Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Mudah Disavow Link Menggunakan Google Search Console

3 min read

Cara Mudah Disavow Link Menggunakan Google Search Console

Website baru maupun website lama pasti memiliki potensi mendapat serangan dari backlink spam atau bad backlink (backlink dengan kualitas rendah). Alih-alih mendapat hasil yang positif dari backlink tersebut, justru sebaliknya website malah mendapat nilai negatif. Nah, itulah mengapa Anda perlu tahu cara disavow link.

Sebelum lanjut ke pembahasan, sebaiknya Anda sudah benar-benar memahami apa itu backlink karena kita tidak akan membahas topik tersebut pada artikel ini. Bila Anda belum paham, silakan pelajari terlebih dahulu kemudian Anda bisa bergabung ke pembahasan kali ini.

Disavow backlink artinya menolak adanya tautan yang mengarah ke situs tertentu atau ke situs Anda sendiri. Biasanya, situs tersebut terindikasi algoritma Google sebagai spam.

Alasannya, bisa saja situs yang mereka tautkan tidak relevan sama sekali dengan situs Anda, tautan berasal dari situs berisi konten sensitif seperti judi dan streaming film ilegal, dan alasan lainnya. Bila backlink tersebut sampai tertanam di situs Anda, akibatnya reputasi situs Anda akan ikut memburuk.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan salah satu fitur layanan di Google Search Console, yaitu Disavow Links. Tool tersebut bisa membantu Anda untuk menolak dan menghapus link sampah yang mengarah ke website Anda. Dengan begitu, dampak buruk bisa Anda minimalisir hingga website kembali sehat.

Namun, perlu Anda ketahui pula bila fitur ini harus Anda jadikan opsi terakhir atau Anda gunakan dalam kondisi darurat saja. Karena, aksi disavow bisa saja menolak backlink berkualitas baik yang sebenarnya tidak bermasalah.

Disavow backlink bukanlah suatu hal yang bisa Anda lakukan dengan main-main. Tindakan ini harus Anda lakukan secara serius karena keberhasilan atau kegagalan yang Anda lakukan akan berimbas pada peringkat pencarian situs Anda.

Anda bisa merealisasikan cara disavow link ketika mendapat pesan tindakan manual dari Google Search Console yang berisi peringatan dan saran untuk melakukan disavow link. Peringatan tersebut muncul kemungkinan karena ada backlink yang berkualitas buruk, spam link, atau link berbahaya.

Apakah disavow link yang Anda ajukan bisa dibatalkan? Ya, Anda mungkin bisa membatalkan disavow link yang telah Anda ajukan sebelumnya, asalkan Google menyimpan salinan file Anda dan tidak menindaklanjuti permintaan Anda sebelumnya.

Berkaitan dengan hal itu, sangat tidak disarankan untuk Anda melakukan eksperimen atau coba-coba dengan cara disavow link ini untuk sekedar memanipulasi peringkat pencarian website Anda.

Sebelum melakukan hal lain, Anda harus memastikan situs Anda terdaftar dan terverifikasi dengan Google Search Console, baik untuk domain versi “www” maupun domain versi “non-www”.

Setelah itu, bila sewaktu-waktu website Anda terkena masalah (menerima penalti), Google Search Console (GSC) akan mengirim pemberitahuan secara manual serta menyarankan untuk melakukan pemulihan website Anda. Nah, bila sudah terverifikasi Anda bisa memanfaatkan tool ini untuk menemukan backlink.

  1. Buka halaman GSC kemudian klik situs Anda
  2. Setelah itu, klik “Search Traffic” yang ada di dashboard. Kemudian, pilih “Links to your site” yang ada di sebelah kiri.
impactplus.com
  1. Klik “More” di pilihan paling bawah lalu cari “Who links the most”.
impactplus.com
  1. Klik button “Download more sample links”.
cara disavow link
impactplus.com

Setelah Anda melaksanakan 4 langkah di atas, Anda akan mendapatkan file yang berisi semua halaman yang tertaut ke situs Anda. Setelah itu, Anda perlu melakukan audit tautan untuk mengevaluasi kualitas links.

Anda harus menyadari kalau setiap domain pasti memiliki bad backlink. Untuk itu, Anda tidak perlu resah dengan adanya segelintir tersebut. Sebagai gantinya Anda harus menautkan backlink berkualitas tinggi untuk hasil yang lebih baik.

Meskipun proses pengunggahan file yang berisi disavow link dapat Anda lakukan dengan mudah, namun Anda masih perlu menyiapkan beberapa hal di bawah ini.

1. Minta Penghapusan Secara Manual

Bila memungkinkan sebaiknya Anda meminta si pengirim backlink untuk menghapus tautannya. Meskipun pada kenyataannya mereka akan menolak atau mengabaikan permintaan Anda. Jika sudah begitu, lanjutkan ke cara selanjutnya.

2. Buat File Disavow

Dari file backlink yang Anda dapatkan menggunakan 4 langkah di atas, selanjutnya cek satu persatu link yang tertaut serta catat semua domain dan url spam di notepad untuk mendapatkan format file (.txt). Anda bisa menggunakan simbol hash (#) untuk catatan pribadi Anda dalam notepad. Jadi, Google tidak akan bisa melihatnya. Contohnya:

# Halaman yang akan ditolak

https://contoh.com/contoh-halaman/

# Domain yang akan ditolak

domain:contohdomain.com

# Menghubungi pemilik domain pada 3/8/2022

# Sudah meminta penghapusan link tapi tidak ada respon

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan domain dan url? Ketika Anda menyertakan satu domain untuk di-disavow, maka semua url yang bersumber dari domain tersebut akan ikut terblacklist.

3. Unggah File Disavow

Cara Disavow Link
Themeisle.com

Langkah selanjutnya, Anda mengunggah file notepad tersebut ke GSC → Disavow Links Tool. Jika selama prosesnya Anda menemukan bad backlink ke situs Anda menggunakan tag “NoFollow”, maka Anda tidak perlu menolaknya. Google akan mengabaikan hal tersebut secara otomatis.

Disavow Links menjadi sangat bermanfaat untuk perbaikan website Anda bila Anda melakukannya di waktu yang tepat. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai mempelajari segala hal tentang disavow link seperti yang ada dalam pembahasan di atas.

Semakin matang persiapan Anda, semakin besar kemungkinan website kembali sehat. Setelah itu, upayakan menggunakan backlink yang berkualitas tinggi agar performa website Anda meningkat. Terakhir, lakukan pemeriksaan secara berkala. Tetap semangat karena ada banyak cara untuk menolak backlink dari SEO negatif.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development