Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

5 Cara Menulis Konten SEO untuk E Commerce

4 min read

5 Cara Menulis Konten SEO untuk E Commerce

Di dalam pengembangan website E Commerce, konten SEO adalah salah satu elemen yang sangat esensial. Pasalnya, jenis konten ini dapat membantu E Commerce untuk meningkatkan visibilitasnya di halaman mesin pencari. Namun, bagaimana sebenarnya cara menulis konten SEO untuk E Commerce ini?

Berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya, pada ulasan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips yang dapat membantu Anda menulis konten SEO E Commerce ini. Langsung saja, simak penjelasan lengkapnya dari kami di bawah ini!

Memahami SEO untuk E Commerce

SEO (Search Engine Optimization) pada dasarnya adalah sebuah upaya atau teknik yang diterapkan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di halaman mesin pencari. 

Singkatnya, SEO ini dapat membantu sebuah website, termasuk E Commerce untuk muncul di hasil penelusuran yang relevan dengan niche nya. Dengan SEO ini, maka sebuah website akan berpotensi mendapatkan lebih banyak trafik kunjungan organik dan juga meningkatkan potensi penjualan (lead generation)

Namun, untuk E Commerce sendiri, SEO bukan hanya sekedar menjadi metode untuk mendatangkan trafik kunjungan dan meningkatkan potensi penjualan. Tetapi, terdapat beberapa alasan lainnya mengapa SEO sangat esensial untuk e commerce, yaitu meliputi

  • Membantu target audiens untuk menemukan produk Anda. Sekarang ini, banyak orang yang mencari produk yang mereka perlukan melalui mesin pencari. Dengan meningkatkan visibilitas produk Anda dengan SEO, maka produk Anda akan lebih mudah untuk ditemukan.
  • SEO E Commerce juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Dengan visibilitas yang baik di halaman mesin pencari, akan lebih banyak target audiens yang mengunjungi website E Commerce Anda. 
  • SEO E Commerce juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik, atas halaman produk Anda. Pasalnya, penerapan SEO sendiri juga menyangkut beberapa hal vital terkait user experience, seperti kecepatan website, interaktivitas, dan juga stabilitas visual halaman.

Baca Juga: Panduan untuk SEO OnPage pada E Commerce Lengkap

Panduan Cara Menulis Konten SEO untuk E Commerce

Terkait dengan penulisan konten SEO untuk website E Commerce. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda jadikan untuk proses produksi konten SEO ini, sebagai berikut.

1. Melakukan Riset Kata Kunci Relevan

Salah satu bagian penting dari cara menulis konten SEO untuk E Commerce adalah melakukan riset kata kunci. Perlu Anda sadari, bahwa target audiens Anda menggunakan kata kunci tertentu di pencarian internet untuk menemukan produk yang mereka inginkan.

Maka dari itulah, Anda harus menemukan kata kunci potensial yang dapat membawa trafik kunjungan ke website Anda. Di dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk memulainya dari jenis kata kunci panjang (long tail keywords).

Pasalnya, jenis kata kunci ini biasanya lebih potensial dalam mendatangkan trafik kunjungan berkualitas (potensial melakukan pembelian). 

Selain itu, long tail keywords sendiri biasanya memiliki persaingan yang lebih ringan ketimbang short tail keywords. Sederhananya, tidak terlalu banyak website E Commerce kompetitor yang terlibat dalam persaingan ranking untuk kata kunci tersebut.

2. Membuat Helpful Content yang Relevan

Cara menulis konten SEO untuk E Commerce selanjutnya yang dapat Anda aplikasikan adalah membuat tipe konten helpful. Helpful content yang dimaksud di sini adalah tipe konten yang memberikan value atau manfaat kepada pengunjung.

Tipe konten ini sangat potensial untuk mendatangkan trafik kunjungan ke suatu website. Apalagi setelah Google melakukan update core di bulan Oktober 2023 lalu, yang membuat Google sangat memprioritaskan jenis konten ini untuk mendapatkan peringkat di halaman mesin pencarinya.

Di dalam hal ini, kami menyarankan agar Anda untuk membuat helpful content yang relevan dengan niche dari website E Commerce Anda. 

Sebagai contoh, misalnya website E Commerce Anda menjual produk sepatu, maka Anda dapat membuat konten SEO berdasarkan produk tersebut, seperti tips merawat sepatu, rekomendasi sepatu murah, dan lainnya.

