dengan modal. 

  • “Durasi iklan” yang dihitung per hari.
  • “Jumlah jangkauan akun”.
  • “Anggaran”
Screenshot Pribadi

Ketiga opsi tersebut bisa Anda geser dengan pointer hingga mendapatkan harga yang memuaskan. Sebagai gambaran, untuk menjangkau 150-400 akun selama 4 (empat) hari dibandrol $4 saja. Terakhir, Anda hanya perlu melengkapi proses pembayaran sesuai metode yang tersedia.

Screenshot Pribadi

Baca Juga: Cara Bayar Iklan di Instagram

Setelah menggunakan fitur boost post Instagram, kini Anda hanya perlu fokus untuk membangun engagement atau komunikasi dua arah agar mendapatkan feedback dari audiens.

Cara Boost Follower Instagram

Ada dua cara untuk mendapatkan boost followers di Instagram. Pertama adalah menggunakan jasa jual beli followers terpercaya. Kedua, Anda bisa menambah followers secara organik dengan memanfaatkan fitur posting reels.

Langkah pertama lebih disukai untuk hasil yang instan. Namun, untuk jangka panjang menambah followers secara alami lebih menjanjikan.

Jika Anda ingin menghemat tenaga untuk posting di Instagram, bisa memanfaatkan aplikasi post Instagram otomatis yang banyak tersedia gratis. Nah, kalau Anda masih bingung, cobalah untuk mempelajari cara schedule post Instagram.

Dengan demikian, Anda bisa menaikkan jumlah followers karena rutin posting konten berkualitas.

Cara Boost Likes Instagram

Kunci untuk mendapatkan likes dari audiens adalah memanfaatkan tools caption dan hashtag. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Membuat caption yang interaktif.
  • Sertakan 3-5 hashtag yang sesuai topik.
  • Singgung bahasan yang sedang trending

Selain itu, tampilan foto yang jernih dan visual yang ciamik akan lebih mengundang jempol dari pengguna. Anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis semacam Canva atau Snapseed untuk hal ini.

Cara Boost Instagram Story

Instagram story menjadi media paling seru untuk membangun interaksi dua arah antara Anda dan followers. Agar story Anda muncul di beranda utama followers, pastikan Anda boost Instagram story dengan memanfaatkan fitur “stiker event” yang sedang trending.

Stiker trending ini seperti event hari bumi, kemerdekaan, dan lain sebagainya. Sebab, Instagram akan memprioritaskan untuk memamerkan akun-akun dengan stiker event tersebut di beranda pengguna.  

Sudah Paham Apa itu Boost Post Instagram? 

Demikian cara melakukan boost post Instagram agar akun Anda mendapat jangkauan yang lebih luas. Selain media hiburan, kini Anda bisa mengubah Instagram menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Jika Anda tertarik untuk mempercayakan manajemen sosial media kepada tim ahli, Anda bisa memilih Makinrajin. 

Makinrajin menyediakan jasa sosmed management yang diampu tim terpercaya dengan berbagai penawaran menarik. Anda akan mendapatkan ide konten, copywriting caption, hashtag, dan juga free admin posting. Yuk, kelola Instagram agar makin cuan bersama Makinrajin!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development