Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

17 Faktor SEO yang Berpengaruh Sangat Tinggi untuk Optimasi

6 min read

17 Faktor SEO yang Berpengaruh Sangat Tinggi untuk Optimasi

Ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO saat ini. Tiap faktor SEO tersebut tentu saja perlu Anda perhatikan agar bisa menghasilkan konten yang optimal. Lalu pertanyaanya, ada berapakah faktor yang terdapat pada SEO dan sangat berpengaruh?

Mengingat, penggunaan SEO sendiri memang sudah menjadi hal yang yang wajib dalam dunia konten digital marketing. Tujuan utamanya tentu saja agar membuat konten tersebut menjadi lebih mudah untuk ditemukan dan mendatangkan banyak pengunjung.

Faktor SEO yang Berpengaruh Tinggi

Mungkin masih banyak yang bertanya tentang kenapa SEO penting? Penggunaan SEO yang utama adalah untuk menyajikan konten kepada orang yang memang membutuhkan.

Berikut adalah beberapa faktor SEO yang akan sangat berpengaruh, terutama untuk optimalisasi peringkat pada mesin pencari.

1. Kualitas Konten

Hal pertama dalam faktor yang mempengaruhi SEO adalah masalah konten yang berkualitas. Bahkan, masalah yang satu ini menjadi penilaian yang paling penting oleh mesin pencari.

Pada pengaplikasiannya, kualitas konten ini sendiri akan dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari akurasi, kelengkapan, sampai bagaimana struktur konten tersebut Anda buat.

Akurasi misalnya, hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh karena semakin akurat konten yang Anda buat maka bisa saja konten tersebut menjadi referensi untuk konten pada website lain. Dari sini bisa saja konten Anda mendapatkan backlink dari website lain.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah struktur dan kelengkapan. Ini akan berkaitan dengan kenyaman pengunjung ketika membaca konten yang Anda buat. 

Semakin enak struktur yang Anda buat maka semakin mudah juga untuk membacanya. Efeknya adalah informasi bisa lebih mudah untuk didapatkan. Lebih lanjut, hal ini juga akan berpengaruh dengan user experience.

2. Konsistensi

Faktor lainnya yang juga akan mempengaruhi dalam penilaian SEO adalah masalah konsistensi isi website. Semakin konsisten, tentu akan semakin baik. Dalam hal ini, mesin pencari bisa menilai jika website Anda cukup kredibel.

Masalah konsistensi ini tidak berarti website Anda harus membahas satu niche yang sama. Jika Anda memiliki website dengan banyak tema di dalamnya, maka pastikan ada satu keterkaitan antara konten tersebut.

3. Relevansi Konten

Selain masalah kualitas, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah masalah relevansi isi  konten. Anda perlu memperhatikan banyak hal untuk masalah ini. Mulai dari relevansi isi dengan kata kunci sampai pemilihan kata kunci dengan apa yang sedang banyak dicari.

Semakin relevan konten yang Anda buat dengan apa yang sedang ramai pada saat itu, maka hal tersebut merupakan salah satu contoh langkah optimasi SEO yang berhasil.

4. Backlink

Sudah disinggung sebelumnya jika salah satu faktor lainnya yang juga akan sangat memiliki pengaruh dalam faktor SEO adalah backlink. Secara pengertian, backlink adalah link yang berasal dari website lain dan mengarah ke website Anda.

Bagi mesin pencari, backlink bisa menjadi suatu tanda jika website yang dituju merupakan website penting karena menjadi referensi. Semakin banyak Anda mendapatkan backlink maka semakin baik. Penggunaan backlink ini juga merupakan salah satu langkah untuk optimalisasi off page SEO.

Namun penggunaan backlink ini juga tidak bisa asal banyak saja. Anda juga harus memastikan jika backlink tersebut berasal dari website yang berkualitas. Hal ini juga akan menjadi salah satu penilaian dari mesin pencari.

Salah satu tanda backlink berkualitas adalah relevansi dengan konten. Backlink yang Anda dapatkan dengan asal, terutama jika jumlahnya banyak, hanya akan membuat mesin pencari menganggap hal itu sebagai spam.

5. Internal Link

Selain backlink, penggunaan internal link juga merupakan salah satu faktor penting dan akan mempengaruhi SEO. Salah satu tujuan penggunaan internal link adalah membuat pengunjung menjadi lebih lama berada di website Anda.

Internal link ini akan membuat semua konten Anda bisa saling terkait. Cara ini juga bisa berguna untuk meningkatkan jumlah klik pada website tersebut. 

Penggunaan internal link juga tidak bisa sembarangan. Anda harus benar-benar memperhatikan kesesuaiannya dan jangan membuat internal link yang terlihat dipaksakan. Selain itu, pastikan jumlah internal link juga tidak kebanyakan dan jaraknya tidak terlalu dekat.

