Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Review Domainesia : Web Hosting Untuk Pemula dalam Membuat Website

5 min read

review domainesia

Kali ini kita akan membahas tentang review Domainesia. Web hosting yang berkantor pusat di Sleman, Yogyakarta ini sudah cukup dikenal di kancah nasional. Harga dan performanya pun sangat bersaing. Lebih lengkapnya, mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Domainesia

Kita akan menilai Domainesia dari sisi kelebihannya terlebih dahulu. Ada banyak tolok ukur yang bisa kita pakai untuk menilai kualitas web hosting. Beberapa hal yang menjadi keunggulan Domainesia, yaitu:

1. Uptime Relatif Stabil

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih layanan web hosting adalah uptime. Web hosting yang bagus pastinya mampu memberikan uptime yang tinggi agar website klien tetap up untuk melayani pengunjung. Ada beberapa review Domainesia yang berlainan mengenai uptime Domainesia.

Mengacu pada situs penasihathosting, rata-rata uptime Domainesia dari Agustus 2019 hingga Maret 2022 di atas 99,90% yang berarti sangat bagus. Uji coba lain dilakukan oleh situs Hendky dari Januari hingga Juni 2021 menunjukkan skor uptime Domainesia hanya 99,84%.

Pada dasarnya, perbedaan hasil antara sumber yang satu dengan lainnya adalah hal yang wajar. Setiap reviewer mungkin menggunakan kasus uji coba yang berbeda, sehingga hasilnya pun juga pasti berbeda. Namun, Anda dapat menyimpulkan bahwa uptime Domainesia cukup stabil dan layak untuk dipilih.

2. Semua Paket Hosting Menggunakan SSD NVMe

SSD NVMe adalah teknologi penyimpanan tercepat saat ini. Semua review memuji layanan mereka berkat dukungan SSD NVMe di semua paket hosting yang mereka sediakan. Melalui SSD NVMe, speed website Anda akan jauh lebih kencang dibandingkan dengan jenis storage lainnya.

Menariknya lagi, walaupun semua paketnya sudah menggunakan SSD NVMe, namun harga hosting Domainesia masih sangat bersaing. Mereka tidak lantas mendongkrak harga dengan kelebihan storage semata. Jadi, dengan harga yang relatif sama, Anda bisa mendapatkan speed yang jauh lebih tinggi di Domainesia.

3. Kecepatan di Atas Rata-Rata

Masih berkaitan dengan kecepatan. Karena menggunakan SSD NVMe, speed Domainesia terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia hosting lain. Namun, ada satu kelemahan Domainesia, yaitu masih menggunakan Nginx. Banyak pihak berpendapat bahwa Nginx masih kalah cepat dari LiteSpeed.

Dalam review Domainesia di situs penasihathosting, Willih Angga yang menjabat sebagai Director of Operations Domainesia memberikan penjelasan yang masuk akal. Pertama, Nginx memiliki fleksibilitas untuk tuning lebih jauh daripada LiteSpeed. 

Fleksibilitas ini membuat Domainesia bisa melakukan performance tuning bahkan menerapkan caching seperti pada LSCache. Selain itu, Nginx Domainesia diperpanjang dengan OpenResty, bukan Nginx bawaan cPanel.

Secara kuantitatif, hasil uji kecepatan di situs penasihathosting menghasilkan skor 311ms hingga 371ms. Sedangkan pengujian oleh situs Hendky memberikan hasil sebesar 796ms. Untuk ukuran web hosting, keduanya termasuk cepat dan lebih dari cukup untuk kebutuhan website standar.

4. Layanan Support Sangat Bagus

Pertimbangan penting lainnya dalam Domainesia adalah kualitas layanan support. Dalam menggunakan layanan hosting, Anda pasti memerlukan bantuan personal dari pihak provider. Dukungan layanan dalam bentuk bot atau penjawab otomatis saja tidak akan bisa menyelesaikan masalah pengguna.

Dari segi dukungan layanan, hampir semua reviewer memberikan skor 5/5 alias sempurna. Agar dapat mencapai skor ini, Domainesia berhasil menyediakan layanan support yang fast response, ramah, sopan, dan mampu mengatasi masalah pengguna dengan cepat dan efisien.

5. Paket Paling Murah Sudah Mencukupi

Seperti web hosting terbaik pada umumnya, setiap pilihan paket yang disediakan pasti memiliki resources yang berbeda. Untungnya, opsi paling murah di Domainesia, yaitu paket Starter sudah menawarkan resources yang mencukupi untuk kebutuhan website. Nilai plus ini menjadi poin positif di berbagai review Domainesia.

Dalam paket Starter, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan SSD sebesar 600MB. Jika untuk ukuran web hosting, kapasitas sekian sudah lebih dari cukup untuk menyimpan source code dan media. Kemudian, Anda akan mendapatkan RAM berkapasitas 512MB yang cukup untuk kebutuhan website baru.

6. Harga Renewal Flat

Banyak pengguna yang skeptis terhadap promosi web hosting. Mereka beranggapan bahwa harga murah tersebut hanya berlaku untuk periode pertama, sedangkan renewal di periode selanjutnya akan melambung naik. Sayangnya, fakta di lapangan memang membenarkan hal tersebut.

Namun, lain ceritanya jika Anda menggunakan hosting Domainesia. Harga renewal di Domainesia adalah flat dan semua review sudah membuktikannya. Bahkan jika Anda membeli paket hosting dengan harga promosi, tarif renewal juga akan tetap menggunakan harga tersebut, tidak kembali ke harga normal.

7. Gratis SSL Let’s Encrypt

Nilai plus lain yang ditawarkan oleh Domainesia adalah SSL gratis dari Let’s Encrypt. Hari ini, SSL bukan lagi sebatas fitur pelengkap, melainkan kebutuhan wajib untuk setiap website. Tanpa SSL, web browser pengunjung akan memberikan peringatan tidak aman saat mengakses website Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Domainesia sudah menyertakan fitur SSL gratis dari Let’s Encrypt di semua paket hosting. Sehingga, website akan langsung mendapatkan sertifikat keamanan dan menampilkan ‘gembok hijau’ di Google Chrome.

Jika membeli paket Supreme, Anda bisa mendapatkan SSL premium dengan level keamanan yang lebih tinggi. Namun, mayoritas review Domainesia mengatakan bahwa SSL dari Let’s Encrypt saja sudah cukup. Kecuali, jika website menyimpan data pribadi pengguna atau menyediakan layanan transaksi digital.

8. Gratis Domain

Hosting tanpa domain ibarat sayur tanpa garam. Seringkali kita harus membeli hosting dan domain secara terpisah. Tapi tidak di Domainesia. Tak peduli paket hosting manapun yang Anda pilih, Anda tetap berhak mendapatkan domain gratis.

Fasilitas ini meliputi DNS manager dan subdomain unlimited. Hanya saja, Anda tidak akan mendapatkan Addon domain di paket Starter. Sedangkan untuk paket Super, Monster, dan Supreme, Anda bisa mendapatkan semua kemudahan dalam menggunakan domain.

Namun, fasilitas domain gratis untuk setiap paketnya memiliki ekstensi yang berbeda. Berikut daftarnya:

  • Starter: .xyz dan .my.id
  • Super, Monster, dan Supreme: .com, .xyz, .online, .site, .website, .space, .my.id, .web.id, dan .biz.id

9. Gratis Migrasi Hosting

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur menggunakan hosting provider lain namun ingin pindah ke Domainesia? Jangan khawatir, Domainesia menyediakan fasilitas migrasi hosting gratis. Melalui fasilitas ini, tim Domainesia akan memandu Anda untuk mengalihkan website dari provider lama ke Domainesia.

Kemudahan migrasi juga termasuk dalam poin penting dari review Domainesia. Berkat adanya fasilitas migrasi gratis, Domainesia layak menjadi rekomendasi untuk urusan web hosting.

Kekurangan Domainesia

Setelah membahas berbagai kelebihan Domainesia, sekarang kita akan meneliti beberapa kekurangannya. Anda memerlukan pertimbangan yang berimbang untuk memutuskan apakah Domainesia layak untuk Anda pilih. Beberapa hal yang menjadi kekurangan Domainesia, yaitu:

1. Masa Garansi Hanya 20 Hari

Banyak review Domainesia yang mengeluhkan masa garansi yang hanya terbatas selama 20 hari. Domainesia memang hanya menerapkan batasan garansi maksimal 20 hari. Jika sudah lebih dari 20 hari, maka Anda tidak akan bisa melakukan klaim garansi.

Walaupun begitu, Domainesia adalah hosting provider yang paling mudah dalam memberikan klaim garansi. Agar mendapatkan uang kembali, Anda tidak harus memenuhi persyaratan apapun alias tanpa syarat.

Berbeda dari hosting provider lain yang biasanya akan mencoba untuk mengatasi kendala teknis Anda terlebih dahulu. Jika tim support berhasil mengatasinya, maka Anda tidak akan bisa melakukan klaim garansi. Di Domainesia, jika keputusan Anda sudah bulat untuk klaim garansi, Domainesia akan melayaninya.

2. Tidak Memakai LiteSpeed

Duet LiteSpeed cache dengan LiteSpeed web server adalah komposisi website modern untuk mendapatkan loading cepat. Sayangnya, Domainesia masih belum menggunakan teknologi LiteSpeed. Walaupun begitu, banyak reviewer yang percaya bahwa Domainesia akan segera beralih ke LIteSpeed sesuai tren.

3. Waktu Respon Server Cukup Tinggi

Hosting yang bagus harus bisa melayani banyak pengguna dengan cepat. Sayangnya, menurut pengujian yang dilakukan oleh situs penasihathosting, Domainesia tampil kurang memuaskan. Situs penasihathosting melakukan testing dengan 10 virtual user dan standar maksimal 2 detik.

Seharusnya, waktu respon server tetap stabil walaupun jumlah pengguna bertambah. Namun pada kasus Domainesia, semakin banyak virtual user dimasukkan, semakin tinggi pula waktu respon servernya. Kondisi ini cukup beresiko untuk website yang memiliki rata-rata traffic harian tinggi.

Masih mengacu pada review Domainesia dari penasihathosting, hasil rata-rata waktu respon server Domainesia adalah 1,925 detik. Jika menggunakan standar maksimal 2 detik, maka waktu respon server Domainesia terbilang tinggi, namun masih dalam batas aman.

4. Plugin Default WordPress Terlalu Banyak

WordPress adalah CMS favorit para webmaster. Itulah mengapa semua hosting provider pasti menyediakan fitur WordPress di setiap paket. Akan tetapi, WordPress di Domainesia dinilai terlalu banyak menyertakan instalasi plugin bawaan yang seringkali tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Jumlah plugin inilah yang dikeluhkan oleh reviewer dari situs irvantaufik. Semakin banyak plugin yang diinstal, semakin besar penyimpanan yang terpakai, dan semakin berat pula masa loading.

Sedangkan uji coba instalasi WordPress oleh penasihathosting menunjukkan bahwa terdapat bug di Domainesia. Saat tim penguji mencoba instalasi WordPress tanpa mencentang optional plugins, Domainesia rupanya tetap menginstal plugin tersebut. Instalasi yang tak diharapkan seperti ini bisa menjadi masalah pada website.

Paket Domainesia

Domainesia menyediakan empat pilihan paket web hosting. Dua di antaranya merupakan paket bisnis, yaitu Monster dan Supreme. Rincian paket hosting Domainesia yaitu:

  • Starter: Harga  Rp12.250,00 per bulan dengan CPU 75% dan memory 512MB. Kapasitas penyimpanan 600MB cloud SSD untuk 3 email dan 1 website. Gratis domain dengan ekstensi .xyz atau .my.id. Mendukung remote backup dan fitur-fitur esensial website.
  • Super: Harga Rp31.500,00 per bulan dengan CPU 100% dan memory 1GB. Kapasitas penyimpanan 4GB cloud SSD untuk 25 email dan unlimited website. Gratis domain dengan ekstensi populer, termasuk .com. Anda akan mendapatkan semua fitur paket Starter ditambah fitur Advanced.
  • Monster: Harga Rp42.000,00 per bulan dengan CPU 200% dan memory 3GB. Kapasitas penyimpanan 12GB cloud SSD untuk email dan website unlimited. Anda akan mendapatkan semua fitur Starter dan Super ditambah fitur Pro.
  • Supreme: Harga Rp157.500,00 per bulan dengan CPU 300% dan memory 6GB. Kapasitas penyimpanan 60GB cloud SSD untuk email dan website unlimited. Anda akan mendapatkan semua fitur Starter, Super, dan Monster ditambah fitur Pro+ serta optimasi security.

Apakah Domainesia Layak untuk Anda Pilih?

Dari review Domainesia di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Domainesia adalah hosting provider yang handal, fast response, dan murah. Kesimpulannya, Domainesia layak untuk Anda pilih sebagai web hosting untuk website Anda. Ayo, coba dan rasakan sendiri manfaatnya ketika menggunakan Domainesia!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development