Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Berapa Biaya untuk Optimasi SEO? Inilah Kisaran Biaya Lengkapnya!

2 min read

Berapa Biaya untuk Optimasi SEO Inilah Kisaran Biaya Lengkapnya!

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung apa itu SEO. Secara sederhana, SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah pengoptimalan agar website berada di peringkat teratas mesin pencarian. Lalu, berapa biaya SEO?

Nah, artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap berbagai cara untuk optimasi SEO beserta biayanya. Mulai dari cara riset keyword dan pembuatan artikel, copywriting, optimasi teknikal, optimasi onpage, hingga biaya optimasi offpage.

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Optimasi SEO?

Berikut 5 cara optimasi SEO lengkap beserta dengan perhitungan biaya SEO yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Riset Keyword dan Pembuatan Artikel

Supaya SEO dapat teroptimasi secara maksimal, Anda perlu melakukan riset keyword atau kata kunci relevan untuk pembuatan artikel yang sesuai dengan bisnis. 

Riset keyword dilakukan agar dapat menemukan kata kunci yang sering dicari oleh pengguna di mesin pencarian. Dengan riset keyword, Anda bisa membuat artikel untuk website yang memang dibutuhkan oleh pembaca yang berpotensi menjadi pelanggan. 

Bagaimana jadinya jika Anda membuat artikel banyak, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan audiens? Tentu saja tidak akan dibaca. Jadi, jangan harap SEO dapat teroptimasi dengan baik.

Meski begitu, Anda bisa menggunakan jasa riset keyword mulai dari Rp5.000,00 per keyword serta jasa artikel SEO dengan biaya mulai dari Rp4.500,00 per 100 kata. Agar website dapat menempati peringkat teratas pada mesin pencarian.

Dengan keyword yang tepat serta artikel informatif sesuai kebutuhan pengguna,  besar peluang peringkat website Anda naik.

2. Pembuatan Copywriting

Cara optimasi SEO selanjutnya adalah dengan pembuatan copywriting. Kunci dari pembuatan copywriting adalah menghasilkan tulisan yang informatif dan persuasif. Sehingga, audiens tergerak untuk membeli atau menggunakan produk Anda. 

Dalam menulis konten copywriting, tentu membutuhkan riset kata kunci. Selain itu, harus mengoptimalkan pemilihan judul, supaya audiens tertarik. Namun, tentu saja isi konten harus berbobot. Sehingga, audiens tidak merasa dibohongi.

Anda bisa mempercayakan urusan ini kepada penyedia jasa copywriting, supaya dapat menghasilkan tulisan yang persuasif untuk mempengaruhi audiens.

Sementara itu, untuk biaya pembuatan copywriting mulai dari Rp10.000,00 per 100 kata. Biasanya, klien diperbolehkan untuk melakukan revisi. Dengan demikian, copywriting Anda dapat maksimal.

Keuntungannya, optimasi SEO dapat berjalan lancar. Sehingga, halaman website Anda berpotensi menduduki peringkat teratas di search engine.

3. Optimasi Teknikal

Selain dua cara di atas, Anda juga dapat melakukan optimasi teknikal SEO untuk website. Secara sederhana, optimasi teknikal adalah proses optimasi dari berbagai aspek teknis dalam suatu website.

Dengan mengoptimalkan secara teknis, harapannya peringkat halaman website dapat naik. Namun, optimasi teknikal terbilang cukup rumit. 

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Diantaranya yaitu menghindari konten duplikat (pengulangan konten sama di URL yang berbeda) dan thin konten (konten dengan sedikit informasi). Karena kedua hal itu dapat menurunkan peringkat website.

Langkah lainnya untuk optimasi SEO secara teknikal, yaitu menggunakan plugin SEO, membuat sitemap, memanfaatkan Google Analytics dan Google Console. Memang cukup kompleks, karena optimasi teknikal tidak terbatas pada riset keyword saja.

Nah, jika Anda kesulitan melakukan berbagai langkah-langkah tersebut, serahkan semua kepada penyedia jasa optimasi dengan biaya SEO mulai dari Rp5.000.000,00 per bulan.

4. Optimasi Onpage

Selanjutnya, Anda dapat melakukan optimasi onpage SEO. Secara sederhana, onpage SEO merupakan sebuah praktik mengoptimalkan konten pada halaman website, supaya masuk peringkat teratas mesin pencarian serta mudah dicari oleh audiens.

Nah, pada dasarnya, optimasi onpage lebih berfokus pada pembuatan konten yang SEO friendly. Oleh karena itu, dalam membuat artikel harus memperhatikan meta description, URL title, alt text untuk gambar, hinggal internal link.

Berbagai aspek penting tersebut harus Anda maksimalkan. Sebagai contoh, dalam menulis meta description, harus membuat kata kunci atau keyword dengan jumlah karakter antara 128-156 karakter.

Jika Anda ingin menggunakan jasa optimasi onpage, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp5.000,00 sampai Rp15.000,00 per 100 kata untuk pembuatan artikel SEO friendly.

5. Optimasi Offpage

Jika onpage mengutamakan kualitas konten pada website internal, optimasi offpage lebih berfokus pada eksternal. Offpage SEO bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan website dari luar.

Dengan kata lain, optimasi offpage adalah cara mempromosikan website dengan melakukan backlink dan link building. Backlink merupakan sebuah link yang ditanamkan pada website lain serta akan mengarah ke website bisnis Anda.

Namun, pastikan Anda memberikan backlink pada website yang memiliki kualitas terjamin dan terpercaya. Sehingga, uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

Selain itu, Anda juga perlu hati-hati dalam melakukan backlink. Pastikan tidak terlalu banyak. Sebab, terlalu banyak menaruh backlink dapat dianggap spam oleh Google. 

Nah, untuk biaya optimasi offpage, tentu bervariasi tergantung media website yang Anda pilih. Adapun tarifnya mulai dari Rp900.000,00 untuk media nasional. Dengan biaya tersebut, website Anda berpeluang peringkatnya naik di mesin pencarian.

Sudah Tahu Biaya untuk Optimasi SEO?

Nah, itulah 5 cara optimasi SEO serta kisaran perhitungan biaya SEO yang Anda butuhkan. Kelima cara tersebut memiliki tarif yang berbeda. Oleh karena itu, Anda bisa memilihnya sesuai kondisi keuangan atau budget yang dimiliki. 

Jika Anda sedang mencari jasa SEO dengan tim profesional serta menawarkan garansi, Makinrajin adalah solusi terbaik untuk Anda. Dengan menggunakan tools premium dan riset user yang tepat serta biaya terjangkau, maka tingkat optimasi SEO menjadi lebih besar.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development