Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Panduan Belajar SEO Terlengkap untuk Pemula (Update 2023)

6 min read

panduan belajar seo lengkap untuk pemula

Memahami SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah penting dalam membangun kehadiran online yang kuat. Apalagi hingga saat ini Google terus memperbarui algoritmanya, sehingga hampir tidak mungkin untuk Anda yang seorang pemula untuk berhenti belajar SEO dan memperbarui strategi dasarnya. 

Beruntunglah Anda datang ke tempat yang tepat, karena artikel ini akan memberikan panduan lengkap yang membantu Anda memahami tips dan materi belajar SEO terbaik untuk pemula. 

Serta mengetahui tools SEO yang harus Anda kuasai, agar mampu meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian atau Search Engine Result Page (SERP).

Tips Belajar SEO untuk Pemula

Pada dasarnya, tips dalam mempelajari SEO hampir selalu sama setiap tahun. Salah satu tips yang paling banyak pemula hingga profesional pahami adalah mempelajari materi dasar SEO. 

Umumnya, materi-materi dasar yang tersebar luas di luaran sana mencakup konsep dasar SEO, faktor dan teknik-tekniknya, strategi keyword research, link building, hingga cara membuat artikel yang SEO-friendly

Anda bisa menemukan semua informasi tersebut dengan membaca buku atau blog di internet, ikut kursus atau forum online, dan sumber daya terpercaya lainnya untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh.

Materi Belajar SEO yang Perlu Anda Pelajari

Berikut ini adalah penjelasan poin-poin materi belajar SEO untuk pemula yang sangat berguna dalam optimasi website di mesin pencarian:

1. Konsep Dasar SEO

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami konsep dasar SEO yang mana merupakan strategi mengoptimasi website agar memiliki peringkat atau ranking tertinggi di SERP Google, Yahoo, maupun Bing. 

SEO memiliki serangkaian sistem kerja yang mempengaruhi visibilitas hingga organic traffic website di internet, yaitu crawling, indexing, dan ranking.

2. Faktor SEO

Kemudian, Anda juga perlu pahami bahwa ada sejumlah faktor SEO yang juga mempengaruhi upaya Anda dalam meningkatkan ranking dan traffic website. Beberapa di antaranya adalah:

  • Optimalisasi pemilihan dan penggunaan kata kunci konten.
  • Pembuatan judul, deskripsi meta, tag header, hingga konten website yang informatif, menarik, dan berkualitas berdasarkan kelengkapan, akurasi, dan struktur konten. 
  • Susunan atau struktur website yang mudah dinavigasi dan teratur, sehingga mesin pencari dapat melakukan indexing dengan mudah.
  • Konsistensi dan relevansi isi konten website, agar mesin pencari dapat menilai kredibilitas website.
  • Penggunaan internal link dan backlink yang relevan dan berkualitas. 
  • Faktor search intent yang umumnya berkaitan hal penggunaan kata kunci dan relevansi isi konten dengan kata kunci tersebut selama proses crawling dan indexing
  • Pembuatan URL atau permalink yang mudah diingat dan sesuai dengan topik utama konten.
  • Memasukkan gambar pendukung isi konten yang lengkap dengan atribut alt.
  • Pengoptimalan load page speed website, supaya pengalaman dan kepuasan pengunjung semakin baik.
  • Faktor jaminan keamanan website dari kejahatan cyber, contohnya dengan penggunaan sertifikat SSL dan domain HTTPS.
  • Tampilan dan layout website yang mobile-friendly dan responsif. Pastikan untuk menyusun user interface website sesederhana mungkin, namun tetap menarik.
  • Pengoptimalan indikator domain authority dan page authority yang mempengaruhi mesin pencari dalam menilai kualitas domain website.

3. Technical SEO

Materi belajar SEO untuk pemula yang berikutnya berkaitan dengan teknik SEO untuk memaksimalkan visibilitas dan ranking website di SERP, yaitu Technical SEO

Secara teori, Technical SEO adalah suatu proses atau upaya memaksimalkan aspek teknis pada website agar memenuhi karakteristik algoritma mesin pencari. Sehingga, teknik SEO ini tidak berkaitan langsung dengan faktor penggunaan kata kunci.

Technical SEO dapat membantu Anda dalam membuat website yang bisa pengunjung akses dengan cepat. Pastikan website Anda memiliki sitemap XML, schema markup, struktur URL dan breadcrumb yang tepat, serta tidak memiliki konten duplikat, orphan content, dan dead link.

4. Keyword Research

Seperti yang telah Anda baca sekilas di atas, proses belajar SEO yang penting untuk pemula selalu berkaitan dengan pengoptimalan kata kunci. Yap, Anda harus memahami hal tersebut dengan melakukan serangkaian strategi keyword research

Karena keyword research akan memudahkan Anda dalam memahami hal apa yang sedang pengunjung butuhkan saat ini. 

