digital vs traditional marketing

Pilih Digital Marketing atau Traditional Marketing untuk Bisnis Anda?

Di zaman yang semakin canggih, banyak teknologi modern yang bermunculan terutama teknologi digital yang saat ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh terhadap tumbuh kembang sebuah bisnis.

Kemunculan akan teknologi digital berkembang semakin meroket tajam bahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan yang ingin maju menggunakan teknik ini untuk memasarkan produk atau jasa milik mereka.

Jauh sebelum kemunculan media internet ditengah-tengah kita, metode atau teknik pemasaran masih menggunakan cara konvensional. Dimana pada masa itu, kegiatan pemasaran membutuhkan tenaga dan juga biaya yang lumayan besar.

Namun meskipun begitu, tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan cara konvensional. Alasannya satu karena mereka belum terpikirkan untuk memiliki website. Padahal, membuat websiteitu sangat mudah. Anda bisa belajar cara membuat website dari nol hingga langsung jadi walaupun tidak memiliki skill programming.

Pemasaran atau Marketing

apa itu pemasaran

Apa sih pemasaran atau marketing itu? Sebelum ke pembahasan utama artikel ini, Anda harus tahu lebih dulu yang dimaksud dengan pemasaran atau marketing itu apa.

Pemasaran atau marketing secara umum adalah salah satu kegiatan seseorang untuk mempromosikan jasa atau produk jualannya ke khalayak ramai dengan tujuan untuk mengajak orang lain tersebut agar tertarik kemudian membeli jasa atau produk jualannya.

Teknik pemasaran yang dilakukan pun beraneka ragam ada yang melalui media sosial, iklan melalui surat kabar atau koran, menyebarkan pamflet di jalanan, iklan melalui media tv, radio dan lain sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu, media internet hadir dan semakin kencang menyusupi setiap bagian dari kegiatan pemasaran atau marketing. Sehingga muncullah dua teknik pemasaran yang bisa digunakan yaitu traditional marketing dan digital marketing.

Kedua teknik pemasaran tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memasarkan produk atau jasa ke konsumen. Hal ini dilakukan agar para konsumen tertarik kemudian membeli produk atau jasa yang mereka jual tersebut. Namun meskipun tujuannya sama, kedua teknik marketing ini memiliki cara yang berbeda untuk pemasarannya, apa saja perbedaanya? Simak baik-baik ya.

Apa Itu Traditional Marketing?

traditional marketing

Traditional Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara konvensional alias non digital. Dimana teknik pemasaran ini digunakan jauh sebelum munculnya media internet, biasanya sering disebut sebagai pemasaran offline.

Salah satu contoh teknik pemasaran yang termasuk ke dalam traditional marketing seperti penjualan langsung, melalui TV, radio, pemasangan iklan melalui media cetak (koran, brosur, majalah, buku kupon, papan iklan, dll), penyebaran pamflet, dan lain sebagainya.

Kelebihan Traditional Marketing

Meskipun teknologi digital saat ini sudah ramai diperbincangkan, namun masih ada saja orang yang belum mahir dan tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Sehingga mereka masih mengandalkan cara konvensional (cara lama) yaitu traditional marketing untuk memasarkan jasa atau produk jualannya.

Kelebihan menggunakan teknik traditional marketing adalah Anda bisa memasarkan produk jualan Anda secara langsung, bertatap muka dengan konsumen Anda.

Hal ini sangat efektif dilakukan karena dengan bertatap muka secara langsung, Anda bisa mendemonstrasikan produk jualan Anda lebih lengkap lagi agar konsumen percaya dan tertarik untuk membelinya.

Selain itu, dengan teknik traditional marketing Anda dapat menjangkau kelompok konsumen tertentu yang Anda inginkan. Jadi Anda bisa lebih fokus menawarkan jualan Anda ke orang yang memang benar-benar tertarik untuk membelinya.

Kekurangan Traditional Marketing

Meskipun teknik traditional marketing masih efektif digunakan oleh sebagian orang, nyatanya terdapat beberapa kekurangan dan batasan seperti :

Biaya yang Dikeluarkan Cukup Mahal

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa cara pemasaran traditional marketing adalah dengan pemasangan iklan melalui media cetak seperti brosur, buku atau majalah, dan koran) dimana hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mencetaknya.

Apalagi kalau Anda seorang pebisnis rumahan yang minim dana, hal tersebut pastinya akan memberatkan bisnis Anda. Ditambah jika Anda memasarkan iklan produk Anda melalui media televisi atau radio, pasti biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal.

Hasilnya Tidak Bisa Diukur

Untuk hasil dari teknik pemasaran secara traditional marketing di kebanyakan kasus tidak dapat di ukur sama sekali karena dalam memasarkan jasa maupun produk jualannya dilakukan secara manual seperti menyebarkan brosur, pamflet dan lain sebagainya tanpa tahu hasil pastinya berapa orang yang tertarik dan akan membeli produk jualan mereka.

Tidak Ada Interaksi yang Efektif dengan Calon Konsumen

Dengan traditional marketing, teknik pemasarannya dilakukan secara satu arah dimana hal tersebut bisa saja membuat calon konsumen bosan melihat iklan yang sama setiap hari. Dan mungkin saja hal tersebut bisa mengganggu calon konsumen Anda dan secara perlahan menghindari iklan Anda tersebut.

Target Pasar yang Sempit

Keterbatasan traditional marketing lainnya adalah tentang jangkauan target pasar yang sangat terbatas. Target pasarnya hanya sebatas di lingkungan tempat pebisnis tersebut tinggal. Kita tidak bisa menjangkau orang-orang yang ada di belahan dunia lain karena media pemasaran kita masih banyak kekurangan.

