Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

10+ Cara agar WordPress Muncul di Google, Terbukti Ampuh!

4 min read

10+ Cara agar Wordpress Muncul di Google, Terbukti Ampuh!

Cara agar WordPress muncul di Google biasa disebut dengan proses indexing. Konten yang Anda buat tidak akan naik begitu saja ke hasil pencarian teratas Google tanpa strategi. Sebab, banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk mewujudkan hal tersebut. 

Anda bisa memilih strategi mana yang paling menguntungkan situs Anda. Jika Anda pemula, ulasan berikut ini sangat cocok untuk Anda pelajari.

Bagaimana Cara agar Web WordPress Muncul di Google?

WordPress yang muncul pada pencarian Google tidak begitu saja bisa muncul pada hasil teratas. Ada strategi yang perlu Anda susun untuk mencapai hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa strategi dalam proses indexing yang bisa Anda coba.

1. Daftar ke Google Search Console

Perlu Anda ketahui bahwa dahulu Google Search Console bernama Webmaster Tools. Layanan ini merupakan tool wajib bagi Anda yang ingin WordPress-nya lebih cepat dikenali oleh mesin pencari. Pasalnya, situs yang terdaftar di dalam Google Search Console akan secara eksklusif didahulukan oleh Google.

Cara untuk mendaftar ke Google Search Console cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat WordPress dan melakukan verifikasi. Jika Anda masih bingung, Google akan membantu melalui panduan yang tersedia.

Baca Juga: 7 Cara agar Postingan Cepat Terindex oleh Google

2. Pasang Plugin SEO di WordPress

Cara agar WordPress muncul di Google berikutnya adalah memasang plugin SEO. Plugin merupakan kumpulan tool pelengkap di dalam WordPress. Ia membantu memberikan fitur-fitur yang mendukung pengembangan situs Anda. 

SEO sendiri merupakan salah satu plugin yang membantu situs Anda untuk menyusun struktur belakang layar supaya Google lebih mudah mengenalinya. All in One SEO dan Yoast SEO merupakan 2 plugin SEO paling populer di kalangan pengguna WordPress. Anda tak perlu menggunakan keduanya, pilih salah satu yang nyaman Anda gunakan.

Setelah plugin terpasang, jangan lupa untuk melakukan konfigurasi dengan mengisi deskripsi website, memasukkan judul, dan melengkapi hal-hal lain yang diminta. Tak hanya memasang plugin SEO, Anda juga perlu memahami penggunaan technical SEO supaya pengembangan situs lebih maksimal. 

3. Kirim Sitemap di Google Search Console

Google memang mendahulukan situs yang telah terdaftar di Google Search Console, tetapi lebih baik Anda juga mengirim permintaan peta situs atau indeks sitemap supaya mendapat antrian paling depan. Berikut adalah beberapa contoh alamat sitemap:

  • website.com/sitemap_index.xml
  • website.com/sitemap.xml 

Langkah selanjutnya, Anda bisa pergi ke Search Console > pilih website > klik sitemap > klik tambahkan > masukkan alamat WordPress > tekan kirim. Proses permintaan indeks sitemap akan memakan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.

4. Perhatikan Pengaturan robots.txt

Cara agar WordPress muncul di Google selanjutnya adalah memperhatikan pengaturan robots.txt. Di balik kecepatan Google dalam memberikan informasi untuk penggunanya, terdapat ‘robot’ yang bekerja untuk mengatur milyaran situs dalam satu hari. 

Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa ada pengaturan robots txt yang menyebabkan situs Anda tidak muncul dalam pencarian. Untuk itu, Anda perlu mengecek apakah pengaturan tersebut aman atau tidak. 

Caranya adalah dengan masuk ke halaman Google Search Console > pilih Perayapan > Penguji robots.txt > pilih uji coba.

5. Perhatikan Kesalahan dalam Pengaturan

Tak jarang terjadi kesalahan dalam pengaturan yang menyebabkan situs WordPress tidak muncul di pencarian Google. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah mengaktifkan menu “Discourage search engines from indexing this site”.

Jika menu tersebut aktif, situs WordPress Anda tidak akan muncul di dalam pencarian. Ini bisa terjadi karena maksud dari menu tersebut adalah pengguna menutup akses Google untuk menampilkan situs dalam pencarian.

6. Aktifkan Redirect Link 

Cara agar WordPress muncul di Google berikutnya adalah mengaktifkan redirect link. Selain kesalahan dalam pengaturan, kesalahan lain yang sering muncul adalah perubahan permalink. Maka, supaya situs Anda kembali terdeteksi mesin pencari Google adalah dengan redirect tautan lama ke tautan yang baru.

Permasalahan ini memiliki risiko yang cukup tinggi. Jika Anda belum memiliki pengetahuan lebih terkait WordPress, maka mintalah bantuan kepada orang lain yang lebih paham.