6. Search Intent

Faktor lainnya yang terdapat pada SEO dan akan sangat berpengaruh adalah masalah search intent. Singkatnya, faktor ini akan berkaitan dengan dua hal. Pertama adalah penggunaan kata kunci, kedua adalah relevansi isi dengan kata kunci yang digunakan.

Pada penggunaannya, search intent merupakan cara mesin pencari untuk menyajikan hasil yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Search intent sendiri akan berkaitan dengan proses crawling dan indexing yang mesin pencari lakukan.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil search intent yang baik, maka pastikan isi konten dan penggunaan kata kunci sesuai dan relevan. Misalkan, jika Anda menggunakan kata kunci “cara investasi saham” maka pastikan isinya juga berkaitan dengan hal tersebut, bukan malah membahas tentang mengapa saham bisa naik dan turun.

7. Kecepatan Website

Faktor selanjutnya berkaitan dengan technical SEO yaitu masalah kecepatan. Pada prosesnya, mesin pencari akan menempatkan website yang memiliki kecepatan sangat baik pada posisi atas.

Masalah kecepatan ini tentu saja akan sangat berkaitan dengan user experience. Semakin cepat website tersebut melakukan loading, tentu akan semakin baik. Hal ini juga akan membuat pengunjung puas.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website menjadi cepat. Membuat halaman dengan ringan, tidak banyak plugin yang tidak penting, sampai dengan optimasi ukuran gambar merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

8. Keamanan Website

Sejak kejahatan cyber makin sering terjadi, maka Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar juga memasuki keamanan website ke dalam salah satu faktor yang mempengaruhi SEO.

Mesin pencari bahkan tidak akan memasukan website yang tidak memiliki sistem keamanan pada posisi paling atas. Hal ini juga sebagai salah satu upaya dari mesin pencari untuk mencegah kejahatan cyber terus terjadi.

9. Mobile Friendly

Hal lainnya yang juga akan sangat berpengaruh dalam optimalisasi SEO adalah website yang mobile friendly. Dua hal penting di sini adalah masalah kecepatan dan juga layout website.

Mesin pencari lebih menyukai website yang cepat dibuka dalam perangkat mobile. Artinya, Anda perlu memastikan jika website tersebut tidak terlalu berat, tidak banyak konten yang tidak perlu, dan waktu loading yang cepat ketika diakses lewat perangkat mobile.

Sementara masalah layout akan sangat berkaitan dengan kenyamanan. Layout pada perangkat desktop dan mobile tentu saja akan berbeda. Tidak memperhatikan masalah ini akan membuat layout menjadi menumpuk dan tentu saja akan sulit untuk menemukan informasi.

Masalah website yang mobile friendly ini juga berkaitan dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Untuk menjangkau pasar itulah maka website harus bisa optimal ketika orang mengaksesnya lewat perangkat mobile.

10. Domain Authority

Sudah dijelaskan sebelumnya jika kualitas konten akan sangat menentukan posisi website Anda pada mesin pencari. Salah satu indikator untuk penilaian konten ini adalah domain authority.

Bisa dibilang domain authority merupakan sebuah cara yang dilakukan mesin pencari untuk menilai apakah domain tersebut berkualitas atau tidak. Semakin tinggi nilai dari domain authority, maka semakin baik juga posisi yang bisa website tersebut dapatkan.

11. Optimalisasi Kata Kunci

Berbicara masalah SEO, maka Anda akan berbicara banyak tentang penggunaan kata kunci. Bisa dibilang, ini merupakan faktor paling fundamental dan sangat mempengaruhi optimalisasi SEO.

Pemilihan kata kunci adalah kata yang paling banyak dicari oleh pengguna pada mesin pencari. Nantinya, kata kunci inilah yang akan menjadi dasar dalam pembuatan konten.

Selain masalah pemilihan, hal penting lainnya adalah penggunaan kata kunci. Tidak bisa asal, Anda juga harus memastikan penyebaran dan jumlah kata kunci tersebut sesuai untuk optimalisasi SEO. Optimalisasi kata kunci ini juga termasuk ke dalam on page SEO.

12. Struktur Website

Salah satu faktor penting lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah struktur website. Faktor ini akan berkaitan dengan kenyamanan pengunjung dan juga kemudahan mesin pencari melakukan indexing.

Struktur website yang baik akan membuat pengunjung lebih mudah menemukan informasi yang mereka cari. Proses ini akan membuat website Anda mendapatkan user experience yang baik.

Di lain sisi, masalah struktur ini juga akan membuat mesin pencari lebih mudah melakukan crawling dan indexing. Semakin cepat proses satu ini dilakukan, maka akan semakin baik juga posisi website Anda pada mesin pencari.

