Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Estimasi Harga Pembuatan Website yang Cocok untuk Bisnis

5 min read

Estimasi Harga Pembuatan Website yang Cocok untuk Bisnis

Membuat website untuk bisnis, menjadi satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Namun, pembuatan website sangat bergantung pada developer yang Anda pilih. Bahkan, harga pembuatan website juga jadi pertimbangan tersendiri. Jadi penting untuk tahu estimasi ini sebelum memesan sebuah website.

Estimasi Harga Jasa Pembuatan Website

Agar Anda tidak boncos pengeluaran untuk pembuatan website, ada baiknya Anda mempelajari harga website di pasaran. Walaupun banyak faktor yang dapat mempengaruhi, setidaknya estimasi ini bisa jadi patokan untuk memilih jasa pembuatan website terbaik.

1. Web Hosting

Pada dasarnya, web hosting adalah faktor penting dalam membangun sebuah website, karena fungsi utamanya adalah untuk menyimpan semua file dan data dari sebuah situs web. Tanpa memiliki hosting, sebuah situs pencarian tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Untuk sebuah bisnis start up, akan memilih untuk menyewa hosting murah yang dapat meringankan beban perusahaan. Karena kebanyakan bisnis berkembang memulai dengan modal yang terbatas. Sebaiknya, Anda memilih untuk berlangganan tahunan daripada bulanan, karena Anda bisa berhemat hingga lebih dari 75%.

Umumnya, berlangganan hosting bulanan termurah mulai dari Rp150.000,00 an untuk cloud hosting. Sedangkan untuk tahunan biasanya lebih murah, kisaran harga termurahnya mulai dari Rp500.000,00 an saja. 

Namun, beberapa jasa seperti MakinRajin menawarkan paket hosting 3 tahun yang mulai dari harga Rp1.000.000,00 an saja.

Jika harga tersebut masih terbilang cukup mahal untuk bisnis Anda, maka shared hosting bisa jadi solusi untuk Anda. Karena harga berlangganan shared hosting mulai dari Rp 10.000,00/bulan hingga ratusan ribu rupiah.

2. Domain

Poin yang jadi penentu estimasi harga pembuatan website adalah berlangganan sebuah domain, walaupun hal ini cukup bergantung dengan ekstensi yang Anda pilih. Secara umum, domain dapat Anda artikan sebagai alamat sebuah situs web, yang terdiri dari nama domain dan ekstensi.

Semakin unik, pendek, dan familiar sebuah domain, maka akan semakin tinggi pula harga yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, semakin sedikit karakter sebuah domain, maka kemungkinan harganya akan semakin tinggi. 

Contohnya, domain 4-2 karakter yang dibanderol mulai Rp2.200.000,00 hingga ratusan juta rupiah dengan sistem lelang.

Ekstensi juga sangat mempengaruhi harga website yang harus Anda tanggung. Semakin tinggi kasta sebuah ekstensi, maka akan semakin mahal biaya berlangganannya. Ekstensi sendiri melambangkan fungsi dan organisasi dari pemilik website.

Contohnya seperti “.site” untuk situs pribadi, “.sch” untuk sekolah, “.ac” untuk universitas, dan masih banyak ekstensi lainnya. Umumnya, domain dengan ekstensi pribadi lebih murah, yaitu dibanderol mulai Rp14.000,00/tahun. Sedangkan domain untuk organisasi dan perusahaan bisa mulai dari Rp55.000,00–Rp275.000/tahun.

3. Desain Website

Seperti namanya, desain selalu berhubungan dengan tampilan. Untuk membuat tampilan yang menarik, unik, dan profesional, beberapa perusahaan ternama menggunakan jasa desainer web, dengan biaya proyek yang tidak sedikit. Bahkan, untuk tiap pembuatan desain, bisa mencapai harga hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini tentunya karena banyak talent yang terlibat, mulai dari expert desain grafis, UI dan UX, serta beberapa implementor. Namun, bagi bisnis yang masih merintis, ada solusi lain yang bisa Anda ambil, yaitu menggunakan free template web, maupun menggunakan platform pembuatan web seperti WordPress.