Apa Itu Digital Marketing?

apa itu digital marketing

Digital Marketing atau biasa disebut dengan pemasaran digital merupakan salah satu teknik pemasaran yang dilakukan secara online menggunakan media elektronik (digital). Teknik online marketing ini sudah mulai menarik banyak perhatian para pebisnis untuk mulai memasarkan jualannya secara online.

Cakupan teknik digital marketing sangatlah luas, tidak hanya terbatas untuk bisnis online seperti blogger atau pemilik bisnis ecommerces saja, bisnis kelontongan pun bisa menggunakan teknik ini untuk memasarkan produk jualannya melalui jaringan internet.

Strategi digital marketing yang umum digunakan seperti membuat situs website, menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimalkan keyword di mesin pencarian google, iklan melalui social media marketing, iklan banner di website, menggunakan email marketing dan pay per click (google adwords). Anda bisa belajar SEO secara gratis pada website ini.

Kelebihan Digital Marketing

Ketika seorang pebisnis mulai menggunakan teknik digital marketing untuk memasarkan jualannya secara online, disaat yang bersamaan mereka akan langsung merasakan manfaatnya dengan sangat cepat. Banyak hal baik yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan teknik digital marketing di dalam pemasaran jualan Anda, seperti :

Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Kalau dibandingkan dengan traditional marketing yang terbatas dalam hal jangkauan pasar, dengan menggunakan teknik digital marketing Anda dapat dengan mudah menjangkau target pasar yang Anda inginkan.

Cara untuk memasarkan nya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memposting produk jualan Anda dengan memanfaatkan media digital seperti (sosial media atau website) yang dapat diakses dan dijangkau oleh semua orang, bahkan jangkauannya bisa sampai mancanegara sekali pun. 

Hasil Bisa Terukur dengan Jelas

Ketika Anda memilih digital marketing sebagai salah satu media promosi, Anda tidak akan kesulitan untuk mengecek tingkat keberhasilan dari iklan yang Anda promosikan di media online. Banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengecek hasil iklan Anda tersebut, salah satunya adalah menggunakan tools gratis dari Google yaitu Google Analytics.

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat dengan mudah melihat hasil yang lebih lengkap dan akurat. Selain itu karena adanya metrik pengukuran di dalam Google Analytics, Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang berapa jumlah iklan yang ditampilkan, jumlah pengunjung yang melakukan registrasi melalui situs website Anda, respon pengunjung terhadap iklan Anda dan lain sebagainya.

Biaya Lebih Terjangkau dan Murah

Karena cara pemasaran digital ini sebagian besar menggunakan media online, biaya yang dikeluarkan pun tidak begitu besar. Jika Anda menggunakan situs website, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hosting saja.

Setelah situs website Anda aktif, Anda sudah bisa mulai beriklan. Anda pun bisa bisa menggunakan media lainnya untuk beriklan dengan mengeluarkan sedikit biaya melalui PPC (Post Per Click), email atau content marketing.

Meskipun teknik digital marketing hasilnya tidak langsung memberikan efek yang instan, karena pastinya membutuhkan waktu dan juga kesiapan dalam memprosesnya. Namun pada akhirnya, Anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

Jika iklan Anda tersebut berhasil, Anda hanya tinggal melihat hasilnya, dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena teknik digital marketing sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Kekurangan Digital Marketing

Setelah melihat beberapa kelebihan dari digital marketing yang bisa dikatakan sebagai teknik pemasaran yang paling mudah dan murah, ternyata digital marketing pun tidak luput dari kekurangan dan juga tantangan, seperti:

Adanya Ketergantungan Calon Pelanggan yang Hanya Interaktif di Internet

Karena sebagian besar media pemasaran digital marketing berpromosi melalui media internet, dan target pasarnya pun adalah seseorang yang aktif di dunia internet, alhasil apabila calon konsumen Anda tidak online maka digital marketing bukan merupakan cara pemasaran yang efektif.

Mudah Ditiru oleh Kompetitor

Karena teknik digital marketing iklannya tersebar di internet dan bisa dilihat oleh semua pengunjung termasuk dilihat oleh para kompetitor bisnis Anda, tidak menutup kemungkinan teknik beriklan Anda pun bisa ditiru oleh mereka. Sehingga Anda harus memutar otak lagi untuk membuat konten yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Setelah melihat pengertian dari kedua teknik pemasaran yaitu traditional marketing dan digital marketing beserta kelebihan maupun kekurangannya, pastinya Anda sudah bisa memilih mana yang terbaik untuk bisnis Anda nantinya bukan?

Intinya, kedua teknik pemasaran ini sama-sama memberikan efek yang nyata untuk bisnis Anda kedepannya. Namun terlepas dari kedua teknik pemasaran ini, hal terpenting yang perlu di garis bawahi adalah Anda harus tahu strategi marketing yang baik untuk menjangkau target pasar bisnis Anda, agar mereka bisa tertarik untuk membeli jasa atau produk jualan Anda.

Untuk Anda yang masih bingung dimana tempat yang cocok mempromosikan iklan bisnis Anda secara online, penulis merekomendasikan produk jasa iklan Google Ads dari Masterweb sebagai salah satu provider hosting yang sudah resmi menjadi mitra UKM Google Indonesia. Dimana Masterweb memberikan solusi termudah bagaimana cara beriklan di media internet untuk mendatangkan banyak calon konsumen baru untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *