Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apakah Video Mempengaruhi SEO Website? Ini Jawabannya!

3 min read

Apakah Video Mempengaruhi SEO Website? Ini Jawabannya!

Di kebanyakan website milik brand ternama saat ini, video menjadi aset wajib untuk dilampirkan pada halaman bisnis mereka. Konten video disebut dapat menjadi bentuk optimasi terhadap visibilitas website terkait. Pertanyaan mendasarnya, sebenarnya apakah video mempengaruhi SEO?

Apakah Video Mempengaruhi SEO?

Perlu Anda ketahui bahwa Google mengawasi preferensi penggunanya dalam waktu yang lama. Perusahaan multi teknologi ini telah mengubah cara kerja mesin pencari milik mereka, agar dapat mengakomodasi tren terkini serta memprioritaskan website yang memuat konten video.

Hal tersebut sebenarnya telah menjawab pertanyaan apakah video mempengaruhi SEO. Lebih lengkapnya, berikut adalah bagaimana cara konten video dapat mempengaruhi kualitas SEO dari sebuah website.

  1. Video dapat membuat pengunjung website untuk bertahan dua kali lebih lama di suatu laman.
  2. Website yang menampilkan konten video di halamannya dapat meningkatkan CTR hingga 157%.
  3. Laman website dengan konten video berkualitas tinggi umumnya dapat mendatangkan backlink berkualitas (linkworthy asset).

Pada dasarnya, video memiliki kemampuan untuk dapat menarik minat pengunjung atau audience dan juga sekaligus mendukung suatu informasi yang sebuah laman sajikan.

Jadi, menambahkan video ke laman website memang tidak menjamin dapat meningkatkan trafik kunjungan dan peringkat tinggi di SERP secara instan. Namun, manfaat video untuk SEO tersebut dapat Anda dapatkan, jika Anda membuat konten video yang berkualitas dan memberikan nilai (bermanfaat) bagi pengunjung.

Baca Juga: 7 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Terbaik Mengatasinya

Cara Membuat Video Berkualitas Tinggi

Setelah mendapatkan jawaban atas pertanyaan apakah video mempengaruhi SEO, mari bahas juga bagaimana cara membuat video SEO friendly dan berkualitas, yang umumnya terdapat beberapa detail penting yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut.

1. Identitas Unik Brand

Mengetahui identitas unik brand atau bisnis Anda adalah salah satu kunci kesuksesan dalam membuat video berkualitas. Di dalam hal ini, Anda harus mencari tahu keunikan dari brand Anda, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai materi di video Anda.

Misalnya, Anda membuat jasa penulisan artikel dan salah satu keunikan layanan Anda adalah proses pengerjaannya yang sangat cepat (misalnya maksimal 3 jam). Anda dapat menyisipkan hal ini pada video promosi atau branding yang Anda selipkan di laman website Anda.

2. Target Audiens

Mengenali target audience brand Anda juga merupakan bagian penting dalam pembuatan video berkualitas. Pasalnya, Anda tidak dapat menyasar semua lapisan audience melalui video Anda. 

Oleh sebab itu, Anda harus mengembangkan pesan yang solid di konten video Anda dan sekaligus mempersempit demografi audiens Anda, berdasarkan sejumlah aspek seperti usia, kelamin, lokasi, dan lainnya.

3. Mengatasi Masalah Pengunjung

Sebuah video yang bernilai adalah yang mengandung solusi atas masalah penontonnya. Maka dari itu, ketika membuat video untuk halaman website Anda, pastikan bahwa video tersebut dapat menawarkan solusi atas masalah pengunjung. Di sini, Anda dapat menjadikan produk atau layanan Anda sebagai solusi atas masalah mereka.

Misalnya, untuk laman jasa backlink, umumnya pengunjung laman ini adalah mereka yang memiliki website dengan masalah sulit untuk bersaing di SERP. Terkait dengan masalah ini, pemilik website dapat menyajikan video yang menjelaskan bagaimana backlink dapat membantu website terkait mendapatkan peringkat lebih tinggi di SERP..