3. Menulis Meta Title dan Meta Description Menarik 

Meta Title dan Meta Description adalah dua elemen penting untuk menarik perhatian audiens di halaman mesin pencari. Oleh karena itu, dalam penulisan konten SEO, kedua bagian ini sangat perlu diperhatikan.

Meta Title sendiri merujuk pada judul halaman website yang muncul di halaman mesin pencari. Sementara Meta Description adalah deskripsi singkat mengenai konteks halaman yang juga muncul pada halaman mesin pencari. 

Di dalam penulisan Meta Title, pemuatan kata kunci utama dari halaman menjadi poin utamanya. Namun, selain kata kunci, Anda juga perlu membuat headline yang dapat menarik perhatian audiens di halaman mesin pencari.

Hal sama juga berlaku untuk Meta Description, yang mana Anda harus menyertakan kata kunci di dalam penulisannya. Selain itu, Meta Description bukan hanya menjelaskan konteks halaman, namun dapat menarik audiens untuk mengunjungi halaman tersebut.

4. Membuat URL yang Mudah Dimengerti

Masih membahas cara menulis konten SEO untuk E Commerce. Pembuatan slug URL biasanya juga termasuk dalam proses produksi konten SEO. Di dalam hal ini, membuat URL slug dengan struktur sederhana adalah hal yang kami sangat sarankan.

Pasalnya, URL slug sederhana akan mempermudah audiens untuk recall atau mengunjungi kembali halaman website Anda. Di dalam praktik SEO, URL slug sendiri biasanya hanya diambil dari kata kunci utama dari halaman website terkait.

Misalnya, Kata kunci halaman website Anda adalah sepatu pria murah di bawah 100 ribu, maka URL slug halaman tersebut adalah “sepatu-pria-murah-di-bawah-100-ribu”.

5. Menggunakan Skema Markup “Product & Offer Markup”

Tips menulis konten SEO untuk E Commerce lainnya adalah penggunaan skema markup. Jika Anda menulis konten SEO untuk halaman SEO, penggunaan skema markup juga adalah hal yang harus Anda terapkan.

Skema markup sendiri merujuk pada kode unik tertentu yang mempermudah mesin pencari memahami konteks halaman website dan menampilkannya di halaman mesin pencari. Skema markup ini terdiri dari banyak jenis, mulai dari organization markup, recipe markup, hingga product & offer markup.

Misalnya, Anda membuat konten resep masakan dan Anda menggunakan skema markup untuk resep. Mesin pencari akan menampilkan halaman Anda dalam tampilan halaman resep, lengkap dengan rating. 

Khusus halaman produk sendiri, Anda dapat menggunakan skema markup “product & offer”. Jika Anda menggunakan CMS WordPress, Anda dapat menambahkan skema markup ini dengan mudah melalui sejumlah plugin SEO seperti Yoast SEO dan Rank Math.

6. Pastikan Site-Architecture Terstruktur Baik & Page Speed Tidak Bermasalah

Terakhir, Anda juga wajib memperhatikan site-architecture bisnis Anda terstruktur dengan baik. Demi memudahkan pengunjung atau pelanggan Anda dalam menemukan hal yang mereka butuhkan. Salah satu caranya adalah menggunakan format heading dalam konten SEO Anda.

Selain itu, kecepatan muat halaman atau page speed juga jangan sampai Anda abaikan! Agar pelanggan tidak membuang banyak waktu saat membaca konten SEO bisnis Anda. Nah, salah satu opsi terbaiknya adalah Anda perlu mengompres ukuran gambar di dalam konten (bila ada) atau mengonversi format gambar menjadi webp.

Baca Juga: 15 Ecommerce Terbesar di Indonesia yang Perlu Anda Tahu

Telah Paham tentang Cara Menulis Konten SEO untuk E Commerce?

Memahami cara menulis konten SEO untuk E Commerce adalah salah satu perkara wajib yang harus Anda pahami, jika ingin mengembangkan website retail. Pasalnya, konten SEO sendiri dapat membantu website E Commerce untuk meningkatkan visibilitasnya di halaman mesin pencari.

Jiks ingin membuat jenis konten ini, Anda dapat mengikuti tips menulis konten seo untuk E Commerce di atas, yang meliputi riset kata kunci, membuat helpful content, menyediakan Meta Title dan Meta Description yang menarik, hingga penggunaan skema markup Product & Offer Markup.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development