Oleh sebab itu, Anda harus menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau topik konten Anda. Misalnya, kata kunci yang mewakili informasi paling dicari pengunjung atau kata kunci yang berfungsi untuk menjual produk atau layanan bisnis Anda. 

Selain itu, temukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi, tetapi persaingan yang tidak terlalu ketat. 

5. On-Page SEO

Selain belajar SEO Technical, Anda juga perlu mengoptimasi website dengan teknik on-page SEO. Teknik ini melibatkan proses pengoptimalan elemen-elemen di dalam halaman website. Mulai dari judul, deskripsi meta, tag header (H1, H2, H3, dst), URL, internal link, isi konten, dan gambar yang lengkap dengan atribut alt

Dalam proses ini, pastikan ketujuh elemen tersebut relevan dengan kata kunci yang mewakili tujuan konten, dapat terbaca dengan jelas, serta menarik minat pengunjung. 

6. Membuat Artikel yang SEO Friendly

Berdasarkan poin-poin materi belajar SEO untuk pemula pada artikel ini, dapat kita tarik garis besar bahwa Anda wajib membuat artikel SEO friendly. Tujuannya agar ranking, organic traffic, dan kredibilitas halaman website Anda bisa meningkat. Artikel yang SEO friendly tidak terlepas dari aspek penting, seperti:

  • Menemukan dan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel.
  • Membuat judul artikel dan deskripsi meta yang menarik, informatif, serta mengandung kata kunci utama.
  • Menyusun struktur konten yang jelas menggunakan tag heading untuk memisahkan bagian-bagian penting dalam artikel.
  • Menyisipkan internal link ke halaman lain di website yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas.
  • Menyertakan gambar, video, infografis, atau elemen visual lainnya untuk memperkaya konten.
  • Membuat URL halaman website yang singkat, deskriptif, mengandung kata kunci, dan tidak mengandung angka atau karakter khusus. 
  • Mengoptimalkan tampilan website untuk tampil dengan baik dan responsif di perangkat mobile (mobile-friendly). 

7. Off-Page SEO

Tak afdol rasanya jika tidak mengoptimalkan off-page SEO setelah belajar SEO on-page. Sebab, off-page SEO juga meningkatkan ranking dan traffic website di SERP dengan melibatkan proses pengoptimalan elemen-elemen di luar halaman website

Teknik ini identik dengan upaya membangun backlink yang mengarah ke website lain pada halaman website Anda. Namun, Anda juga bisa memaksimalkan off-page SEO dengan mempromosikan konten ke media sosial, forum online, atau bahkan website milik orang lain (social signal).

8. Link Building

Tahukah Anda jika istilah membangun backlink pada poin off-page SEO di atas juga disebut dengan link building

Praktik ini juga sangat penting untuk meningkatkan otoritas, reputasi, dan peringkat SEO website Anda di mesin pencari. Karena backlink yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas website Anda. Jadi, jangan sampai Anda tidak belajar aspek SEO ini, ya!

Metode umum dalam link building meliputi referring link, guest posting, memperhatikan penggunaan link dofollow atau nofollow, dan mencari kesempatan berkolaborasi dengan website lain. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan link building dengan cara mendapatkan ulasan atau rekomendasi dari sumber terpercaya serta berpartisipasi aktif dalam komunitas online.

9. Local SEO

Materi belajar SEO untuk pemula yang terakhir adalah Local SEO. Singkatnya, Local SEO adalah strategi optimasi yang berguna agar bisnis Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan lokasi geografis Anda. 

Sehingga, Anda dapat mendorong aspek kompetitif bisnis, brand awareness, dan bahkan penjualan bisnis ke arah yang lebih baik hanya dengan strategi pemasaran yang mudah.

Umumnya, strategi Local SEO dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Buat profil bisnis lengkap dengan alamat, nomor telepon, jam operasional, foto, dan deskripsi bisnis di Google My Business.
  • Mengoptimasi kata kunci yang berkaitan dengan lokasi geografis bisnis dalam judul, tag meta, konten, dan deskripsi gambar di website.
  • Meminta pelanggan untuk memberi ulasan positif di situs ulasan, seperti Google Review dan Facebook.