4. Humor di Dalam Video

Di dalam banyak case, video di website yang terlalu formal justru akan menimbulkan kebosanan bagi penonton. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat video Anda lebih komunikatif dan mengandung sedikit humor, untuk membuat pengunjung menikmati informasi yang Anda sajikan. 

5. Storytelling

Merangkai cerita adalah salah satu bagian penting dalam pembuatan konten video. Dengan memberikan storytelling yang baik, maka Anda akan dapat memberikan pesan dan emosi yang kuat pada mereka yang menontonnya.

Maka dari itu, sebelum membuat video, pastikan Anda menyiapkan script storytelling yang kuat untuk video Anda. Jika Anda kurang berpengalaman dalam hal ini, pertimbangkan untuk menggunakan jasa copywriter dan scriptwriter profesional.

6. Menggunakan Thumbnail

Membuat thumbnail yang menarik juga termasuk bagian dari cara optimasi video untuk SEO website. Pasalnya, thumbnail yang menarik akan memiliki kekuatan visual untuk menarik perhatian pengunjung untuk memutar video. 

Namun, pastikan jika thumbnail yang Anda buat tidak clickbait dan sesuai dengan informasi yang disajikan di dalam video. Demi membuat thumbnail video ini, Anda dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi seperti Photoshop dan Canva.

7. Unggah Video ke Youtube

Mengunggah video secara langsung ke halaman website Anda dapat memberikan beban pada waktu muat halaman Anda, khususnya jika ukuran file video cukup besar. Alhasil, hal tersebut dapat menyebabkan waktu muat halaman website Anda menjadi lebih lama, yang dapat berdampak pada user experience. 

Oleh sebab itu, kami menyarankan agar Anda menampilkan video di laman website Anda dengan metode embed. Dalam hal ini, Anda dapat terlebih dahulu mengunggah video Anda ke Channel Youtube brand atau bisnis Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu meng-embed video tersebut ke halaman website yang Anda inginkan.

8. Gunakan Kata Kunci pada Judul Video

Penggunaan kata kunci bukan hanya ditujukan untuk optimasi halaman website, namun juga berlaku juga untuk optimasi video. Penggunaan kata kunci pada konten video akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan video Anda.

Khususnya, jika Anda mengupload video Anda di Youtube. Penggunaan kata kunci pada judul dan deskripsi video adalah langkah dasar SEO untuk video, guna meningkatkan visibilitasnya di mata Youtube. 

Jadi, Anda tidak hanya berpotensi mendapatkan penonton melalui SERP Google, namun juga melalui penelusuran Youtube. Oleh karena itulah, Anda harus melakukan riset kata kunci yang sesuai dengan isi video Anda dan mengaplikasikannya saat proses upload.

9. Bagikan Video Anda di Media Sosial

Yang terakhir adalah membagikan video Anda di media sosial. Jika konten video Anda mendapatkan engagement yang tinggi dari pengguna media sosial, hal tersebut akan memberikan social signal kepada Google, bahwa video Anda bermanfaat. Alhasil, visibilitas video Anda di pencarian Youtube dan SEO pun akan meningkat. 

Sekarang ini, terdapat banyak media sosial yang dapat Anda gunakan sebagai tempat berbagi link video Anda, seperti Facebook, Linkedin, X, dan lainnya.

Baca Juga: Contoh Artikel SEO Untuk Optimasi Konten di Search Engine

Telah Tahu Apakah Video Mempengaruhi SEO Website atau Tidak?

Jadi, jawaban untuk pertanyaan apakah video mempengaruhi SEO website adalah iya. Video dapat menjadi aset website yang dapat membantu proses optimasi visibilitas website di mata Google. 

Dalam hal ini, video dapat membuat pengunjung untuk berada dua kali lebih lama di suatu halaman website, yang nantinya sinyal peringkat baik kepada Google dari sisi UX. Selain itu, video juga dapat meningkatkan nilai CTR dari halaman website hingga 157%, plus mendatangkan backlink secara natural.

Namun, selain melakukan optimasi melalui video, Anda juga harus memperhatikan variabel SEO lainnya, seperti kualitas konten, kecepatan website, dan masih banyak lagi.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development