Bahkan, dengan teknologi seperti ini, Anda bisa mengeluarkan modal paling minim bahkan gratis. Walaupun Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan mengimplementasikan sendiri, atau menyewa jasa pengembangan WordPress. Walaupun hasilnya akan terlihat lebih mainstream dari desain eksklusif

4. Fitur eCommerce dan Transaksi Digital

Ada banyak perusahaan yang menyediakan kemungkinan terjadinya transaksi digital dalam situs web yang mereka bangun. Hal ini tentunya menjadi sistem tambahan atau berdiri sendiri, yang akan mempengaruhi harga pembuatan website yang harus perusahaan Anda tanggung.

Namun, diluar biaya yang harus Anda tanggung, benefit memiliki fitur ecommerce ataupun transaksi digital akan jauh lebih besar. Karena dengan membangun toko online, kepercayaan publik akan meningkat. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan jangkauan pasar, serta angka penjualan dari sebuah produk atau jasa.

Harga website ecommerce termurah ada di kisaran Rp1.000.000,00 an dengan desain standar, yakni metode pemesanan melalui pesan Whatsapp. Sementara untuk membangun sebuah toko online eksklusif, Anda butuh modal yang cukup besar hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini bisa terjadi karena penerapan algoritma, sistem, serta desain yang harus Anda pertimbangkan. Semakin banyak fitur yang tercakup, juga akan mempengaruhi harga jasa pembuatan website.

Namun, jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menambahkan fitur ecommerce dengan menginstall plugin dan mengaturnya sesuai kebutuhan. Bahkan, beberapa perusahaan memilih membangun sistem atau aplikasi ecommerce siap pakai, untuk meringankan beban para pengusaha.

5. Tools Marketing dan SEO

Walaupun pada dasarnya mengimplementasikan tools marketing cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, namun seringkali jasa pembuatan website memasukkan sebagai layanan tambahan. Hal tersebut lah yang terkadang menjadi biaya tambahan untuk para klien yang ingin membuat situs webnya pada pemberi jasa.

Bahkan, beberapa jasa memberikan pelatihan dasar penggunaan tools marketing, sebagai layanan tambahan yang meningkatkan kepuasan pelanggan. Kebanyakan alat yang dipasang adalah tools yang berkaitan dengan pembuatan artikel dengan teknik SEO, sistem analisa performa, maupun sistem manajerial.

Tergantung alat yang digunakan, biaya pemasangannya bisa sangat bervariatif. Tingkat akurasi, kemudahan penggunaan, serta kelengkapan fitur sangat berpengaruh pada lisensi tools yang Anda gunakan. Perkiraan estimasi pemasangan tools marketing mulai dari sistem gratisan hingga yang berbayar di angka jutaan rupiah.

Untuk jasa pemasangannya sendiri juga sangat bervariatif, namun biasanya sudah include dalam harga paket atau layanan pembuatan website yang Anda pilih. Jadi, ada baiknya menanyakan detail layanan paket dan memastikan apa saja yang Anda dapatkan dengan harga yang harus Anda bayarkan.

6. Layanan Maintenance

Pada dasarnya, harga pembuatan website sangat tergantung dari jenis layanan yang Anda pilih. Umumnya, layanan terbagi dua, yaitu beli lepas dan juga layanan berlangganan. Untuk layanan beli lepas, berarti developer hanya membuatkan website saja, sesuai permintaan dan harga yang disepakati bersama.

Jenis layanan pertama ini tidak bertanggung jawab pada kerusakan sistem setelah serah terima website. Jadi, Anda perlu tim IT atau menyewa developer dengan biaya tambahan. Sehingga, biaya maintenance untuk sistem jual beli lepas, umumnya akan menciptakan pengeluaran yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk layanan berlangganan, biasanya jasa akan memberikan pengawalan dan pengawasan penuh. Sehingga, jika ada masalah akan langsung direspon untuk mendapatkan penangan troubleshooting system bermasalah.

Walaupun umumnya pelayanan after sale ini sangat tergantung pada jasa pembuatan website yang Anda pilih. Semakin kredibel jasa yang Anda pilih, maka akan semakin lengkap layanan yang akan Anda terima. Bahkan, sudah menjadi hak pelanggan, untuk menanyakan hak yang telah dijanjikan pada transaksi yang terjadi.

Contohnya, Makinrajin menawarkan jasa pembuatan website dengan layanan maintenance 3 bulan dengan kisaran harga Rp1.500.000,00 an untuk jenis website blog.

7. Request Plugin atau Add-On

Bagi beberapa orang, mungkin memasang plugin adalah hal yang cukup remeh, yang seharusnya bisa Anda tambahkan sendiri tanpa mempengaruhi harga pembuatan website. Namun, risiko pemasangan plugin baru selalu ada, sehingga saat ada kendala akan menjadi masalah untuk sistem yang telah berjalan.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyerahkan penginstalan plugin pada ahlinya, seperti meminta plugin tertentu sesuai kebutuhan perusahaan. Melalui pengalaman dan wawasan dari para developer, pemasangan plugin akan disesuaikan dengan coding dan sistem yang Anda gunakan.

Untuk estimasi pemasangan request plugin tidaklah terlalu tinggi, bahkan beberapa jasa memberikan layanan after sale secara gratis. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa Anda harus membayar biaya tambahan, pemasangan diluar lisensi plugin yang Anda inginkan.

8. Sistem Security Tambahan

Sistem security dalam sebuah situs web untuk bisnis adalah poin paling penting yang harus Anda jadikan pertimbangan dengan serius. Karena data dalam sebuah bisnis adalah hal yang paling penting, bahkan bisa Anda asumsikan sebagai nyawa dalam sebuah perusahaan.

Tak heran, sistem keamanan harus menjadi poin penting dalam pembuatan website. Tergantung jenis web yang Anda gunakan, namun biasanya Anda akan tetap membutuhkan sistem keamanan tambahan. Contohnya untuk web WordPress, Anda perlu sering melakukan pengecekan pada sistem keamanan secara berkala.

Sedangkan untuk web yang dibangun dengan sistem coding manual, pastinya membutuhkan sistem keamanan berlapis. Hal ini karena sistem masih baru dan masih rawan terdapat banyak bug pada sistemnya. Tak heran, penambahan sistem keamanan pastinya akan berdampak pada harga pembuatan website.

Selain itu, jenis web yang Anda gunakan, sangat berpengaruh pada keamanan sistem bawaan yang dimiliki. Kini, poinnya ada di seberapa butuh Anda mengamankan data dalam situs web bisnis yang Anda kelola. Semakin Anda memerlukan keamanan data, maka sistem keamanan harus lebih Anda tingkatkan lagi.

Contohnya, untuk sistem keamanan dengan fitur SSL, Anda perlu membayar biaya sekitar Rp100.000,00 an per tahun.

9. Paket Pembuatan Website

Poin penting terakhir adalah poin yang sangat menentukan harga pembuatan website, hal tersebut adalah paket atau bundle layanan pembuatan situs web. Secara teknis, semakin lengkap fitur, teknologi, dan layanan dalam paket yang Anda pilih, harga yang harus Anda tanggung juga akan semakin besar.

Contohnya pada Makinrajin sendiri, terdapat 3 jenis paket pembuatan website dengan varian harga dan layanan berbeda. Harga yang harus Anda tanggung mulai dari Rp1.500.000,00  hingga Rp3.000.000,00 saja. Ketiga layanan paket tersebut sudah include beberapa layanan eksklusif seperti:

  • Hosting Unlimited dan Domain TLD untuk durasi berlangganan 3 tahun, dengan ekstensi domain “.com”.
  • Optimasi SEO Dasar dan juga konten artikel 500 kata.
  • Fitur Google Analytics dan Google Search Console.
  • Free biaya maintenance selama 3 bulan setelah berlangganan.
  • Serta bonus layanan konsultasi web gratis, yang berlaku untuk selamanya.

Sudah Tahu Harga Pembuatan Website Bisnis?

Dari penjelasan tersebut dapat Anda simpulkan bahwa harga pembuatan website bisa sangat berbeda-beda, hal tersebut terjadi karena berbagai faktor. Idealnya, harga website yang sudah include hosting dan domain, layanan, fitur, hingga beberapa penambahan sistem pendukung lainnya adalah sekitar Rp1.500.000,00 an.

Walaupun terbilang cukup memakan biaya, namun efek yang diberikan situs web untuk bisnis, organisasi, maupun diri sendiri pastinya akan lebih besar. Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembuatan website terpercaya seperti Makinrajin.

Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi, Makinrajin didukung dengan para tenaga ahli yang terlatih. Bahkan, pilihan harga website di sini terbilang cukup bersahabat, khususnya untuk bisnis rintisan dan berkembang. Sehingga, tak ada alasan untuk tidak mencoba membuat website di sini!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development