Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Web Service? Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

3 min read

Apa itu Web Service Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Saat ini penggunaan internet sudah semakin masif. Akses internet kini juga semakin mudah Dengan semakin banyaknya pengguna, maka sudah pasti beban data internet juga semakin tinggi. Inilah mengapa ada teknologi yang bernama web service. Web service adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja dari website. Lalu apa saja contoh web service dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Web Service?

Secara lebih jauh, maka web service adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pertukaran data dengan menggunakan XML dengan basis internet yang memungkinkan adanya interaksi antar aplikasi. Nantinya, teknologi ini akan berisi serangkaian protokol dan juga standar yang akan berfungsi untuk beruktuar data tersebut.

Selain itu, teknologi juga merupakan serangkaian metode komunikasi antar mesin yang menggunakan bahasa sendiri yang tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman lainnya. 

Salah satu contoh web service adalah ketika aplikasi dengan bahasa pemrograman Java maka mesin ini akan bisa berinteraksi dengan mesin lain yang menggunakan bahasa pemrograman lain.

Dengan menggunakan teknologi ini maka memungkinkan untuk terjadinya pertukaran data antar perangkat dalam format klien dan server. Nantinya, semua data yang tersimpan di server bisa dipanggil oleh klien dari jarak jauh, dengan menggunakan sistem operasi, aplikasi, dan bahasa pemrograman apapun.

Cara Kerja Web Service

Web service adalah sebuah sistem yang bekerja dengan sebuah cara kerja yang terintegrasi. Ada beberapa teknologi pendukung yang dalam teknologi ini, seperti SOAP, REST, WSDL, dan WDDX. Selain itu, teknologi juga menggunakan beberapa protokol seperti HTTP, FTP, ataupun SMTP.

Dengan menggunakan teknologi ini, maka nantinya client akan mengirim pesan dalam format SOAP atau REST. Pesan ini sendiri berisi dokumen XML yang nantinya akan ditransfer dalam jaringan melalui protokol seperti HTTP. Nantinya pesan ini akan disampaikan ke server. Server sendiri akan merespon dengan mengambil dan menampilkan data yang diminta. Biasanya, server akan merespon dengan menampilkan data dalam format XML, HTML, atau JSON.

Secara lengkap, maka cara kerja dari teknologi ini adalah seperti ini:

  • Client memberi pesan request ke server 
  • Pesan dari client dalam format XML. Nantinya pesan tersebut dikirim ke server menggunakan protokol tertentu, misal HTTP. Pesan tersebut akan dikirim terlebih dahulu ke layanan ini.
  • Nantinya, teknologi akan memeriksa validitas dari permintaan tersebut. Dalam tahap ini, layanan ini juga akan memeriksa apakah tujuan sudah benar atau belum. Nantinya, layanan ini juga akan mengubah format pesan tadi menadi format yang server pahami
  • Server akan memproses pesan tersebut dan meresponya. Jika request tersebut ada di database, maka request diterima. Jika tidak ada, maka request ditolak.
  • Selanjutnya, server akan memberikan kembali data tersebut, fungsinya untuk melakukan validasi dan mengubah format pesan tersebut ke dalam format yang dipahami client.
  • Yang terakhir, data yang diminta akan diterima oleh client dan sudah bisa ditampilkan dalam format yang mudah dipahami.

Fungsi Web Service

Dalam dunia website, maka teknologi ini adalah salah satu hal yang memiliki banyak fungsi.. Beberapa fungsinya antara lain:

1. Membuat Data Bisa Diakses dari Manapun dan Kapanpun

Salah satu fungsi dari teknologi ini adalah membuat website bisa diakses dari manapun dan kapanpun. Hal ini menjadi solusi dari masalah interoperabilitas website yang tinggi. Dengan adanya teknologi ini maka akses bisa menjadi lebih lancar

2. Memungkinkan Akses Melalui Banyak Protokol

Fungsi lain dari web service adalah memungkinkan website bisa diakses lewat banyak protokol. Hal ini juga memungkinkan akses website menjadi lebih mudah.

3. Memungkinkan Interaksi Antar Format, Sistem, dan Bahasa

Web service adalah sebuah teknologi yang juga membuat website bisa saling berinteraksi meskipun terdapat perbedaan format, sistem operasi, ataupun bahasa pemrograman yang digunakan antar sisi client dan server. Teknologi ini memungkinkan interaksi tetap bisa berjalan dengan semua perbedaan tersebut

Itulah beberapa fungsi dari teknologi ini. Selain contoh fungsi web service seperti di atas, teknologi ini juga masih memiliki beberapa fungsi lain seperti untuk monitorin, routing, management, dan lainnya

Teknologi Web Service

Setidaknya, ada 4 hal yang menjadi teknologi pendukung web service. Teknologi tersebut adalah

1. SOAP

Teknologi pertama adalah SOAP atau Simple Object Access Protocol. Ini merupakan sebuah protokol standar untuk saling bertukar informasi antar aplikasi. Singkatnya, ini merupakan protokol yang memungkinkan terjadinya pertukaran pesan terstruktur dengan format XML antar aplikasi.

2. REST

Teknologi lainnya yang juga mendukung layanan ini adalah REST atau Representational State Transfer. Ini merupakan arsitektur dari sebuah sistem yang terstandarisasi antar sistem komputer. Dengan teknologi ini maka memungkinkan antar sistem tersebut bisa saling berkomunikasi.

3. WSDL

WSDL atau Web Service Definition Language merupakan teknologi lainnya yang juga mendukung dalam teknologi ini. Teknologi ini sendiri merupakan sebuah file dengan format XML yang fungsi utamanya adalah menjelaskan pada sisi client apa saja isi dari sebuah website.

4. WDDX

WDDX atau Web Distributed Data Exchange juga merupakan teknologi yang digunakan pada web service Dengan menggunakan teknologi ini maka memungkinkan pertukaran data antar aplikasi berbasi web. Teknologi ini juga memungkinkan pertukaran dengan format yang berbeda.

Pentingnya Web Service untuk Akses Website

Itulah beberapa penjelasan tentang layanan pendukung website ini. Sebagai salah satu teknologi penting, web service adalah solusi dari masalah pertukaran dan akses yang mungkin terjadi pada website ketika jumlah pengguna makin banyak. 

Dari segi penggunaan, contoh web service sendiri salah satunya adalah memastikan request client bisa terpenuhi dengan benar. Salah satu fungsi pentingnya adalah memastikan antar aplikasi bisa saling berinteraksi walau terdapat perbedaan format atau bahasa pemrograman.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development