Tools SEO yang Perlu Dikuasai

Nah, supaya proses belajar SEO Anda semakin maksimal, Anda perlu mengetahui serta menguasai penggunaan tools-tools SEO berikut ini:

  • Google Analytics – berguna dalam memberikan informasi mendalam seputar performa dan traffic website, demografi dan perilaku pengunjung, konversi, dan lain-lain.
  • Google Search Console – bermanfaat dalam memantau kesehatan website melalui wawasan bagaimana Google memahami dan mengindeks website. Berkatnya, Anda dapat melacak performa website, mencari keyword baru, menganalisis traffic website, serta melihat jumlah dan jenis backlink yang mengarah ke website Anda.
  • SEMrush – membantu dalam upaya on-page SEO dan off-page SEO dari satu halaman saja menggunakan fitur-fitur utama seperti competitive research, keyword research, link building, dan rank tracking.
  • Google Keyword Planner – digunakan untuk riset kata kunci relevan dan populer yang dapat Anda targetkan dalam strategi SEO website. Anda dapat melihat rata-rata volume pencarian bulanan keyword tertentu, tingkat persaingan keyword, dan saran kata kunci terkait.
  • Ahrefs – membantu Anda dalam mengoptimasi kinerja on-page SEO pada website Anda serta menampilkan profil backlink dan data organic traffic website. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kata kunci yang berpotensi menguntungkan dan memantau peringkat website di mesin pencari.
  • Google Trends – memungkinkan Anda untuk melihat tren pencarian, mencari kata kunci topik yang populer, dan membandingkan performa kata kunci dari waktu ke waktu. Google Trends tak hanya memberi hasil pencarian pada website, tetapi juga menyajikan hasil pencarian kata kunci dari Google Images, Google News, Google Shopping, dan YouTube.
  • Yoast SEO – salah satu plugin CMS WordPress yang dapat memberikan pedoman dan analisis SEO langsung saat Anda membuat atau mengedit konten di website berbasis WordPress. Yoast SEO memiliki fitur yang berguna untuk memeriksa focus keyword, meta title, meta description, slug, readability, dan lain sebagainya.
  • Google PageSpeed Insight – berguna untuk menganalisis dan mengukur performa halaman website dari segi kecepatan dan kualitas konten website pada tampilan desktop maupun mobile.

Rekomendasi Tempat Belajar SEO Online

Anda ingin mempelajari praktik SEO secara lebih mendalam untuk kebutuhan pengembangan karier di bidang pemasaran digital (digital marketing)? Tak perlu repot, karena Anda bisa mengikuti program belajar SEO dari beberapa tempat kursus online berikut ini:

1. Makinrajin Blog

Blog Makinrajin bisa menjadi sumber referensi belajar SEO yang patut Anda pertimbangkan, lho. Karena hingga saat ini, Makinrajin rutin membagikan berbagai artikel dan panduan seputar aspek-aspek utama SEO, seperti strategi, faktor, teknik, tools, dan tren SEO terbaru. 

Selain itu, Anda juga dapat menemukan artikel dan panduan dari kategori lain, sebut saja desain grafis, digital marketing, web development, dan bahkan strategi bisnis online. Artikel dan panduan SEO yang ada di blog Makinrajin bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun secara gratis! 

2. Skill Academy

Selain dari blog, Anda juga perlu bergabung ke tempat kursus dari platform pembelajaran online Skill Academy. Berada di bawah naungan Ruangguru, platform Skill Academy menyediakan kelas kursus komprehensif tentang SEO yang cocok untuk pemula. 

Mulai dari konsep dasar SEO, riset keyword, optimasi on-page dan off-page, link building, teknik pemantauan dan analisis, serta praktik SEO terbaru lainnya. 

Platform Skill Academy memiliki ciri khas tersendiri, di mana menawarkan pembelajaran interaktif melalui berbagai metode, seperti video pelajaran, materi bacaan, studi kasus, dan latihan praktis. Selain itu, Skill Academy menyediakan forum atau komunitas online di mana Anda dapat berinteraksi dengan sesama peserta kursus dan instruktur. 

Berbeda dengan ketika Anda belajar SEO dari sumber blog, platform kursus online seperti Skill Academy akan memberikan sertifikat yang menyatakan bahwa Anda telah menyelesaikan semua rangkaian kursusnya.

3. SEMrush Academy

Anda juga bisa belajar SEO dari tempat kursus online gratis dan terpadu berbasis internasional seperti SEMrush Academy. 

Selama lebih dari 10 tahun, SEMrush Academy menawarkan kursus untuk tingkat pemula hingga lanjutan yang meliputi berbagai aspek SEO. Seperti keyword research, competitive research, pemantauan ranking, analisis backlink, optimasi konten, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Anda tidak hanya akan menemukan penjelasan teori tentang konsep SEO, tetapi juga memberikan tutorial praktis yang mengajarkan Anda cara menggunakan tools SEMrush secara efektif. 

SEMrush Academy juga akan memberikan sertifikat resmi yang dapat menambah nilai dan kredibilitas Anda sebagai seorang praktisi SEO, setelah Anda menyelesaikan semua rangkaian kursusnya.

Sudah Siap Belajar SEO? 

Demikian penjelasan dari kami mengenai panduan belajar SEO yang harus Anda pahami secara mendalam. Anda bisa mempelajari teori-teori di atas dengan ikut kursus online di platform terpercaya sambil berlatih menggunakan tools SEO. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang SEO dengan lebih komprehensif.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development