13. User Experience

Hal lainnya yang juga menjadi faktor yang mempengaruhi SEO adalah user experience. Pengalaman pengunjung menjadi hal penting yang bisa menjelaskan apakah website Anda layak untuk direkomendasikan ke orang lain atau tidak.

Website yang memberikan pengalaman pengunjung menyenangkan tentu akan menjadi salah satu nilai lebih dari mesin pencari. 

Ada beberapa faktor yang terdapat pada SEO dan digunakan mesin pencari untuk menilai user experience ini. Pertama adalah click through rate. Ini merupakan penilaian tentang berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda dengan mengklik link hasil dari mesin pencari. Semakin tinggi nilai CTR maka akan semakin baik.

Penilaian kedua adalah bounce rate. Ini merupakan penilaian tentang berapa banyak pengunjung yang langsung pergi setelah masuk ke website tanpa melakukan interaksi apapun, atau interaksi yang dilakukan minim. Nilai bounce rate yang tinggi menandakan jika kualitas website Anda buruk.

Kebalikan bounce rate adalah dwell time. Ini merupakan penilaian tentang berapa lama seorang pengunjung berada pada website Anda. Pada nilai dwell time, semakin tinggi maka semakin baik.

14. Pemilihan Judul

Tidak bisa dipungkiri jika masih banyak orang yang membaca ataupun melihat sebuah konten hanya karena judul. Dari sini bisa diambil kesimpulan jika pemilihan judul juga merupakan salah satu faktor penting untuk bisa meningkatkan pengunjung.

Baik secara langsung ataupun tidak, ini merupakan salah satu langkah yang perlu Anda pikirkan untuk bisa melakukan optimasi SEO. Pemilihan judul ini sendiri biasanya digunakan untuk SEO marketing.

Untuk kebutuhan marketing, maka judul tidak hanya akan dibuat menarik namun juga sepersuasif mungkin. Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan kebutuhan marketing itu sendiri.

Sebagai salah satu faktor SEO, pembuatan judul ini juga harus memuat kata kunci yang digunakan. Ini juga merupakan salah satu langkah untuk mempermudah mesin pencari ketika melakukan indexing.

15. URL

Setiap halaman website tentu akan memiliki URL sendiri. Tanpa Anda rubah, URL dari tiap halaman tersebut akan sulit untuk diingat. Maka, untuk meningkatkan optimasi SEO, yang perlu Anda lakukan adalah membuat URL tersebut semudah mungkin untuk diingat atau setidaknya mudah untuk dibaca.

Saat ini, kebanyakan orang menggunakan permalink untuk kebutuhan URL ini. Nantinya, URL akan dibuat dengan menggunakan kata kunci pada konten tersebut.

16. Elemen Meta

Secara singkat, penggunaan elemen meta dalam SEO adalah untuk membantu optimasi dari hal yang terkecil sekalipun. 

Mungkin Anda pernah mendengar tentang meta description, meta tag, meta title, dan lainnya. Inilah beberapa elemen meta yang akan menjadi faktor penting dalam langkah optimasi dan akan mempengaruhi strategi SEO yang akan Anda lakukan. 

Nantinya, elemen meta ini akan membantu menjelaskan pada mesin pencari tentang isi dari konten.

Meta description misalnya, ini merupakan salah satu cara untuk menjelaskan secara singkat tentang apa isi dari konten tersebut. Penggunaan meta description juga akan membantu pengunjung untuk melihat apakah isi konten tersebut sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau tidak.

17. Optimasi Gambar

Selain masalah tulisan, langkah lainnya yang juga perlu Anda lakukan untuk bisa mengoptimalkan strategi SEO adalah melalui gambar. Pada praktiknya, gambar ini tidak hanya sebagai hiasan, namun juga berfungsi untuk membantu SEO.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alt text pada gambar. Cara ini bisa membantu mempermudah proses indexing mesin pencari, membuat gambar bisa ditemukan dengan mesin pencari, menjelaskan isi gambar ketika gambar belum terbuka, dan lainnya.

Di lain sisi, optimasi gambar ini juga akan berkaitan dengan seberapa cepat gambar tersebut bisa terbuka. 

Saat ini, salah satu jenis gambar yang banyak digunakan adalah infografis. Penggunaan infografis selain bisa membantu optimasi gambar juga bisa membantu menjelaskan isi konten dengan cara yang lebih singkat dan tentunya lebih menarik untuk pembaca.

Optimalkan SEO Mulai Sekarang!

Setelah mengetahui tentang apa saja faktor SEO, maka sudah waktunya Anda mencoba untuk melakukan optimasi tersebut. Dengan cara ini, maka konten yang Anda buat akan semakin banyak pengunjung.Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara tepat untuk melakukan digital marketing. Dengan SEO, maka bisa membuat produk yang Anda tawarkan sampai pada orang yang memang mencarinya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development