7. Optimasi SEO Onpage & Offpage

SEO onpage dan offpage penting untuk kelangsungan situs Anda. SEO on Page adalah strategi yang memungkinkan situs Anda muncul sebagai hasil pencarian nomor 1 di Google.

Ini akan memudahkan traffic naik dengan cepat karena mendapat banyak pengunjung. Pengguna akan cenderung memilih dan membuka situs-situs yang muncul pada halaman pertama pencarian.

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam optimasi SEO on page:

  • Deskripsi meta
  • URL
  • Teks Alt pada gambar
  • Tag title
  • Tautan internal
  • Kecepatan situs

Berbeda dengan SEO on Page, SEO off Page cenderung berfokus pada optimasi elemen-elemen eksternal, seperti link building dan backlink.

Biasanya, untuk memaksimalkan strategi ini, pemilik situs akan memperbanyak backlink website. Backlink bertujuan untuk menginformasikan kepada Google bahwa terdapat banyak situs yang mengenal WordPress Anda melalui pembagian link.

8. Buat Konten yang Informatif

Selain hal-hal teknis, cara agar postingan WordPress muncul di Google yang lainnya adalah dengan membuat konten informatif. Konten informatif adalah jenis konten yang pembaca butuhkan.

Saat ini Google memberlakukan waktu baca yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 1 buah artikel. Misalnya, waktu baca untuk 1 artikel sampai selesai kira-kira adalah 7 menit. Jika pengunjung hanya bertahan kurang dari 1 menit, maka konten Anda dianggap kurang informatif. 

Konten yang informatif mampu membuat pengunjung bertahan untuk menyelesaikan keseluruhan artikel. Syarat minimal artikel sesuai anjuran Google adalah 600 kata. Selain itu, strategi untuk membuat pengunjung bertahan adalah menulis sesuatu yang mereka butuhkan.

9. Buat Konten yang Berkualitas

Google berkomitmen untuk menyediakan konten berkualitas bagi para penggunanya. Ini berarti Anda juga harus bisa membuat konten dengan standar kualitas yang Google tetapkan.

Jika konten Anda dianggap berkualitas, Google tidak akan ragu menempatkan konten tersebut pada hasil pencarian teratas. Maka, buatlah konten berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Lalu, bagaimana konten yang berkualitas itu? Konten berkualitas menurut Google harus memuat beberapa hal berikut ini:

  • Dilengkapi foto dan video
  • Memiliki kategori atau jenis konten yang jelas
  • Terdapat tautan internal dan eksternal

Kriteria tersebut merupakan salah satu strategi SEO yang dapat Anda coba supaya konten bisa masuk dalam hasil pencarian teratas Google. Google juga melihat apakah sebuah situs mengunggah konten secara konsisten atau tidak.

10. Pilih Tema WordPress yang User Friendly

Cara agar WordPress muncul di Google adalah dengan membuat pengunjung bertahan di situs Anda. Ini akan menaikkan traffic dan memancing pengunjung lainnya.

Sayangnya, banyak pengguna WordPress yang belum memahami bahwa tampilan yang user friendly penting supaya pengunjung mau bertahan. Maka, dalam pemilihan tema untuk tampilan, perhatikan kenyamanan pengunjung terutama dalam hal warna dan bentuk tulisan.

Selain itu, perhatikan pula susunan tampilan apakah sudah sesuai apabila dibuka melalui perangkat yang berbeda (mobile dan Personal Computer).

11. Bagikan WordPress ke Media Sosial

Situs yang baru lahir belum memiliki banyak pengunjung. Untuk mengakalinya, Anda bisa membagikan situs tersebut melalui media sosial yang sudah memiliki audiens. Anda bisa memilih media sosial apa saja yang Anda gunakan, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

12. Request Render Website kepada Google

Permintaan render kepada Google dapat menjadi salah satu strategi untuk menaikkan situs ke dalam hasil pencarian. Meski pengaruhnya tidak Anda rasakan secara langsung, namun cara ini dapat membantu Google untuk menentukan apakah situs dan konten Anda layak tayang.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan antara lain tampilan yang mudah dipahami, responsif, tidak berat, serta memiliki navigasi yang jelas. Setelah memastikan hal-hal tersebut terpenuhi, Anda bisa masuk ke Google Search Console > pilih situs > URL inspection > masukkan alamat situs > minta pengindeksan.

Sudah Tahu Cara agar WordPress Muncul di Google?

Ternyata, ada banyak cara dan strategi yang bisa Anda lakukan supaya WordPress muncul ke hasil pencarian teratas Google. Jika Anda masih pemula, mungkin cara ini cukup membingungkan. Anda mungkin merasa tidak tahu harus dari mana untuk memulainya.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena Makinrajin menawarkan jasa SEO murah yang siap membantu pengembangan WordPress Anda. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan traffic, serahkan semuanya kepada Makinrajin!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development