Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Rekomendasi Plugin Sitemap WordPress Terbaik

3 min read

Apa Saja Rekomendasi Plugin Sitemap WordPress Terbaik

Menggunakan plugin sitemap WordPress terbaik, pastinya akan menunjang kinerja website Anda menjadi lebih baik. Karena dengan bantuan tools ini, konten website Anda akan lebih cepat terindeks Google. Dengan memilih plugin WordPress terbaik, pasti akan membantu website meraih top ranking lebih cepat.

Rekomendasi Plugin Sitemap WordPress Terbaik 

Pada dasarnya sitemap adalah tools yang mampu membantu memetakan segala informasi terutama konten, untuk mempermudah search engine dalam proses crawling. Fungsi plugin sitemap generator ini adalah meningkatkan respons website pada kebutuhan search engine, sehingga proses indeks jadi lebih cepat.

Agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka ada baiknya Anda memilih plugin sitemap terbaik untuk Anda gunakan. Dari sekian banyak plugin sitemap yang ada, ada beberapa rekomendasi yang layak untuk Anda coba, yakni:

1. Yoast SEO

Plugin pertama yang harus Anda coba adalah Yoast SEO, yang menyediakan berbagai  kebutuhan SEO Anda. Cakupannya pun menyeluruh mulai dari SEO untuk seluruh situs, untuk tiap halaman, hingga menyediakan sitemap dalam satu plugin saja.

Yoast SEO akan memetakan situs XML yang berisi tautan ke konten yang Anda buat segera setelah Anda mengaktifkannya. Bahkan fitur sitemap akan secara otomatis menyegarkan pemetaan setiap kali Anda melakukan perubahan, seperti menambahkan, mengedit, maupun menghapusnya.

Uniknya, penggunaan plugin ini bisa Anda akses tanpa biaya, dengan catatan WordPress Anda sudah premium (tersambung dengan domain pribadi). Bahkan, selaku pengguna Anda juga dapat mengatur seluruh sistem pemetaan maupun pembatasan sistem. 

2. All in One SEO

Plugin sitemap WordPress terbaik berikutnya adalah All in One SEO, yang menawarkan toolkit SEO komprehensif dengan lebih dari 2.000.000 pengguna aktif. Bahkan menurut para penggunanya, sistem profesional ini mampu meningkatkan peringkat pencarian web, dengan sangat mudah.

Dengan All in One SEO, Anda dapat secara otomatis membuat peta situs XML khusus kepada beberapa mesin pencari populer seperti Google, Yahoo, Duckduckgo, Bing, dan lainnya. Toolkit SEO ini akan secara otomatis memperbarui informasi setiap kali Anda mempublikasikan, memperbarui, atau menghapus konten. 

Selaku pengguna, Anda mendapatkan akses penuh untuk menyesuaikan plugin, tanpa mempelajari pengkodean. Bahkan memungkinkan Anda memasukkan atau mengecualikan jenis posting dan memprioritaskan halaman konversi teratas, untuk memastikan proses crawling dan indexing berjalan lancar. 

3. Jetpack

Ketiga ada Jetpack yang masuk dalam jajaran plugin sitemap terbaik 2022. Pasalnya dengan toolkit SEO ini, Anda bisa mengatasi berbagai tantangan WordPress secara umum seperti keamanan dara, performa, analitik, hingga kebutuhan SEO.

Bahkan Automattic selaku pengembang mengklaim bahwa tool ini mengatasi empat peta situs yang berbeda, seperti peta umum, gambar, video, dan juga berita (untuk Google News). Tampilan dan cara penggunaannya juga cukup praktis, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Walaupun Anda masih harus melakukan indexing secara manual, namun sistem plugin ini terbilang sangat mumpuni. Belum lagi plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, sehingga Anda bebas untuk mencoba terlebih dahulu.

4. Premium SEO Pack

Jika Anda mencari plugin dengan fungsi plugin sitemap generator yang mumpuni, maka Premium SEO Pack adalah salah satu solusi terbaik. Bahkan, harga lisensi dari plugin sitemap WordPress terbaik ini hanya $44 saja. Anda bisa menikmati berbagai fitur bermanfaat yang sangat efisien untuk meningkatkan SEO website.

Dengan berlangganan toolkit satu ini, Anda tidak perlu repot perbarui data indeks. Karena sistem akan secara otomatis membuat sitemap yang menyeluruh, yang mencakup penambahan konten, halaman, gambar dan video. Bahkan, Anda dapat memilih untuk menyertakan atau mengecualikan beberapa konten sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba fitur optimasi halaman yang terperinci, fitur pembuatan tautan internal, bahkan sistem otomatis lain untuk meningkatkan jaringan tautan Anda. Belum lagi fitur optimasi gambar untuk membantu peningkatan trafik melalui gambar.

5. Simple Sitemap

Dengan plugin satu ini, Anda selaku pengguna dapat membuat sitemap HTML yang responsif, tanpa harus belajar coding terlebih dahulu. Karena, tool ini membantu Anda melakukan pemetaan melalui interface yang mudah untuk Anda aplikasikan.

Plugin yang baru-baru ini merombak total sistem dan menambah beberapa fitur baru ini sudah digunakan oleh lebih dari 80.000 pengguna aktif. Anda bisa menikmati berbagai fitur seperti buat sitemap visual, pratinjau langsung, intelligent script handling, dan masih banyak lagi. 

Secara fungsional, Simple Sitemap ini memang layak masuk jajaran plugin sitemap WordPress terbaik. Bahkan hanya dengan memasukkan kode pendek yang relevan untuk posting, halaman, dan beberapa jenis postingan khusus, sistem dapat bekerja dengan maksimal.

6. SEO Ultimate

Deretan keenam ada SEO Ultimate yang tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar.  Seperti yang lainnya, sistem dari tool ini sudah otomatis dengan fitur lengkap dan mumpuni.

Bahkan selaku pengguna, Anda mendapatkan askes untuk berbagai kebutuhan SEO, mulai dari kontrol meta, alt, slug, judul, deskripsi, 404 monitoring, auto linking, dan masih banyak lagi. Maka tak heran, sudah ada lebih dari 2 juta pengguna plugin ini yang merasakan berbagai keuntungan selama menggunakannya.

7. Companion Sitemap Generator

Selanjutnya ada Companion Sitemap Generator, salah satu plugin sitemap WordPress terbaik andalan perusahaan besar. Pasalnya hanya dengan satu plugin saja, Anda bisa membuat dan mengatasi 2 jenis pemetaan yaitu HTML dan XML sekaligus.

Tool ini termasuk jenis plugin eksternal berbasis XML yang mampu menunjang kinerja lebih cepat dari jenis sitemap pada umumnya. 

Untuk masalah fitur, jenis plugin Companion Sitemap Generator pastinya sudah sangat mumpuni dengan sistem yang serba otomatis. Bahkan, plugin canggih ini juga menyediakan dukungan sitemap multi bahasa, sehingga peluang untuk naik ranking SEO akan semakin besar.

8. SEOPress

Jika Anda ingin memaksimalkan lalu lintas web dengan sitemap otomatis yang mudah dan cepat, SEOPress layak untuk Anda coba. Pasalnya, plugin yang satu ini dapat memudahkan pengguna dalam segala kebutuhan SEO mulai dari migrasi postingan sekaligus meta datanya.

Walaupun sebenarnya tampilan plugin ini sudah cukup simpel dan mudah Anda pahami, namun SEOPress masih menyediakan fitur tour and help untuk membantu Anda jika sewaktu-waktu menghadapi suatu masalah. Bahkan, plugin ini juga menyediakan fitur berbagi sosmed yang akan semakin mendukung peningkatan traffic.

Mana Plugin Sitemap WordPress yang Sudah Anda Coba?

Nah itulah beberapa plugin sitemap WordPress terbaik yang bisa Anda coba untuk mencari mana yang terbaik untuk situs web bisnis Anda. Seperti apapun tampilan dan jenis plugin pemetaan web, pastinya akan sangat membantu untuk meningkatkan peluang jadi top ranking website melalui kemudahan proses crawling dan indexing.

Dari deretan rekomendasi plugin yang telah Anda baca di atas, kira-kira Anda akan pilih yang mana? Apapun pilihan Anda, pastikan plugin tersebut dapat membantu optimasi situs web dengan optimal.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development